Image-1494387684

Wisata Kuliner Bali

Selain menjadi tujuan wisata pantai yang menawan, Bali juga memiliki beragam kuliner makanan yang wajib kamu cicipi. Masakan Bali memiliki daya tarik tersendiri bagi para foodies karena di racik dengan bumbu rempah-rempah yang kuat dan pedas. Makanan apasajakah itu? Yuk, simak ulasan berikut.

1. Ayam Betutu

  

perutgendut[dot]com 

Siapa yang belum pernah mendengar Ayam Betutu? Ya, hamper semua masyarakat mengetahui masakan Bali yang satu ini, bahkan masakan ini sudah menajjdi icon makanan khas kota Bali. Buat kamu yang suka pedas, pas banget. Kamu wajib mencoba makanan yang satu ini, masakan yang penuh dengan bumbu rempah-rempah siap membuat kamu ketagihan untuk memakannya.

2. Sate Lilit

 

merahputih[dot]com 

Jika pada umumnya sate dibuat dengan cara ditusuk-tusuk, berbeda dengan sate yang satu ini. Sate ini dibuat dengan cara daging yang dihaluskan dan di campur dengan berbagai bumbu kemudian dililitkan di batang daun serai atau tangkai bambu. Rasanya pun empuk dan gurih. Apalagi kalau sate dililit dengan batang serai, saat dibakar maka aromanya akan menggugah selera makan mu.

3. Babi Guling

 

indonesianparadise[dot]net 

Perlu digaris bawahi, sesuai dengan namanya makanan ini dibuat dari bahan yang tidak halal. Jadi buat kamu yang muslim tidak bisa memakannya. Namun buat kamu yang non muslim kamu bisa mencobanya. Makanan ini menjadi tujuan utama kuliner bagi masyarakat Bali maupun wisatawan lokal. Warna kulit Babi Guling yang kecoklatan sangat renyah di lidah. Apalagi dagingnya yang empuk dan kaya akan rempah-rempah. Uniknya, bumbu basa genep Bali dan sayur daun ketela pohon dimasukan ke dalam perut babi dan diguling di atas bara api. Babi Guling biasanya disajikan dengan nasi putih hangat bersama lawar, sate lilit, dan semangkuk kecil jukut ares.

4. Rujak Kuah Pindang

 

imgrum[dot]com 

Sudah pernah mencicipi rujak dengan bumbu kuah ikan tuna? Di Bali, kamu bisa mencoba kuliner unik yang banyak dijual di warung kecil di pinggir-pinggir jalan. Rasakan sensasi pedas sekaligus segar di lidah, saat kamu menyantap irisan mangga dengan campuran Kuah Pindang dan cabe super pedas. Tidak hanya mangga, kamu juga bisa mengganti isiannya dengan campuran berbagai jenis buah atau bahkan rumput laut.

5. Nasi Jinggo

 

ibalitour[dot]com 

Kalau di Yogya ada nasi kucing, di Bali ada nasi Jinggo. Nasi yang dibungkus dengan daun pisang dengan sambal yang super pedas ini dibungkus dengan daun pisang. Nasinya disajikan hanya sekepalan tangan orang dewasa, sementara lauk pauknya umumnya terdiri dari daging ayam suwir, mie goreng, dan tempe goreng.

Gimana, enak-enak kah? Selamat berkuliner 

Share this Post: