Image-1570181367

Pic by : Flicker ohyesohno

Terkenal akan pantainya yang indah, Pulau Belitung, yang hanya perlu sekitar 2 jam perjalanan dengan pesawat udara dari Jakarta menjadi salah satu destinasi favorit bagi para penikmat wisata bahari. Pulau kecil dengan batu granit raksasa juga menawarkan pesona eksotis dan keunikan tersendiri. Omiyagoes punya rencana untuk menyambangi Belitung dalam waktu dekat? Ini dia 7 wisata pantai di Belitung yang menawarkan pesona eksotis.

1. Pantai Tanjung Kelayang

Foto dok : The National

Pantai Tanjung Kelayang menjadi pantai pertama yang akan Omiyagoes singgahi sebelum mengeksplor berbagai pulau dan pantai di Belitung. Berada di sisi utara Pulau Belitung sekitar 27 km dari Tanjung Pandan, Ibu Kota Kabupaten Belitung, di sini merupakan awal mula tempat perahu-perahu wisata yang akan mengantar Omiyagoes mengelilingi pulau-pulau kecil seperti Pulau Lengkuas, Pulau Burung, maupun Pulau Batu Berlayar. Makanya nggak heran kalau di sini banyak pedagang yang menawarkan peralatan seperti topi, casing hp anti air, hingga camilan.

2. Pantai Tanjung Tinggi

Foto dok : paket tour Belitung

Selain Pantai Tanjung Kelayang, Omiyagoes juga bisa melihat keindahan batu-batu besar di Pantai Tanjung Tinggi yang menjadi lokasi syuting film Laskar Pelangi. Di sini Omiyagoes bisa berlari-larian dan menceburkan diri ke laut persis seperti di adegan di filmnya. Apalagi bebatuan granit raksasanya juga bisa untuk latar foto yang instagenic. Sembari foto-foto di bebatuan, Omiyagoes juga bisa bertemu bintang laut lho.

3. Pulau Pasir

Foto dok : You Tube Kart kart

Penduduk lokal biasa menyebut pulau ini dengan Pulau Pasir Gusong karena di pulau ini memang bentuknya seperti gundukan pasir dan akan terasa gosong karena panas terik. Uniknya, pulau ini hanya dapat dikunjungi bila air laut surut, karena bila air laut pasang maka pulau ini tertutup air laut. Bila beruntung, Omiyagoes bisa bermain langsung bersama banyak bintang laut yang cantik. Mudah-mudahan Omiyagoes beruntung ya bisa mampir ke Pulau Pasir ini.

4. Pulau Lengkuas

Foto dok : Super Adventure

Pulau yang satu ini menjadi lokasi wisata wajib dengan daya tarik menara mercusuar setinggi 70 meter. Mercusuar ini sudah ada sejak zaman Belanda di abad ke-18 lho, Omiyagoes. Omiyagoes bisa naik ke puncak menara yang memiliki 18 lantai ini dan melihat betapa biru dan menawannya pemandangan pantainya. Nah dari Pulau Lengkuas ini, Omiyagoes juga bisa menikmati pemandangan objek menarik lainnya seperti Batu Garuda, Pulau Pasir, dan Pulau Batu Berlayar. Semua pemandangan ini bisa Omiyagoes nikmati sekalian bermain pasir dan snorkeling di sekitar bibir pantai Pulau Lengkuas.

5. Pulau Kepayang

Foto dok : Direktori Tempat Wisata

Sekitar 2 km tak jauh dari Pantai Tanjung Kelayang, Omiyagoes bisa singgah terlebih dahulu ke Pulau Kepayang sebelum menelusuri pantai dan pulau-pulau lainnya. Pulau terbesar di antara belasan pulau kecil yang ada di utara Belitung itu juga kerap dijuluki sebagai Pulau Babi. Panorama alam di sini nggak perlu diragukan lagi keindahannya. Jernihnya air laut dan pasir putih yang lembut menyatu dengan hamparan bebatuan granit besar. Istimewanya, Pulau Kepayang juga memiliki tempat penangkaran penyu sisik sehingga menjadikannya sebagai destinasi eko-wisata. Selain itu, di sini juga ada tempat untuk transplantasi terumbu karang lho, Omiyagoes.

6. Desa Nelayan Tanjung Binga

Foto dok : Travelingyuk

Ingin melihat kehidupan nelayan di Belitung? Omiyagoes  harus singgah ke tempat ini! Desa Nelayan Tanjung Binga, letaknya 8 km dari Pantai Tanjung Tinggi. Omiyagoes bisa menikmati panoramanya yang indah dan melihat dari dekat bagaimana kehidupan nelayan di sana. Omiyagoes juga bisa wisata kuliner karena banyak nelayan yang menjual seafood dan berbagai makanan khas Belitung. Apalagi di dekat tepi pantai Tanjung Binga ini terdapat resort mewah dan restoran yang menawarkan view langsung pemandangan laut.

7. Pantai Burung Mandi

Foto dok : Pos Belitung

Pantai Burung Mandi menjadi tujuan wisata utama bagi masyarakat Manggar dan sekitarnya. Berbeda dengan pantai lainnya yang memiliki pasir putih, Pantai Burung Mandi pasirnya kecokelatan dan tidak ada bebatuan granit raksasa. Tapi pengalaman yang bisa Omiyagoes dapati di sini nggak kalah menarik dari pantai lainnya. Dengan pemandangan pohon kelapa dan pohon cemara laut, Omiyagoes bisa menikmati kelapa muda segar serta mencicipi ikan kerisi yang dipanggang menggunakan batok atau kulit kelapa dan dibungkus dengan daun simpur. Nggak cuma itu, di sudut pantai biasanya akan terlihat perahu kater atau perahu nelayan tradisional berwarna warni yang dipakai oleh Nelayan Desa Burung mandi untuk mencari ikan.

Gimana Omiyagoes, jadi nggak sabar kan buat merencanakan liburan? Nah biasanya setelah berlibur pasti kita nggak lepas dari beli oleh-oleh. Kalau Omiyagoes nggak mau repot nenteng oleh-oleh atau takut kelebihan bagasi, beli aja oleh-olehnya di OMIYAGO. Liburan makin seru tanpa perlu repot bawa oleh-oleh. Yuk pesan oleh-olehmu di OMIYAGO!

Share this Post: