Image-1559124849

foto by thequint.com

Merayakan Idul Fitri jadi sebuah moment yang spesial bagi setiap umat muslim di dunia. Kalau di Indonesia yang muslimnya mayoritas biasanya ada tradisi mudik dan kegiatan keliling kampung dengan obor di malam takbiran hingga pelaksanaan salat Ied. Nah, di berbagai belahan dunia ada tradisi unik yang menarik lho Omiyagoes saat lebaran tiba. Penasaran kan, yuk simak apa aja?

1. Arab Saudi

foto dok: zawya.com

Perayaan Idul Fitri di Arab Saudi agak berbeda secara budaya tergantung pada wilayahnya tapi berkumpul di rumah setelah melaksanakan salat Ied merupakan tradisi umum. Rumah warga akan dihiasi ornamen berciri Timur Tengah dan ada makanan khas yang biasa terhidang seperti daging domba, nasi khas, dan lauk sayur tradisional. Di saat berkumpul ini anak-anak akan diberikan hadiah maupun uang. Selain itu di negeri semenanjung Arabia ini ada tradisi kesenian seperti parade, teater, baca puisi hingga pertunjukan musik sebagai bentuk perayaan lebaran. Terdengar meriah perayaannya ya Omiyagoes?

2. Turki

foto dok: getty images

Kalau di Turki, lebaran akan dimeriahkan dengan festival gula yang disebut Seker Bayram. Masyarakat di Turki menyajikan hidangan yang serba manis seperti cokelat dan permen yang akan membuat anak-anak semangat datang ke rumah-rumah tetangga untuk silaturahmi bermaaf-maafan dan mengucapkan selamat Idul Fitri. Anak-anak dan para orang tua ini tidak datang dengan tangan kosong lho Omiyagoes, mereka membawa camilan gula-gula yang kemudian akan dibalas dengan permen, cokelat dan jajanan tradisional Turki seperti Baklava.

3. Tiongkok

Foto dok: scoopempire.com

Setidaknya ada sekitar 18 juta penduduk Cina yang merupakan muslim dari berbagai kelompok etnis. Di negeri Tirai Bambu ini, penganut agama Islam merayakan Idul Fitri dengan mengunjungi makan leluhur sambil membersihkan dan mendoakan orang tua atau kerabat yang sudah meninggal. Muslim di Negara Cina memakai jas khas dan kopiah bagi kau pria, sementara para wanita menggunakan kerudung saat akan sholat Ied. Setelahnya sesama kaum muslim juga bersilaturahmi dan bermaaf-maafan seperti halnya tradisi yang dilakukan di Indonesia.

4. Afrika Selatan

Foto dok: momikos.com

Beralih ke benua Afrika nih Omiyagoes! Di Afrika Selatan ratusan muslim akan berkumpul di Green Point, Cape Town pada malam akhir Ramadan setiap tahun untuk melihat bulan. Pertemuan itu menyatukan orang-orang dari semua lapisan masyarakat dan semua yang bergabung di sini membawa sesuatu untuk dibagikan kepada sesama saat berbuka puasa. Pada waktu Magrib menjelang matahari terbenam kemudian ada sidang isbat seperti halnya di Indonesia untuk mengamati hilal dan setelahnya mengumumkan jatuhnya 1 syawal. Nah, pada saat Idul Fitri tradisinya masih sama dengan Indonesia yaitu mengunjungi tetangga dan kerabat untuk bersilaturahmi bermaaf-maafan. Orang-orang memakai pakaian baru dengan warna cerah dan saat makan siang ada hidangan spesial lebaran seperti pai, samosa, dan aneka kue tradisional sebagai camilan di samping juga biasanya bertukar hadiah.

5. Australia

Foto dok: getty images

Meski jumlah muslim di Australia terbilang sedikit, namun untuk perayaan lebaran tetap ada hari libur dan tradisi yang kerap dilakukan warga setempat lho Omiyagoes. Nah, selain melaksanakan salat Ied, perayaan Idul Fitri di Australia juga  dimeriahkan dengan festival yang bernuansa multukultural. Nggak heran memang, karena di negeri kanguru ini ada banyak imigran dari berbagai bangsa dan budaya. Biasanya festival diadakan juga dengan melibatkan umat beragama lain dan terbuka untuk umum dengan tujuan untuk toleransi antar umat beragama.

6. Fiji

Foto dok: hometriangle.com

Fiji yang merupakan Negara kepulauan tropis kecil di timur laut Australia memiliki penduduk muslim juga lho Omiyagoes. Warga muslim di Negara ini terdiri dari orang-orang yang berasal dari India saat penjajahan Inggris dibawa pada akhir abad ke-19. Pria muslim di Fiji akan mengenakan pakaian terbaiknya dan mengunjungi masjid untuk salat Ied berjamaah. Sementara di sebagian besar wilayah Fiji wanita tidak pergi ke masjid untuk salat Ied. Sebagian besar muslim akan mengenakan pakaian baru saat lebaran dan menyajikan hidangan mie sohun manis bercampur susu hangat yang dikenal sebagai Samai. Biasanya hidangan juga dilengkapi dengan kari ayam, samosa dan daging sapi serta makanan manis dan camilan khas India untuk para tamu yang bersilaturahmi.

7. Suriname

Foto dok: caribbeanmuslims.com

Mewakili bagian Amerika, ada Suriname yang jadi salah satu Negara di bagian Selatan Amerika dengan tradisi uniknya dalam merayakan Idul Fitri. Bahkan di Negara ini penanggalan untuk menentukan 1 syawal dilakukan dengan cara perhitungan sendiri seperti menggunakan primbon. Saat lebaran tiba, salat Ied dilakukan di lapangan terbuka dan setelahnya berkeliling rumah tetangga untuk bermaaf-maafan seperti tradisi yang ada di Indonesia. Ohya, ada cerita tersendiri Islam bisa berkembang di Suriname lho Omiyagoes. Kebanyakan penduduk di Suriname memang berasal dari suku Jawa di Indonesia yang dulu saat zaman Belanda menjadi pekerja kontrak dan akhirnya menetap.

Wah, menarik ya bagaimana umat muslim dari seluruh belahan dunia merayakan Idul Fitri. Kalau Omiyagoes tahun ini merayakan lebaran di mana? Ikut menjalani tradisi mudik atau justru dikunjungi kerabat dan sanak saudara? Apapun itu, jangan lupa Omiyagoes persiapkan lebaran agar lebih berkesan tahun ini dengan berbagi kue khas lebaran yang ada di OMIYAGO nih. Yuk langsung aja kunjungi website OMIYAGO.

Share this Post: