Image-1560937100

Fpic by : Feastit.blogspot.com

Palembang, kota dengan Jembatan Ampera yang megah membelah Sungai Musi menjadi dua hal ikonik yang terkenal bagi para pelancong di Indonesia. Omiyagoes yang punya rencana ke Kota Palembang pasti ingin plesiran sambil wisata kuliner juga dong. Nah, jangan lupa beli oleh-oleh khasnya seperti rekomendasi dari OMIYAGO berikut ini. Langsung simak yuk!

1. Pempek

Pempek tentu aja jadi pilihan pertama untuk oleh-oleh yang dibawa pulang kalau Omiyagoes ke Palembang. Rekomendasi dari OMIYAGO, Mumpung banget kalo ke Palembang, cobain berbagai jenis pempek asli yang begitu terasa ikannya. Salah satunya dari Pempek Candy yang sudah terkenal banget di kota asalnya. Pempek Candy memiliki berbagai variasi mulai dari kapal selam, kulit, lenjer, telur kecil, adaan, dan lenjer kecil. Dilengkapi dengan cuka bercita rasa asam manis, sedikit pedas dan tambahan sambal hijau, lezatnya pempek asli dari Palembang ini bisa juga Omiyagoes temukan di OMIYAGO lho.

2. Lempok Durian

Penggemar durian pasti suka! Lempok durian khas dari Palembang jadi oleh-oleh yang OMIYAGO rekomendasikan selanjutnya untuk dibawa pulang. Kalau belum tahu, lempok ini merupakan camilan sejenis dodol yang terbuat dari campuran buah durian dan gula. Lempok durian biasanya berbentuk panjang dan lonjong, dimasak hingga teksturnya lembut, empuk dan warnanya cokelat pekat. Nah, biar nggak kecewa OMIYAGO merekomendasikan Lempok Durian Kerang Mas yang punya tekstur dan cita rasa legit dengan aroma duriannya terasa kuat namun diolah dengan bahan-bahan alami, tidak menggunakan pemanis buatan dan tanpa bahan pengawet.

3. Kemplang

Foto dok : IDN Times

Di Palembang juga ada kemplang yang jadi salah satu oleh-oleh yang khas. Nah kemplang di Palembang terbilang khas karena sperti pempek yang dibuat dari ikan dan diolah dengan cara dibakar di atas bara api. Karena itu lah kemplang bakar punya rasa, tekstur, dan aroma yang sangat khas banget. Kemplang memiliki tesktur kasar namun renyah dan mudah dikunyah. Kemplang bakar biasanya dimakan dengan nasi atau sambal terasi yang juga sudah tersedia dalam kemasannya. Rasanya yang gurih berpadu sambalnya yang pedas bakal buat siapapun ketagihan buat memakannya lagi.

4. Pecah Seribu

Foto dok : makananoleh-oleh.com

Selain kemplang ada juga jenis kerupuk lain yang terkenal di Palembang lho Omiyagoes. Namanya pecah seribu, sama-sama terbuat dari ikan tapi cita rasanya berbeda berkat pemrosesannya. Jika kebanyakan kerupuk ikan digoreng dengan teknik biasa, kerupuk ini memiliki teknik yang beda saat penggorengan. Proses penggorengannya lah yang membuat kerupuk ini memiliki tekstur unik seperti pecah atau retak. Penampilan kerupuk ini pun unik menyerupai mangkok. Bukan hanya enak dijadikan camilan, jenis kerupuk ini juga enak disantap bersama nasi atau teman menyantap tekwan. Hmmm, belum apa-apa sudah kepingin nyoba kan Omiyagoes?

5. Ikan Salai

Foto dok : travelingyuk.com

Kalau di Manado Omiyagoes familiar banget dengan ikan asap cakalang, nah kalau di Palembang ada ikan salai yang nggak boleh ketinggalan sebagai oleh-oleh. Bahan baku pembuatan ikan salai adalah ikan patin, gabus, ikan baung atau ikan lais, inilah yang membuat ikan salai berbeda dengan ikan asap cakalang asal Manado. Kalau dilihat dari peminatnya, ikan salai lebih banyak dibuat dari ikan baung dan lais yang diasapkan, tentu saja membuat ikannya akan awet dan biasanya dimasak pindang.

6. Tempoyak

Foto dok : Indonesiakaya.com

Di Palembang juga ada sambal yang khas banget dan cocok untuk dijadikan oleh-oleh. Yup! Tempoyak. Sambal yang terbuat dari campuran daging durian ini juga jadi rekomendasi oleh-oleh khas Palembang dari OMIYAGO. Sambal tempoyak ini sudah menjadi bagian dari masyarakat Palembang dan katanya paling enak disantap bersama pindang patin dan makanan rumahan khas Palembang lainnya termasuk ikan salai. Ohya kalau diulik lagi ada cerita tersendiri bagaimana tempoyak ini bisa ada. Dulunya tempoyak dibuat oleh masyarakat Palembang karena melimpahnya panen durian, agar tidak terbuang percuma akhirnya dibuatlah tempoyak sebagai bumbu masak dan sambal.  

7. Kue Delapan Jam

Foto dok : Twitter.com

Satu lagi oleh-oleh khas Palembang yang direkomendasikan OMIYAGO adalah kue delapan jam. Kue yang katanya dulu hanya dinikmati kaum bangsawan di Palembang ini seperti namanya memang dimasak selama delapan jam. Kue tradisional ini dimasak dengan cara di kukus, warnanya cokelat dan kepadatan kue ini didapat dari waktu masak yang lama. Katanya makin lama dimasak makin enak rasanya! Nah, kue ini juga spesial banget hanya bisa dijumpai pada acara tertentu seperti saat Idul Fitri maupun Imlek, tapi sekarang sudah banyak toko oleh-oleh di Palembang yang juga menjual kue delapan jam karena banyaknya permintaan.

Menarik banget ya ternyata pilihan oleh-oleh yang bisa Omiyagoes temukan kalau jalan-jalan ke Palembang. Dari 7 oleh-oleh makanan khas Palembang di atas, mana nih yang sudah pernah Omiyagoes coba? Tapi nggak harus ke Palembang dulu untuk bisa merasakan oleh-oleh tadi lho Omiyagoes. Ada pempek dan lempok durian yang juga dijual di OMIYAGO kalau lagi kangen ingin makan makanan khas Palembang. Langsung aja yuk meluncur ke web untuk pesan!

Share this Post: