Image-1557474642

Foto by: Flickr Juliette El

Omiyagoes, biasanya kuliner apa sih yang selalu dinantikan saat bulan Ramadan? Tiap tahun pastinya Omiyagoes sudah biasa bertemu dengan berbagai takjil berupa kolak atau kurma. Nah kira-kira ada takjil apa ya selain kolak dan kurma? Simak aja yuk beberapa makanan khas Ramadan dari berbagai daerah di Indonesia yang OMIYAGO rangkum berikut ini. Siapa tau bisa jadi inspirasi buat menjelajah kuliner selanjutnya.

1. Bubur Kanji Rumbi – Aceh

Foto dok: Republika.co.id

Dari ujung pulau Sumatera, ada bubur kanji rumbi khas Aceh menjadi makanan spesial yang disajikan saat bulan Ramadan. Menu ini kaya akan rempah-rempah khas Indonesia dan merupakan resep warisan dari ratusan tahun yang sudah dikenal masyarakat Aceh. Ada pemakaian beras sebagai bahan utamanya yang berpadu kaldu ayam, kayu manis, cengkeh, kapulaga, buah pala, bunga lawang dan daun kari yang memberi rasa dan aroma yang khas. Bubur kanji rumbi bukan sekadar menjadi makanan saat berbuka puasa nih Omiyagoes, bubur khas Aceh ini juga punya khasiat menghangatkan perut setelah seharian berpuasa.

2. Bubur Kampiun – Padang

Foto dok: dara.co.id

Salah satu makanan khas Minangkabau ini juga selalu hadir sebagai menu buka puasa selama Ramadan nih Omiyagoes. Yap! Bubur kampiun atau biasa juga disebut bubur campur ini bercita rasa manis yang terdiri dari bubur sumsum, kolak ubi, pisang, candil, bubur delima dan ketan hitam. Rasa manisnya yang khas membuat bubur kampiun disukai banyak orang, bahkan bukan hanya orang Minangkabau saja. Kalau ditambahkan es batu atau didiamkan lama di kulkas bubur ini jadi makin nikmat untuk Omiyagoes berbuka puasa.

3. Sate Susu Sapi – Bali

Foto dok: Good News from Indonesia

Di Bali ada sate susu sapi yang selalu jadi makanan paling dinantikan selama bulan puasa karena sate ini khusus hanya ada saat bulan Ramadan. Sebenarnya sate susu ini terbuat dari bagian kelenjar susu sapi yang diolah dengan bumbu khas Bali. Nggak cuma enak, makan sate susu sapi ini juga bertujuan untuk mengembalikan stamina setelah berpuasa. Makanya penjual sate susu sapi ini akan banyak ditemui di pasar-pasar kaget di Bali seperti di Kampung Jawa Wanasari, di daerah Kepaon dan Taman Pancing kota Denpasar. Wah, jadi mau coba buka puasa pake sate susu sapi ini.

4. Pakat - Medan

Foto dok: merahputih.com

Pakat menjadi makanan khas Mandailing, Tapanuli Selatan yang populer saat Ramadan di kota Medan. Pakat bukan sekadar takjil biasa, makanan ini juga bisa mengembalikan stamina tubuh agar fit setelah seharian menjalani puasa. Cara makannya pun unik, pakat atau rotan muda cukup dibakar hingga matang dan dibuang kulit luarnya dan disantap dengan nasi sebagai lalapannya. Rasanya sedikit pahit seperti daun papaya muda, karenanya ada cocolan sambal agar menyeimbangkan rasa pait. Jadi penasaran buat mencoba pakat ya Omiyagoes?

5. Jojongkong - Lampung

Foto dok: vitdaily.com

Berikutnya ada jojongkong khas Lampung, kudapan yang selalu hadir saat bulan Ramadan. Takjil ini mirip dengan bubur sumsum, namun berwarna hijau dan diberi saus santan kental. Jojongkong punya rasa manis dan gurih berkat campuran santan dan gula merahnya. Bubur khas Lampung ini merupakan warisan kuliner Tionghoa yang juga jadi menu favorit untuk buka puasa.

6. Putu Piring – Kepulauan Riau

Foto dok: batam tribunnews

Kalau Omiyagoes sering lihat kue putu di Jakarta, Riau juga punya kue putu lho, namanya putu piring. Putu piring menjadi makanan khas saat bulan Ramadan khususnya saat berbuka puasa. Kue manis ini ada yang berwarna putih dan berwarna kuning kecokelatan, diisi dengan gula merah pada bagian tengahnya, dan disajikan dengan kelapa parut putih di atasnya. Kue ini sangat lembut dan nikmat  apalagi dimakan saat masih dalam keadaan panas.

7. Ketan Bintul – Banten

Foto dok: side.id

Di pulau Jawa daerah Banten ada juga nih, makanan khas Ramadan yang populer banget. Ketan Bintul jadi menu buka puasa yang terkenal terutama di bekas wilayah peninggalan Kesultanan Banten. Makanan ini bisa dibeli di penjual takjil di berbagai tempat tapi kalau mau nyoba Ketan Bintul yang paling terkenal dateng aja ke  warungnya Pak Haji Mamad di Pasar Lama, Kota Serang. Ketan Bintul yang sudah berjualan sejak tahun 1980 menggunakan resep rahasia, rasanya pun menurut warga lokal lebih lembut dan bila didiamkan hingga waktu sahur tidak menjadi keras.

Wah menarik banget ya makanan khas Ramadan yang ada di berbagai daerah di Indonesia tadi. Bisa buat daftar makanan yang Omiyagoes coba waktu berbuka. Mau cari makanan dari berbagai daerah di Indonesia lainnya? Yuk langsung cari makanan khas Nusantara di OMIYAGO.   

Share this Post: