Image-1559036990

Foto by whattocooktoday

Mendekati perayaan lebaran, makanan apa saja yang Omiyagoes dan keluarga siapkan? Biasanya ada ketupat, opor, sayur labu siam, rendang dan sambal goreng ati yang bisa kita nikmati bersama keluarga setelah menjalankan salat Ied. Nah lebaran kali ini buat menu yang berbeda yuk dengan beberapa makanan khas lebaran di Indonesia ini yang siapa tahu bisa jadi inspirasi Omiyagoes untuk menyajikan menu yang berbeda saat lebaran nanti. Langsung saja disimak!

1. Bebek Gulai Kurma – Aceh

Foto dok : masakapaya.com

Mulai dari bagian Barat Indonesia, ada Bebek Gulai Kurma yang khas dari Aceh. Begitu sajian ini dihidangkan, ada aroma rempah dari kuah kari bebek yang cukup kuat. Penggunaan kelapa sangrai membuat kuahnya kental berminyak dan warnanya seperti opor. Di dalam masakan ini juga ada daun salam koja, bumbu ketumbar, kapulaga, jintan dan kemiri terasa di tiap sendokan. Oiya, meski memakai kata kurma dalam penamaannya, namun masakan ini tidak memakai kurma sama sekali Omiyagoes.

2. Lodeh Terung – Pekalongan

Foto dok : resep koki

Biasanya sayur labu siam hadir sebagai pelengkap makan ketupat dan opor. Nah, kalau di Pekalongan beda nih Omiyagoes! Ada sayur Lodeh Terung yang selalu disipakan saat lebaran oleh masyarakat Pekalongan. Lodeh Terung dibuat dengan terung, jagung, daun salam, melinjo, dan beberapa bumbu rempah lainnya yang membuat sayur ini mempunyai citarasa yang khas. Rasanya cenderung gurih dan sedikit manis, jadi kalau Omiyagoes ingin mencoba menu sayur yang beda buat lebaran nanti bisa coba buat sayur Lodeh Terung nih. 

3. Soto Banjar – Banjarmasin

Foto dok : kepogaul

Ada lagi makanan berkuah yang nggak pernah absen saat lebaran di Banjarmasin. Yup! Soto Banjar yang kuahnya terlihat menggiurkan dengan warna agak kecoklatan ini enak banget kalau dimakan bersama ketupat, soun, perkedel, suwiran daging ayam, dan potongan telur rebus. Tambahan bawang goreng dan daun seledri bisa membuat rasanya semakin enak, apalagi kalau dimakan selagi panas. Oh ya karena kelezatannya, Soto Banjar ini jadi andalan masyarakat setempat lho Omiyages untuk memberikan suguhan tamu yang datang silaturahmi ke rumah.

4. Lemang Lepat – Pontianak

Foto dok : Tirto.id

Masih di pulau Kalimantan, ada Lemang Lepat makanan khas Pontianak. Lemang juga termasuk makanan khas legendaris di Samarinda lho Omiyagoes. Makanan khas lebaran ini terbuat dari beras ketan yang biasa dimakan bersama rendang dan serundeng. Terbuat dari ketan, Lemang Lepat Lau ini dibungkus dengan daun pisang mirip seperti lontong. Selain untuk lebaran, Lemang ini biasanya dijadikan makanan perayaan oleh suku Dayak untuk berbagai acara adat. Sementara bagi suku Melayu, Lemang dinikmati saat hari raya Idul Fitri dan Idul Adha. Jadi penasaran ingin coba Lemang buat jadi pengganti ketupat.

5. Ayam Gagape – Makassar

Foto dok : sajian sedap

Omiyagoes biasa makan Opor Ayam kalau lebaran? Nah, kalau di Makassar ada Ayam Gagape nih yang dimasak dengan bumbu rempah khas Sulawesi. Hidangan ini dimakan bersama ketupat dan lauk khas lebaran lainnya. Olahan Ayam Gagape untuk lebaran terbilang spesial karena menggunakan ayam kampung jantan. Nah, makin istimewa lagi Ayam Gagape juga menambahkan parutan kelapa yang sudah disangrai di atasnya.

6. Uvempoi – Palu

Foto dok : nurmuthiawati.wordpress.com

Dari Makassar, bergeser ke Sulawesi bagian Tengah, Omiyagoes akan menemukan menu Uve Mpoi yang juga khas lebaran bagi masyarakat Palu. Sajian ini didominasi kuah asam yang segar, di dalamnya terdapat jeroan sapi seperti usus, hati, ampela sapi  dan tulang rusuk. Istimewanya masakan ini, tentu saja karena dimasak dengan bumbu khas Palu. Uve Mpoi biasa dimakan saat lebaran bersama Burasa yang mirip dengan ketupat namun dimasak bersama santan lalu dibungkus daun pisang. Rahasia kesegaran kuah Uve Mpoi juga terletak pada bumbu asam jawa dan air jeruk nipisnya Omiyagoes.

7. Kella Pate - Madura

Foto dok : sajian sedap

Hidangan khas Madura yang merupakan olahan daging ikan tenggiri atau kepiting goreng ini dibuat dengan tambahan paduan kuah santan dan racikan bumbu belimbing wuluh yang membuatnya terasa segar. Omiyagoes yang ingin masak sesuatu yang beda buat menu lebaran nanti bisa lho mencobanya. Apalagi untuk memasak Kella Pate ini Omiyagoes hanya perlu membuat bumbu halus dari jintan, kencur, dan terasi yang membuat rasa hidangan ini memang beda. 

Wah, ternyata masih ada makanan khas lebaran lain yang nggak kalah enaknya dari opor, dan rendang kesukaan Omiyagoes nih. Jadi makin nggak sabar sama datangnya lebaran ya, selain karena sudah nggak sabar untuk kumpul-kumpul sama keluarga juga ingin masak berbagai makanan seperti 7 makanan khas lebaran di Indonesia di atas. Tapi kalau Omiyagoes nggak sempat masak, bisa lho beli makanan lebaran yang praktis, ada banyak banget pilihannya di OMIYAGO. Langsung aja yuk meluncur ke website OMIYAGO.

Share this Post: