Image-1507689558

Perempuan mana yang nggak semangat kalau diajak belanja? Sepertinya hampir semua wanita pasti seneng, bahkan terkadang hal-hal yang tidak diperlukan pun di beli hanya karena alasan lucu dan sebagainya.

Nah, kalau kamu ada rencana belanja di luar negeri jangan asal beli aja ya. Kamu harus tahu perhitunggan bea cukai seperti apa. Karena kalau tidak, bisa saja malah kamu harus mengeluarkan uang jutaan rupiah hanya untuk membayar bea masuk dan pajak. Dan untuk menghindari itu semua, cob abaca tips dibawah ini.

1.     Ketahui Aturan Bea Cukai dan Hitung Sendiri

 

travelingyuk.com

Dalam Peraturan Menteri Keungan No.188 tahun 2010 disebutkan bahwa barang dikenakan bea masuk saat harga diatas $250/orang dan $1000 untuk sekeluarga. Tarifnya pun beragam, dari mulai 0% sampai dengan 100% tergantung dari barangnya. Semakin mahal dan mewah barang tersebut makan semakin besar pula pajaknya.

2.    Unduh Aplikasi Buku Tarif Kepabenan Indonesia

 

satuproxima.org

Selain bea masuk, ada pula pajak penghasilan serta PPN (Pajak Penambahan Nilai) 10%. Angka dari pajak dan bea masuk tersebut memang terlihat kecil, tapi akan langsung menguras kantong jika dihitung lagi. Ada baiknya untuk mengunduh Aplikasi Buku Tarif Kepabeanan Indonesia. Aplikasi ini dapat memudahkanmu menghitung pajak dan bea masuk barang. Hal ini tidak lain agar kamu masih belanja dengan harga yang wajar dan taat membayar pajak.

3.    Pintar Memilih Barang

 

bigpage.com.bd

Saat belanja kamu harus pintar-pintar memilih. Pilihlah barang-barang dengan harga yang murah namun dengan kulitas yang bagus juga. Cobalah untuk menghindari masuk toko-toko yang menjual barang-barang branded atau mewah agar kamu tidak tergiur. Karena percuma saja kalau kamu membeli barang mewah namun tak sanggup bayar pajaknya, maka bisa jadi barang kamu akan ditahan. Dan dalam kurun waktu tertentu kalau kamu tak kunjung membayar juga, maka barang kamu akan dilelang.

4.   Beli Secukupnya dan Bisa Langsung Dipakai

 

womenosophy.com

Kebutuhan sehari-hari yang dibeli di Luar Negeri seperti pakaian hingga handphone tentu tidak akan dikenakan bea masuk. Namun jika jumlahnya melebihi kewajaran maka akan dipertanyakan oleh petugas. Kemudian untuk barang-barang mewah seperti jam tangan atau cincin, kamu bisa langsung memakainya.

Buat kamu yang nggak mau pusing dengan harus bayar pajak dan sebagainya, lebih baik kamu belanja saja di dalam negeri. Karena jangan salah, barang-barang lokal kita juga bagus-bagus lho, tak kalah dengan barang-barang dari luar negeri. Cintailah produk Indonesia ya~

Sumber: http://bit.ly/2y90qux

Share this Post: