Image-1509508149

Siapa nih yang sebentar lagi berencana ke Cirebon? Sudahkah kamu menentukan tempat wisata mana saja yang akan kamu datangi? Selama ini Kabupaten Cirebon terkenal dengan wisata religi dan sejarah, namun ternyata kota ini juga memiliki tempat-tempat wisata yang bernuansa alam yang tak kalah dengan wisata bandung ataupun kota besar lainnya lho! Untuk membantu kamu menemukan tempat mana saja yang dapat kamu kunjungi saat berkunjung ke Cirebon, berikut Omiyago ada referensi buat kamu.

1.     Keraton Kasepuhan

 

daleel-indonesia.com

Tidak lengkap rasanya saat ke Cirebon tak berkunjung ketempat yang satu ini. Ya, Keraton Kasepuhan merupakan sebuah keraton yang didirikan oleh Pangeran Cakrabuana pada masa penyebaran agama islam sekitar tahun 1529.

Disini kamu akan melihat bangunan yang memiliki akulturasi budaya jawa, sunda, China, Arab, India dan Eropa. Dibagian gerbang keraton terdapat duat patung macan putih yang melangkan Kesultanan Cirebon merupakan penerus kerajaan Padjajaran.

Alamat Keraton Kasepuhan Cirebon terletak di Jalan Kasepuhan No 43, Kampung Mandalangan, Kel. Kasepuhan, Kec. Lemah Wungkuk, Cirebon, Jawa Barat. Harga tiket masuk hanya 8rb rupiah saja.

2.    Keraton Kanoman

 

NusantaraNews.co

Salah satu tempat wisata yang juga tak boleh kamu lewatkan adalah Keraton Kanoman. Di keraton inilah yang mulanya menjadi tempat pusat peradaban Kesultanan Cirebon. Namun, seiring perkembangan, kesultanan Cirebon terpecah mejadi Keraton Kanoman, Keraton Kasepuhan, Keraton Kacirebonan, dan Keraton Keprabon.

Peninggalan bersejarah yang terdapat di Keraton Kanoman cukup erat kaitannya dengan syiar agama Islam yang dilakukan oleh Sunan Gunung Jati, dikenal dengan Syarif Hidayatullah.

Alamat Keraton Kanoman terletak di Jalan Winaon, Kampung Kanoman, Kel. Lemah Wungkuk, Kec. Lemah Wungkuk, tepatnya terletak dibelakang pasar Kanoman. Harga tiket masuk 5rb rupiah.

3.    Ade Irma Suryani Waterland

 

ReportaseHarga.com

Ade Irma Suryani Waterland merupakan destinasi wisata air terbaru yang berada di tepi pantai utara Cirebon. Dilengkapi 40 cottage di pinggir pantai yang menjadi daya Tarik tersendiri bagi para wisataman. Harga sewa cottage per harinya mencapai Rp 1 juta sampai Rp 2,5 Juta. Untuk fasilitas cottage fasilitas see view, pengunjung cukup membayar dengan harga Rp 1,7 juta. Sedangkan cottage kelas family pengunjung harus menyediakan uang sebesar Rp 2,5 juta.

4.   Bukit Gronggong

 

bhinnekashuttle.com

Sedang berlibur dengan pasangan dan mencari tempat yang romantis? Kamu bisa temukan disini, Bukit Gronggong. Disini kamu dapat melihat keindahan lampu-lampu dari kota Cirebon dari atas bukit. Jadi akan lebih indah kalau kamu berkujung kesini saat sore menjelang malam ya~ Lokasinya terletak di jalur utaman Corebon dan Kuningan.

5.    Pantai Kejawanan

 

cirebonberintan.com

Pantai Kejawanan merupakan tempat penglahan ikan ata disingkat dengan TPI. Dan disini juga merupaan objek wisata Merapi lho! Disini kamu dapat menikmati matahari terbit terpat ditenagh-tengah pantai. Kamu juga dapat berkeliling pantai menggunakan perahu motor milik nelayam dengan tarif yang cukup murah.

6.    Masjid Agung Sang Cipta Rasa

 

sandraskosmos.wordpress.com

Biasa dikenal dengan Masjid Agung Kasepuhan. Masjid ini merupakan salah satu masjid tertua yang berada di komplek Keraton Kesepuhan kota Corebon sekaligus menjadi salah satu masjid tertua di tanah Jawad an Indonesia.

7.    Makam Sunan Gunung Jati

 

travel.kompas.com

Makan Sunan Gunung Jati memiliki gaya arsitektur yang unik yaitu Cina, Arab, dan Jawa. Arsitektur Cina terlihat pada desain interior dan dinding makam, sedangkan arsitektur Jawa terlihat pada atap bangunan yang berbentuk limasan khas Jawa.

Dari beberapa tempat rekomendasi diatas, sudahkah kamu menentukan kira-kira tempat wisata Corebon mana yang akan kamu kunjungi? Selamat berlibur #Omiyagoes

Share this Post: