Image-1494407239

Suka Traveling? Ini Dia Profesi Buat Kamu Si Penggemar Traveling

Apakah kamu suka traveling? Yups, buat sebagian orang, traveling sudah menjadi bagian dari kebutuhan sebagai salah satu cara untuk menghilangkan kepenatan di tempat kerja. Sayangnya, tidak semua orang bisa melakukannya karena beberapa alasan, salah satunya adalah biaya akomodasi.

Sementara sebagian orang menganggap biaya akomodasi adalah masalah utama yang menghambat traveling, namun beberapa orang justru mendapatkan penghasilan melalui traveling. Nah, jenis pekerjaan apa yang harus kita ambil jika ingin melakukan traveling sekaligus menghasilkan uang?

Travel Blogger

 

Buat kamu yang suka menulis dan traveling, profesi ini cocok banget buat kamu. Sama seperti blogger pada umumnya, travel blogger focus menulis hal-hal yang berhubungan dengan traveling dan menceritakan pengalaman travelingmu pada sebuah blog. Semakin banyak engagement yang dihasilkan oleh blog-mu, maka akan semakin banyak pihak yang mengajakmu untuk traveling. Banyak travel blogger professional yang sudah terkenal dan digandeng oleh beberapa perusahaan travel dan disponsori untuk jalan-jalan. Namun, untuk menjadi professional tidak semudah membalikan telapak tangan. Jelas, kamu harus kerja keras untuk mencapainya, fokus serta konsisten. Gimana, profesi impian banget, kan?

Tour Guide

 

Tour guide alias pemandu wisata adalah jenis pekerjaan paling realistis untuk kamu yang suka traveling dan bisa berbahasa asing. Pekerjaan ini mengharuskan sesorang jalan-jalan mendampingi client dan menjelaskan tentang tempat wisata yang dikunjungi. Selain menambah relasi dari luar negeri serta mengembangkan bahasa asingmu, kamu juga bisa lebih sering jalan-jalan pastinya. Untuk dapat menjadi professional di profesi ini, kamu harus memperkaya wawasan umum yang berkaitan dengan pariwisara serta kemampuan komunikasi yang baik.

 

Travel Photographer

 

Hampir semua orang yang melakukan traveling pasti membawa kamera, entah itu kamera ponsel, kamera pocket, kamera DSLR hingga kamera mirror less yang sekarang sedang booming. Buat kamu yang menyukai traveling dan photography, mungkin kamu bisa menjadikan travel photographer sebagai profesimu utamamu. Kamu harus sering berkunjung mengunjungi tempat- tempat baru untuk menambah pengalaman dan referensi. Semakin kamu mengasah kemampuan fotomu akan semakin bagus hasil fotomu. Dengan semakin meningkat kualitas hasil fotomu, foto tersebut bisa menjadi nilai jual yang tinggi. Itulah yang menjadi salah satu alasan sang Travel photographer juga memungkinkan untuk dapat keliling Indonesia hingga dunia secara gratis.

Travel Writer

 

Sedikit berbeda dengan Traver Blogger yang menulis cerita perjalananya dalam artikel yang dimuat di Blog, Travel Writer menuliskan cerita perjalanannya dalam bentuk buku. Namun, untuk menulis buku dibutuhkan waktu sedikit lebih banyak dibandingkan dengan menulis blog serta konsistensi yang lebih.

Pekerja Sosial

Nah, untuk menjadi pekerja social kamu harus menanyakan dulu kedalam diri kamu sendiri. Apakah kamu memliki jiwa social yang tinggi? Sebenarnya seorang pekerja sosial dapat membawamu untuk berkeliling Indonesia bahkan dunia. Ada beberapa organisasi non-profit kelas dunia yang bisa kamu coba seperti Green Peace hingga UNICEF. Biasanya organisasi tersebut membutuhkan seseorang yang memiliki kemampuan khusus di bidang pertaninan, kesehatan, pendidikan hingga pertanian. Kamu mungkin akan mendapatkan kesempatan dikirim daerah Indonesia hingga luar negeri untuk menjalankan program organisasi tersebut. Berminat?

Presenter Acara Jalan-jalan

Buat kamu yang suka memandu suatu acara dan traveling, profesi ini bisa jadi sangat bagus untuk kamu lakoni. Kamu pasti sering menonton pemandu acara wisata di TV. Nah, kamu juga bisa seperti mereka tanpa harus ikut casting untuk acara TV. Kini Youtube bisa menjadi salah satu media untuk menyalurkan kegemaranmu. Kamu dengan bebas dapat mengekspresikan, merekam, mengunduhnya di Youtube. Cara kerjanya sama seperti travel blogger, namun lebih interaktif karena ini berupa video. Jika kamu sukses sebagai travel vlogger, kamu bisa jalan-jalan gratis sambil menginfokan tempat yang kamu kunjungi. Tidak hanya itu, pundi-pundi uang dan popularitaspun menantimu. Tapi ingat, konsistensi dan fokus serta kerja keras sangat diperlukan.

Share this Post: