Image-1571893000

Pic by Pinterest

Surabaya, kota dengan julukan “Kota Pahlawan” tak hanya menyimpan banyak wisata sejarah tapi juga beragam kuliner yang menarik untuk dicoba. Mulai dari rujak cingur, lontong kupang hingga nasi bebek yang selalu menjadi tujuan para foodies mulai dari warga setempat sampai pelancong yang datang dari berbagai daerah. Mau menjelajahi kuliner unik, legendaris dan khas Jawa Timur? Ini dia sepuluh wisata kuliner Kota Surabaya rekomendasi OMIYAGO. Yuk langsung disimak.

1. Sate Kelopo Ondomohen Bu Asih

foto dok : Batiqa Hotel

Tempat ini menjadi destinasi pertama yang wajib dikunjungi saat Omiyagoes berlibur ke Surabaya. Cita rasa sate yang gurih dan legit karena dibakar bersama kelapa menjadi kekhasan dari Sate Kelopo Ondomohen Bu Asih. Dibakar langsung menggunakan klopo dalam bahasa Jawa, menjadikan sajian sate ini terasa berbeda dari sate lainnya. Selain rasanya yang khas, aroma dari kelapa ini juga dijamin langsung menjentikan hasrat untuk mencobanya.

Alamat :

Jl. Walikota Mustajab No. 36, Surabaya.

2. Rawon Pak Pangat Wonokromo 

Foto dok : Diary Sivika

Kurang lengkap rasanya kalau berkunjung ke Kota Pahlawan kalau tidak mencicipi rawon. Nah, salah satu rawon yang Omiyagoes harus coba adalah Rawon Pak Pangat. Rawon berkuah hitam kental yang makanan khas Jawa Timur ini bisa jadi menu makan siang yang sedap banget. Seporsinya Omiyagoes cukup merogoh kocek Rp 19.000 aja dengan varian rawon suwirm rawon krengseng atau rawon campur. Selain rawon di sini ada menu Nasi Krengseng dan Nasi Campurnya juga lho Omiyagoes. Rawon Pak Pangat saat ini sudah punya 4 cabang, salah satunya ada di Ruko Lotus Ketintang Baru yang lokasinya dekat dengan Samsat Surabaya.

Alamat :

Ruko Lotus Ketintang Baru, Surabaya.

3. Nasi Bebek Tugu Pahlawan (Tembaan)

Foto dok : IDNTimes

Surabaya juga terkenal dengan kuliner nasi bebeknya dan salah satu tempat yang bisa Omiyagoes datangi adalah Nasi Bebek Tugu Pahlawan. Walau merupakan jajanan kaki lima, tapi kabarnya mantan Presiden Megawati pernah makan di sini lho, Omiyagoes. Nasi bebek yang sering diincar arek-arek Suroboyo ini terkenal karena keempukan dagingnya dan sambal korek yang nampol banget pedasnya.

Alamat :

Jl. Tembaan No. 17 F, Alun-alun Contong, Kec. Bubutan, Surabaya.

4. Lontong Balap Garuda Pak Gendut

Foto dok : Travelingyuk.com

Selanjutnya ada Lontong Balap Pak Gendut yang juga menjadi kuliner legendaris di Surabaya. Sudah eksis sejak tahun 1958, Lontong Balap Pak Gendut masih menjadi buruan semua orang. Satu porsinya terdiri dari irisan lontong, tahu goreng, kecambah dan lenthonya yang menjadi primadona di sini. Semua bahan ini kemudian diberi kuah panas yang terasa gurih dan segar dengan tambahan kecap dan terakhir ada taburan bawang goreng yang buat sajian ini makin sedap.

Alamat :

Jl. Prof. Dr. Moestopo, Surabaya (depan PDAM), Surabaya.

5. Kepiting Cak Gundul

Foto dok : Surabaya Dream

Bagi Omiyagoes si penggila seafood bakal cocok banget nih kalau mampir di Kepiting Cak Gundul ini. Kuliner legendaris ini sudah ada sejak tahun 90-an di cabang pertamanya yang ada di Kawasan Pandaan, Pasuruan. Soal rasa sudah pasti menu kepiting di sini nggak diragukan lagi. Sausnya pun bisa Omiyagoes pilih mulai dari yang standar seperti asam manis sampai yang khas seperti saus kare. Oh iya, menu kepiting di Cak Gundul tidak dihargai per porsi, tapi berdasarkan berat kepiting sekitar Rp30.000 per ons. Saat ini Kepiting Cak Gundul sudah memiliki 5 cabang di kota Surabaya, Jakarta, Semarang, Jogja hingga Sidoarjo.

Alamat :

Jl. Raya Kupang Indah No. 45 C-D, Sonokwijenan, Suko Manunggal, Surabaya

6. Rujak Cingur Ahmad Jais

Foto dok : Travelingyuk.com

Menikmati rasa autententiknya rujak cingur dengan petis yang khas bisa Omiyagoes nikmati di Rujak Cingur Ahmad Jais. Rujak cingur ini sudah dikelola sejak tahun 70-an oleh Ng Giok Tjoe. Rujak Cingur Ahmad Jais terkenal sebagai rujak cingur termahal, untuk menikmatinya Omiyagoes perlu merogoh kocek Rp50.000 dengan daging cingurnya yang berlimpah. Meskipun lokasinya cukup sulit ditemukan, namun tempat ini ramai dikunjungi dari kalangan artis hingga pejabat seperti yang terpajang di foto-foto di dinding rukonya.

Alamat :

Jl. Achmad Jais No.40, Peneleh, Genteng, Surabaya. 

7. Sego Sambel Mak Yeye

Foto dok : Phinemo 

Untuk Omiyagoes pecinta makanan pedas, Sego Sambel Mak Yeye bisa jadi salah satu tujuan kuliner kamu nih. Sambal di sini terkenal sangat pedas hingga bisa membuat Omiyagoes berkeringat saat makan. Tempat makan yang sudah berjualan sejak tahun 1982 ini hanya buka di malam hari sampai menjelang subuh. Siap-siap antre panjang ya kalau Omiyagoes mampir ke sini. Sego sambel ini lauknya sama seperti warung pecel ayam namun memang yang membuatnya berbeda adalah sambalnya yang sangat pedas.

Alamat :

Jl. Jagir Wonokromo Wetan No. 12, Wonokromo, Surabaya

8. Lontong Kupang Artomoro

Foto dok : Rumah Mesin 

Lontong Kupang merupakan salah satu sajian unik selanjutnya yang harus Omiyagoes coba, karena ada kerang kecil khas bernama kupang yang hanya bisa ditemukan di Surabaya. Kupang ini  punya tekstur yang unik dan sedikit seperti pasir tapi rasanya terbilang enak. Nah, lontong kupang biasa disajikan dengan sate kerang sambil minum es degan. Lontong Kupang di Surabaya biasanya dijual oleh pedagang kaki lima, tapi kalau ingin menemukan rasa yang dijamin enak dan sudah terkenal Omiyagoes bisa datang ke Lontong Kupang Artomoro.

Alamat :

Jl. Raya Manyar No. 5 J, Manyar Sabrangan, Kec. Mulyorejo, Surabaya.

9. Nasi Pecel Rawon Warung Pojok Moro Seneng

Foto dok : Surabaya Pagi

Kalau nasi rawon sudah terlalu mainstream, Omiyagoes bisa coba Nasi Pecel Rawon di Warung Pojok Moro Seneng. Hidangan ini merupakan kuliner unik yang menggabungkan nasi pecel dengan kuah rawon. Rasanya bisa dibilang unik karena perpaduan antara manis kuah kaldu rawon dengan bumbu pecel. Ulekan kacang sebagai saus sayuran yang kemudian disiram dengan kuah rawon yang hitam dan kaya dengan rasa rempah ini bakal memanjakan lidah. Omiyagoes nggak akan nyesel deh kalau mencobanya.

Alamat :

Jl. Pucang Anom No 17, Gubeng, Surabaya.

10. Zangrandi Ice Cream

Foto dok : Panduan Wisata Surabaya

Setelah tadi banyak rekomendasi makanan berat, petualangan kuliner Omiyagoes bakalan makin lengkap saat menyambangi resto es krim legendaris yang ada di Surabaya nih. Yup! Zangrandi Ice Cream yang sudah ada sejak masa penjajahan ini sudah menjadi salah satu tujuan wisata kuliner wajib bagi para wisatawan. Cita rasanya klasik dengan bahan baku alami dan teknik pengolahan yang nggak berubah sejak tahun 1930. Rekomendasi menu yang bisa Omiyagoes coba saat datang ke sini adalah banana split, tutti frutti, mecodonia, dan es krim soda.

Alamat :

Jl. Yos Sudarso No.15, Embong Kaliasin, Genteng, Surabaya. 

Surabaya ternyata punya banyak kuliner khas yang menarik banget untuk dicobain ya. Kalau Omiyagoes punya rencana mau coba yang mana dulu nih? Nah, jangan lupa setelah wisata kuliner untuk membeli oleh-oleh khas Kota Pahlawan ini ya. Surabaya juga punya banyak oleh-oleh yang nggak kalah terkenal seperti spikoe, lapis legit, atau sambalnya. Tapi kalau nggak mau repot nenteng oleh-oleh saat pulang, Omiyagoes bisa kok beli oleh-oleh khas Surabaya di OMIYAGO. Langsung aja yuk cek dan pesan di website!

 

Share this Post: