Image-1579239418

Rekomendasi 5 Oleh-oleh Khas Kota Jambi

Pic by : Pemkot Jambi

Jambi, sebuah kota di bagian tengah pulau Sumatera dengan Sungai Batanghari membelah daratannya yang cantik. Keindahan Jambi sering kali dilirik karena wilayah ini memiliki Gunung Kerinci yang menjulang megah sebagai gunung api tertinggi di Indonesia. Serta Danau Gunung Tujuh yang merupakan Situs Warisan Dunia UNESCO. Usai menjelajahi kota maupun wisata alamnya, Omiyagoes pasti nggak lupa dong buat membeli oleh-oleh? Apa aja sih oleh-oleh khas Jambi? Yuk simak rangkuman dari OMIYAGO berikut ini.

1. Dodol Kentang

foto dok : Omiyago 

Dodol ternyata bukan hanya terkenal di Garut, Jawa Barat aja lho Omiyagos. Jambi juga punya oleh-oleh khas berupa dodol kentang yang rasanya lezat. Dodol di Jambi tentu rasanya beda dengan dodol yang ada di Garut! Mulai dari teksturnya yang lebih lembut namun tidak terlalu kenyal karena memang bahan dasar utamanya tepung kentang, namun bukan tepung ketan seperti umumnya dodol dibuat. Rasa manisnya pun terasa pas, tidak berlebihan. Omiyagoes bisa menemukan dodol kentang ini yang dijual di sekitaran kawasan Gunung Kerinci. Tapi kalau ternyata nggak sempat beli oleh-oleh usai liburan, Omiyagoes bisa lho menemukan camilan manis ini dan membelinya di Omiyago. Dodol Kentang khas Jambi ini juga bisa ditemukan dalam berbagai rasa, mulai dari yang original, gula aren, kayu manis, hingga dodol kentang rasa pandan dan durian khas Jambi.

2. Sambal Tempoyak

foto dok : Tastemade

Sambal bagi orang Indonesia memang primadonanya untuk teman makan. Makanya enggak heran juga kalau di Nusantara berbagai jenis sambal pun unik-unik rasanya karena ada perpaduan rempah dan hasil bumi khas tiap daerah. Nah, Jambi ternyata punya sambal khas nih Omiyagoes yaitu sambal tempoyak yang rasanya unik karena menambahkan tempoyak yang merupakan hasil fermentasi dari buah durian, khas banget dari Jambi. Saat musim durian tiba, buah durian begitu melimpah di Jambi dan akhirnya banyak dimanfaatkan untuk berbagai macam olahan oleh masyarakat setempat salah satunya menjadi sambal tempoyak ini.

3. Kopi Bubuk Cap AAA

foto dok : belalang cerewet

Indonesia memang terkenal banget sama kopi, di tiap daerah enggak terkecuali Jambi ada kopi klasik produksi lokal yang untuk wisatawan bisa lho dijadikan oleh-oleh khas. Seperti Kopi Bubuk Cap AAA dari Nefo yang punya resep khas dan turun temurun sejak tahun 1966. Kopi ini memiliki warna yang hitam pekat, rasa yang pahit, dan aroma yang harum khas kopi yang baru saja ditumbuk. Omiyagoes bisa lho mendapatkan kopi ini dengan kemasan ukuran kaleng. Kalau habis liburan di Jambi jangan lupa membelikan orang tua, teman kantor, atau bos Kopi Bubuk Cap AAA dari Nefo ini.

4. Teh Kayu Aro

foto dok : dialekito

Selain kopi, teh asli dari perkebunan teh lokal juga punya rasa unik yang berbeda di tiap daerah di Indonesia. Begitu juga dengan Jambi yang memiliki daerah pegunungan dan perkebunan teh. Makanya kalau Omiyagoes ke sini mesti banget membeli teh khasnya yaitu Teh Hitam Celup Kayu Aro. Teh yang diproduksi di perbukitan Kerinci yang juga jadi objek wisata ini punya aroma teh yang berbeda dan cocok banget untuk dijadikan salah satu oleh-oleh khas Jambi yang bisa Omiyagoes berikan sepulang dari jalan-jalan.

5. Lempok Durian

foto dok : Omiyago 

Sebenarnya oleh-oleh khas Jambi, mirip atau memiliki beberapa kesamaan dengan kota sekitar di Sumatera Selatan seperti Palembang, dan Pekanbaru. Makanya di Jambi juga ada nih oleh-oleh khas lempok durian yang tekstur dan rasanya manis legit, dan terasa kuat aroma buah duriannya. Pecinta buah durian pasti enggak bakal nolak oleh-oleh yang satu ini, apalagi kalau durian sedang tidak musim. Omiyagoes nggak sempat untuk membeli oleh-oleh lempok durian? Jangan khawatir, tinggal pesan saja secara online di OMIYAGO produk Lempok Durian Kerang Mas. Oleh-oleh ini dijamin akan sampai di tangan Omiyagoes dengan packaging yang rapih dan dijamin rasanya enak.  

Gimana Omiyagoes? Sudah enggak bingung lagi kan mau beli oleh-oleh apa saat pulang dari liburan di Jambi nanti. Ada dodol khas Jambi, sambal tempoyak, kopi lokal produksi Jambi, teh khas dari perkebunan teh di Jambi, hingga lempok durian yang rasanya manis legit. Nggak sempat menyiapkan oleh-oleh tadi? Semuanya mudah sekarang karena Omiyagoes bisa pesan oleh-oleh khas Jambi lewat online di OMIYAGO. Yuk langsung aja cek ke website!

Share this Post: