Image-1545982798

Foto by Reuters

Merayakan malam pergantian tahun bisa dilakukan dengan berbagai cara. Apakah itu dengan nonton kembang api di keramaian maupun di rumah saja bersama keluarga, semuanya tidak terlepas dari kumpul-kumpul dan makan bersama.

Pastinya menu makanan yang enak akan tersedia di meja makan Omiyagoes, tapi kali ini coba yuk sesuatu yang beda dengan tema makanan Indonesia. Seperti beberapa pilihan ide kuliner Nusantara dari OMIYAGO berikut…

 

1.    Seafood Bakar

foto by : pinterest

Pesta Tahun Baru tidak lengkap tanpa hidangan bakar-bakaran atau BBQ. Menyambut tahun 2019 nanti hidangan seafood bakar bisa jadi pilihan memanjakan lidah sekeluarga dengan cita rasa laut yang beda. Tidak perlu harus sajian seafood yang lengkap dengan lobster atau kepiting, Omiyagoes bisa memilih cumi-cumi maupun udang yang harganya lebih terjangkau. Lalu udang dan cumi bakar tadi diberi saus berpadu rempah khas agar rasanya lebih Indonesia. Setelah seafood dibakar, agar makin sedap bisa ditambah sambal matah yang dibuat dari rajangan cabai rawit beserta bawang merah atau sambal sere yang beraroma khas.

 

(2)    Gurame Bakar

foto by : sajian sedap 

Gurame jadi pilihan tepat jenis ikan air tawar untuk barbeque ala Indonesia bila Omiyagoes alergi dengan seafood. Gurame memiliki tekstur daging tebal sehingga tidak mudah hancur ketika dibakar. Namun tetap perlu diperhatikan untuk memilih gurame yang masih segar agar dagingnya masih terasa manis. Ikan gurame untuk Tahun Baru juga sebaiknya dibeli di hari yang sama ketika akan dimasak. Sama seperti seafood, gurame bakar akan makin enak jika diberi bumbu khas Nusantara. Seperti diberi tambahan air asam jawa dan jeruk nipis untuk bumbu marinasi ikan gurame sebelum dibakar. Setelah dibakar lalu gurame ditambahkan sambal kecap dengan rajangan tomat dan bawang yang juga khas Indonesia.

 

(3)    Bakso

foto by : grid.id

Bakso menjadi kuliner yang cocok untuk segala situasi, cuaca panas maupun hujan bahkan untuk kumpul-kumpul keluarga saat Tahun Baru. Kuahnya yang panas sekaligus pedas pasti makin buat semangat menyambut pergantian tahun. Bakso juga mudah membuatnya sendiri di rumah, Omiyagoes hanya perlu membeli bakso kemasan yang sudah jadi dan merebusnya dengan kuah kaldu, bihun, mi, rajangan sayuran sawi, dan tidak lupa menambahkan sambal serta taburan bawang goreng di atasnya.  

 

(4)    Bebek Betutu

foto by : omiyago.com

Biasanya bebek disajikan dan dimasak khusus untuk hari yang istimewa. Jadi tidak salah kalau bebek juga akan cocok untuk hidangan Tahun Baru. Namun mengolah bebek menjadi lauk yang enak tidaklah mudah Omiyagoes, karena daging bebek cenderung amis dan memiliki lemak yang lebih banyak. Orang tua kita zaman dulu biasa membumbui bebek dengan racikan bumbu kuning ataupun tambahan bumbu rempah pilihan agar tidak terasa bau amisnya. Rasanya agak repot untuk menyiapkan dan meracik bumbunya sendiri di rumah untuk sajian Tahun Baru. Tidak perlu khawatir kalau Tahun Baru nanti ingin sajian bebek yang spesial ini, apalagi kalau lagi ngidam Bebek Betutu yang bumbunya sangat khas Bali. Cobain nih rekomendasi dari OMIYAGO yaitu Bebek Betutu Djangkep yang cukup digoreng saja dan sudah lengkap dengan sambalnya, siap dihidangkan untuk Tahun Baru.

 

(5)    Nasi Liwet

foto by : omiyago.com

Sajian Tahun Baru Omiyagoes akan tambah istimewa dengan Nasi liwet. Saat ini nasi liwet juga sedang naik daun di kalangan masyarakat kota. Nasi gurih yang mirip nasi uduk ini biasanya disajikan dengan sayuran lalapan, ayam goreng berbumbu, dan beberapa lauk pelengkap lain. Tapi nasi liwet ini juga akan cocok dengan menu gurame bakar yang bisa jadi jenis menu bakaran yang beda di Tahun Baru nanti. Apalagi Omiyagoes sekarang tidak perlu repot lagi menyiapkan nasi liwet karena sudah ada Nasi Liwet produk terbaru OMIYAGO yang dibuat dengan beras pandan wangi. Nasi liwet ini pun sudah dilengkapi dengan bumbu serta rempah lainnya. Memasak Nasi Liwet untuk Tahun Baru pun praktis karena bisa menggunakan rice cooker di rumah.

Dengan menu Nusantara tadi, perayaan Tahun Baru kali ini terasa berbeda pastinya ya kan Omiyagoes? Yuk gunakan moment Tahun Baru ini untuk berbagi dan menghabiskan waktu bersama keluarga dengan menu makanan Indonesia. Klik juga website OMIYAGO untuk menemukan rekomendasi makanan Nusantara lainnya.

Share this Post: