Image-1539942915

Caption Foto By Pintrest

 

Rasanya agak asam dan sepat, juga bercampur manis. Yup, salak! Salah satu buah yang menjadi varian beda dari buah Indonesia. Rasa buah salak yang agak unik ini memberi banyak ide untuk dijadikan berbagai olahan kuliner. Saking enaknya, bahkan kota Balikpapan menjadikan buah salak ini salah satu oleh-oleh khasnya.

Indonesia sendiri bisa dibilang salah satu penghasil salak terbaik. Omiyagoes pasti mengenal beberapa daerah asal salak seperti salak condet dari Jakarta, salak Bali, dan salak pondoh yang dikembangkan di daerah lereng Gunung Merapi, Yogyakarta. Tapi tahukah Omiyagoes ternyata di Balikpapan produksi buah salak melimpah karena kota ini memiliki begitu banyak tempat perkebunan salak. Salak memang buah khas Indonesia, tetapi kini sudah banyak dibudidayakan. Omiyagoes juga bisa menemukan buah ini lho di negara tetangga seperti Malaysia, Thailand, dan Filipina meski rasanya belum tentu seenak salak punya Indonesia.

Selain dimakan langsung salak biasanya dijadikan manisan buah, asinan, dan dikalengkan, maupun dikemas sebagai keripik salak. Tapi olahan buah salak ini tidak hanya menjadi kudapan ringan seperti keripik dan asinan, ternyata buah salak dapat diolah menjadi berbagai kuliner lainnya. Yuk langsung saja simak ragam kuliner khas Kota Balikpapan dari olahan buah salak berikut yang pastinya akan buat Omiyagoes ingin mencobanya.

 

1. Brownies Salak Kilo


 


Sesuai dengan namanya, Brownies Salak Kilo dibuat dari bahan dasar tepung, mentega, gula, telur, dan lelehan cokelat, serta potongan kacang almond bercampur salak yang sudah dipotong kecil-kecil dan bertabur keju. Dengan kombinasi bahan itu langsung terbayang lembutnya brownies salak, apalagi ini bisa sebagai teman ngopi di sore hari. Selain rasanya yang enak dan gurih ternyata Brownies Salak Kilo ini bisa bertahan hingga 6 hari lho. Omiyagoes juga tidak harus jauh-jauh ke Balikpapan, karena bisa langsung pesan di omiyago.com.

 

2. Cake Salak Kilo


 

Apa jadinya bila cake dibuat dari buah salak? Tekstur, rasa, hingga manis dan lembutnya pasti berbeda. Cake Salak Kilo Almond merupakan kue dengan perpaduan antara lembutnya cake yang legit dengan cincangan buah salak segar yang menimbulkan rasa manis asam segar di dalamnya. Cake salak yang tersedia di omiyago.commemiliki 3 varian rasa yaitu Original, Keju dan Almond. Kuliner khas dari Balikpapan ini selain rasanya enak, sangat cocok dijadikan sebagai oleh-oleh.

 

3. Sambal Ulek Salak

 

 

Salak jadi olahan sambal? Rasanya belum pernah mendengarnya ya Omiyagoes? Jangan salah, di omiyago.com ada lho. Sambal sebagai unsur khas hidangan Indonesia memang terdengar menarik ketika dipadukan dengan buah salak. Ada sensasi tersendiri saat mencicipi Sambal Ulek Salak ini, yaitu pedas dari ulekkan sambal dicampur dengan rasa segar dan asamnya buah. Rasanya yang terbilang beda ini membuat Sambal Ulek Salak cocok jadi salah satu pilihan oleh-oleh yang wajib dibeli saat berkunjung ke Balikpapan.

 

4. Keripik Salak Omiyago

 

 

Keripik salak merupakan olahan buah salak yang terbilang paling populer dan mudah ditemukan di toko oleh-oleh. Keripik salak juga difavoritkan karena rasanya tetap enak yaitu perpaduan dari gurih, sepat dan manis. Meskipun telah diolah menjadi keripik salak, Omiyagoes juga tidak perlu khawatir dengan vitamin maupun manfaat buah salak di dalamnya. Karena dalam pembuatannya Keripik Salak Omiyago menggunakan mesin penggorengan hampa (vacum friying) dengan suhu 50-60 derajat celcius yang membuat teksturnya garing renyah, sehingga rasa keripiknya pun hampir mirip buah salak aslinya.

Wah, ternyata cukup variatif juga ya kuliner olahan salak dari Balikpapan ini. Ternyata tidak hanya sekedar cocok dibuat menjadi keripik saja, salak juga bisa dikombinasikan menjadi brownies, cake, bahkan cocok juga menjadi sambal. Tidak perlu jauh-jauh ke Balikpapan, Omiyagoes yang penasaran untuk mencobanya bisa langsung cek di omiyago.com untuk memesannya. Jangan hanya dicicipi sendiri, beliin juga teman dan keluarga kamu. 

Share this Post: