Image-1518611152

Siapa yang tidak mengenal hari Valentine? Hari yang ditunggu-tunggu oleh setiap orang yang memiliki pasangan di Bulan Februari ini memang kental akan nuansa merah muda, keceriaan, kehangatan, dan kegembiraan sebagai bentuk melambangkan kasih sayang kepada sang tercinta. Hari Valentine disebut hari kasih sayang disebabkan oleh sejarah yang menjelaskan tentang seorang Valentine yang hidup pada zamam Romawi yang memiliki ketertarikan kepada lawan jenis dengan tingkat keromantisan yang tinggi.

Pada momen saat ini, banyak pasangan yang saling bertukar kado bunga atau cokelat. Meskipun cokelat identik dengan yang membuat wanita “gagal” diet, namun cokelat adalah symbol dari kasih sayang, daya tarik, cinta yang mendalam, dan kemewahan. Selain itu, banyak momen-momen unik yang terjadi saat perayaan hari valentine di berbagai belahan dunia. Apakah Indonesia termasuk salah satunya?

1.     Jepang

mrwallpaper.com

Negara Jepang terkenal sebagai negara yang penduduknya sangat workaholic. Tak heran jika negara yang dulu di bom atom ini mampu bangkit dengan pesat menjadi negara maju yang dikagumi oleh seluruh dunia. Meskipun demikian, ternyata masyarakat jepang juga ikut bersuka cita merayakan Hari Kasih Sayang dengan cara yang terbilang unik. Jika biasanya pasangan pria yang memberikan hadiah kepada pasangan wanitanya, justru wanita jepang melakukan hal yang sebaliknya. Tidak hanya kepada pasangan, hadiah valentine juga bias diberikan kepada teman, sahabat, dan keluarga. Kemudian satu bulan kemudian, tepatnya 14 Maret, wanita akan mendapatkan balasan “hadiah valentine” oleh sang pria. Tradisi unik ini disebut sebagai White Day

2.    Korea Selatan

 

90 day korea

Berada di Korea Selatan pada tanggal 14 menjadi pengalaman yang unik, baik untuk kamu yang sudah ataupun belum memiliki pasangan. Jika kamu dan pasangan berada di Korea Selatan pada tanggal 14 Februari, dimana bertepatan dengan Hari Valentine, maka pasangan wanitamu yang akan memberi cokelat dan hadiah lainnya kepada pasangan pria. Ya, sama dengan di  Jepang yang juga disebut dengan White Day, satu bulan kemudian pria akan memberikan balasan hadiah kepada pasangan wanitanya. Namun, jangan bersedih hati bagi yang jomblo, karena pada bulan berikutnya, tepat 14 April 2018, para jomblo merayakan Black Day dengan mengonsumsi mi Jajangmyeon bersaus warna hitam serta kopi hitam dan berpakaian serba hitam. Kamu masih di Korea Selatan sampai akhir tahun? Jangan khawatir, rayakan juga di setiap bulan pada tanggal 14 yaitu Diary Day (Januari), Rose Day (May), Kiss Day (Juni), Silver Day (Juli), Green Day (Agustus), Photo Day (September), Wine Day (Oktober), Movie Day (November), dan Hug Day (Desember).

3.    China

 

dribbble.com by Xiu yuan

Jika kamu berharap untuk merayakan Hari Valentine di ala China, pastikan kamu bukan datang di tanggal 14 Februari. Masyarakat China merayakan Hari Valentine justru pada hari ke-7 pada bulan ke-7 di Tahun Cina, yaitu pada tahun ini terjadi di tanggal 17 Agustus 2018. Adapun masyarakat China menyebutnya sebagai The Double Seventh Festival (Qixi Festival). Festival ini dirayakan dengan berbagai adat tradisional, seperti di Kota Shaoxing para wanita akan bersembunyi di ladang labu dengan berharap mendengar bisikan Dewa Niu Lang dan Dewa  Zhi Nu yang bertanda bahwa wanita tersebut akan menemukan tambatan hatinya. Sedangkan di Provinsi Hunan, wanita akan mengambil air dari gunung kemudian membasahi rambut mereka dengan harapan diberi berkah oleh Zhi Nu. Selain itu, terdapat kontes melempar jarum jahitan ke dalam mangkuk dimana jika jarum bias terapung menandakan bahwa pelemar mahir dalam menyulam.

4.   Paris

 

 
Dimanakah kota paling romantis di dunia? Pasti sebagian besar akan menjawab, Paris! Pada Hari Valentine di kota yang paling diminati pasangan seluruh dunia ini terdapat tradisi yang disebut loterie d’amour atau menggambar untuk cinta, yaitu setiap pria dan wanita berbagai umur akan masuk ke dalam suatu rumah dan duduk atau berdiri saling berhadapan. Satu-persatu akan memanggil nama orang yang disukainya. Apabila antar satu dengan lainnya saling menyebutkan nama dengan benar maka mereka dinyatakan berjodoh.

5.    Indonesia

 

Meskipun bukan termasuk negara mayoritas penduduknya merayakan Hari Valentine bersama pasangan, masyarakat Indonesia juga tutut melambangkan Hari Kasih Sayang ini sebagai bentuk penghargaan dan apresiasi baik kepada teman, sahabat, dan keluarga dengan mengadakan pertemuan, bertukar cerita, serta menghabiskan waktu liburan bersama-sama sekaligus mempererat tali persaudaraan. Adapun manfaat berkumpul dengan orang kekasih dapat menjadi obat stress dan canda tawa yang pastinya kamu temukan di sela-sela kesibukan harianmu.

Bertepatan dengan libur panjang, jadikan hari-harimu bersama orang tersayang lebih berwarna dan menyenangkan dengan menyediakan makanan dan minuman khas dari berbagai wilayah di Indonesia. Tidak perlu risau harus pergi ke tempat yang jauh, Omiyago menyediakan yang kamu butuhkan langsung diantar ke tempatmu berkumpul. Temukan juga paket special valentine dan imlek yang bisa kamu nikmati bersama orang tersayangmu.

Share this Post: