Image-1494402136

Kamu salah satu penggemar bakmi? Bakmi memang nikmat disantap dengan semangkuk kuah panas dengan rasa yang gurih untuk sarapan, makan siang ataupun makan malam. Kecintaan kamu terhadap bakmi sebenarnya bisa dijadikan sebagai ide untuk destinasi traveling kamu. Cek yuk kota mana saja yang bisa kamu kunjungi.

1. Bangka

 

bisniskeuangan[dot]kompas[com] 

Bakmi Bangka biasanya disajikan menggunakan topping daging babi atau ayam cincang. Namun yang menjadi ciri khasnya adalah penggunaan tauge sebagai topping. Tidak hanya tauge, bakmi Bangka juga disajikan dengan sebutir jeruk limau untuk diperas diatas bakmi. Di kedai bakmi Bangka asli kamu juga bisa menemukan tahu kok (bakso tahu ala Bangka) yang dapat dijadikan sebagai pendamping bakmi.

 

2. Medan

 

blog[dot]kudoybook[dot]com 

Selain dikenal dengan bolu gulung dan pancake duriannya, Medan dikenal juga dengan mie pangsit. Mie keriting atau mie kecil disajikan dengan pangsit, serta ditambah topping daging cincang serta daging iris yang berwarna merah. Daun bawang dan tauge yang ditaburkan diatasnya juga menambah rasa dari mie pangsit ini. Buat penggemar bakmi, Medan menjadi salah satu kota yang harus dikunjungi.

 

3. Pontianak

 

getborneo[com]

Sedikit berbeda dengan bakmi pada umumnya, bakmi Pontianak menggunakan daging kepiting (suwir atau capit utuh) sebagai topping. Selain itu bakso ikan, daun bawang melimpah serta otak-otak goreng berbahan dasar ikan juga melengkapi rasa gurih dari bakmi Pontianak. Ukuran mie yang dipakai juga berdiameter kecil serta bertekstur halus.

4. Yogyakarta

 

Yogyakarta memiliki penjual bakmi ayam hampir disetiap penjuru kota. Kebanyakan mie ayam di kota ini berdiameter agak besar dan bertekstur kenyal. Topping daging ayam cincang dan bakso sudah menjadi ciri khas mie ayam “kampung” ini. Pastikan kamu tidak melewati kota ini jika kamu memang penggemar bakmi.

5. Makassar

 

hellomakasar[com]

Bakmi Makassar memiliki diameter yang lebih tebal dibandingkan dengan mie pada umumnya. Jika dilihat, bakmi Makassar menyerupai udon Jepang namun dengan tekstur yang lebih keras. Pada penyajiannya, bakmi Makassar didampingi dengan pangsit goreng dengan ukuran pangsit yang dibuat kecil, tidak melebar, serta lebih tebal. Topping yang digunakan adalah campuran daging babi cincang serta irisan daging ayam.

Berminat ke salah satu kota di atas untuk berburu kuliner bakmi? Happy hunting!

Share this Post: