Image-1534838813

Euforia Ajang internasional ASIAN Games 2018 begitu terasa setelah pesta pembukaan kemarin ya Omiyagoes? Membuat decak kagum mulai dari atraksi sepeda motor, kembang api, hingga tarian yang dikemas spektakuler. Rasanya bangga, acara sebesar ASIAN Games bisa digelar di Indonesia.

Kali ini karena menjadi tuan rumah, tentu Omiyagoes bisa lebih merasakan kemeriahaannya dengan menyempatkan nonton pertandingan cabang olahraga yang difavoritkan. Termasuk seni bela diri asli Indonesia, yaitu pencak silat yang untuk pertama kalinya masuk dalam salah satu cabang olahraga baru di ASIAN Games 2018.

Pencak silat ternyata sudah lama menjadi cabang olahraga yang dipertandingkan di SEA Games sejak 1987 dan setiap kompetisi SEA Games, kontingen Indonesia hampir tidak pernah absen memberikan emas di cabang ini. Bahkan cabang olahraga ini pun berpotensi untuk diikutkan dalam pertandingan uji coba saat Olimpiade 2020 di Jepang. Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) juga menargetkan pada Olimpiade 2024 atau 2028 cabang olah raga ini sudah bisa dipertandingkan.

Kita harus bangga nih Omiyagoes, karena itu harus banget dukung olah raga pencak silat ini dengan menyaksikan pertandingannya langsung maupun melalui siaran Tv yang berlangsung sejak 19 Agustus hingga 29 Agustus 2018 mendatang di Gelanggang Olah Raga (GOR) Pencak Silat Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta.



Sejarahnya pencak silat di Indonesia berasal dari warisan budaya leluhur untuk melindungi dan mempertahankan hidup seiring dengan berkembangnya keterampilan suku-suku asli Indonesia dalam berburu dan berperang menggunakan perisai dan tombak. Silat diperkirakan menyebar di Kepulauan Nusantara sejak abad ke-7 Masehi, berdasarkan peneliti silat, Donald F. Draeger yang berpendapat bahwa bukti adanya seni bela diri ini bisa dilihat dari artefak senjata dan pahatan relief yang berisikan sikap kuda-kuda silat di candi Prambanan dan Borobudur. 

Ternyata menarik ya Omiyagoes kalau disimak lebih jauh olahraga bela diri pencak silat? Bersamaan dengan Anniversary OMIYAGO ke-2 yang mengusung tema “OMIYAGO untuk Indonesia” dan dukungan OMIYAGO terhadap ASEAN Games 2018, OMIYAGO pun mengangkat pencak silat sebagai bentuk apresiasi dengan terpilihnya pencak silat sebagai cabang baru olahraga yang dipertandingkan di ASIAN Games 2018. OMIYAGO membuat 4 paket menarik yaitu Pencak Silat ASIAN Games, Paket Pencak Silat Indonesia, Paket Pencak Silat Jakarta, dan Paket Pencak Silat Palembang. Paket ini bisa menjadi hadiah untuk teman, sahabat, maupun kerabat biar makin semangat menonton pertandingan dan mendukung kontingen Indonesia jadi juara. 


Paket Pencak Silat Jakarta

Share this Post: