Image-1546595152

Foto by : Pinterest 

Jauh dari hiruk pikuk keramaian Ibu Kota, Ubud menjadi salah satu destinasi wisata menarik yang bisa dikunjungi untuk sejenak mencari ketenangan. Terletak di bagian tengah pulau Bali, Ubud merupakan tempat dimana ada berbagai daya tarik alam dan kerajinan tradisional.

Ada begitu banyak tempat di desa Ubud ini. Dari sisi alam Omiyagoes bisa menemukan hutan hujan dan terasering padi yang mengelilingi kawasan Ubud. Berikut pura sebagai tempat ibadah masyarakat setempat menjadi salah satu lanskap menarik Bali yang paling terkenal. Di tempat ini, terdapat pula  situs suci kuno, yaitu Goa Gajah yang memiliki ukiran serba mendetail dan Gunung Batur.

Mumpung masih awal tahun, tidak ada salahnya lho Omiyagoes merencanakan traveling dari sekarang.  Referensi tempat untuk mencari ketenangan di Ubud, bisa jadi ide untuk Omiyagoes merencanakan liburan tahun ini. Mari disimak…

1. Berjalan-Jalan ke Terasering Persawahan Ubud

foto : walkmyworld.com.au

Di Ubud, hamparan sawah hijau masih menyelimuti sebagian besar wilayah dan itu mudah dicapai dengan berjalan kaki atau bersepeda. Berjalan-jalan ke ladang yang tenang ini di pagi hari terasa seperti kembali lagi ke awal kehidupan di pedesaan yang akan menjadi sesuatu yang tidak akan terlupakan.

Ladang persawahan ini membutuhkan kesiapan kaki untuk melakukan trekking sepanjang jalan yang berliku-liku dan bermil-mil melalui desa-desa kecil yang beratap jerami. Jika tidak ingin berjalan, Omiyagoes juga bisa bersepeda. Ada berbagai hotel maupun tempat menginap yang menyediakan jasa penyewaan sepeda beserta guide-nya. Disarankan untuk melakukannya di pagi hari saat matahari belum begitu terik dan hawa pedesaan di persawahan masih diselimuti embun pagi.

2. Trekking ke Monkey Forest

foto: paxels.com

Teduh dan hijau, terasa oksigen yang memenuhi paru-paru ketika memasuki kompleks Ubud Monkey Forest. Tempat ini merupakan perhentian paling populer bagi wisatawan di kota Ubud itu sendiri. Ratusan monyet Macaque berkeliaran bebas, bermain-main di sekitar kanopi pohon dan kompleks candi yang ada di dalam hutan.

Berjalan di sekitar jalan setapak yang berliku dan tertutup lumut dari ekosistem Monkey Forest menjadi cara yang bagus untuk melepaskan diri dari teriknya matahari. Tetapi jangan lupa, awasi barang bawaan Omiyagoes, karena kawanan monyet ini cukup atraktif. Biasanya pengunjung diberitahu untuk tidak menenteng barang atau sesuatu di tangan dan tidak boleh terlalu berdekatan dengan monyet.

3. Membeli Oleh-Oleh di Pasar Ubud

foto : bali-indonesia.com

Mengunjungi pasar tradisional menjadi salah satu cara untuk mengenal bagaimana aktivitas keseharian masyarakat lokalnya. Pasar Ubud tak terkecuali, harus menjadi destinasi yang dikunjungi karena ada banyak butik dan toko unik  disini. Selain pada pagi harinya Omiyagoes bisa melihat aktivitas pasar yang menjual sayur dan bahan pangan untuk masyarakat setempat.  

Toko-toko lokal di Pasar Ubud dipenuhi dengan kerajinan, karya seni, ukiran, perhiasan, dan hadiah sebagai oleh-oleh yang unik dan indah untuk dibawa pulang. Pastikan untuk mengunjungi Toko Buku Ganesha, yang dianggap sebagai toko buku bekas terbaik di Bali. Jangan lupa untuk menawar oleh-oleh yang ingin Omiyagoes beli.   

4. Menonton Pertunjukan Tari Tradisional

foto: Pinterest

Rasanya kurang afdol saat berkunjung ke Ubud kalau Omiyagoes belum melihat pertunjukan tari tradisionalnya. Jangan sampai kehilangan kesempatan untuk menyaksikan pertunjukan legenda Hindu klasik diceritakan melalui penari dengan warna-warni dan kostum tradisional. Untuk menontonnya, ada Istana Ubud yang merupakan tempat populer yang menyuguhkan pertunjukan malam serta ada Pura Dalem yang memiliki pertunjukan dua kali seminggu dan tarian api ditampilkan di luar.

Rasanya makin semangat buat merencanakan liburan ke Ubud tahun ini. Selain berbagai tempat wisata menariknya tadi, jangan lupa juga membeli oleh-oleh makanan khas Bali. Biar liburan Omiyagoes tidak ribet dan pulang tidak kelebihan muatan bagasi, mampir aja ke website OMIYAGO. Karena ada banyak oleh-oleh khas Bali yang bisa Omiyagoes temukan disini.

 

Share this Post: