Image-1547805683

Foto by Pinterest

Jogja, satu destinasi wisata kuliner di Indonesia yang nggak ngebosenin untuk berkali-kali dikunjungi. Mampir ke Malioboro atau singgah sebentar ke Pasar Beringhardjo, pulang liburan dari “Kota Gudeg” ini pastinya nggak boleh dengan tangan kosong dong Omiyagoes?

Membawa oleh-oleh yang masih menjadi tradisi sampai sekarang, tentu nggak boleh dilupain. Apalagi oleh-oleh kuliner khas Jogja sekarang dibuat semakin kekinian. Penasaran? Yuk intip 5 rekomendasi oleh-oleh Jogja kekinian versi OMIYAGO berikut ini.

1. Gudeg Kaleng

Begitu dengar kota Jogja, pasti yang langsung terbesit di kepala adalah gudeg. Salah satu makanan yang rasanya manis dan menggugah selera, nggak salah kalau Jogja disebut sebagai “Kota Gudeg”. Gudeg terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan santan selama berjam-jam dan ditambah pelengkap seperti ayam kampung, telur, tahu, dan sambal goreng krecek. Meskipun berasal dari Jogja, Omiyagoes nggak perlu lagi pergi jauh-jauh ke kotanya kalau mau menikmati gudeg karena sekarang sudah ada gudeg yang dikemas menjadi lebih praktis.

Seperti Gudeg Wijilan Bu Lies dari Jogja ini dibuat tanpa bahan pengawet dan bisa tahan sampai 1 tahun, sehingga bisa langsung dinikmati dan bisa juga dijadikan oleh-oleh untuk teman atau keluarga Omiyagoes. Varian gudeg di sini pun cukup banyak, salah satunya ada Gudeg Vegetarian dan Gudeg Mercon yang merupakan gudeg istimewa super pedas.

 

2. Sambel Krecek

Kalau makan gudeg, sambal krecek nggak boleh ketinggalan nih. Krecek adalah kulit sapi yang dikeringkan dan dapat diolah menjadi masakan atau dibuat kerupuk. Cara membuat krecek ini menggunakan bumbu yang sama dengan bumbu sambal goreng, hanya saja membutuhkan kuah yang lebih banyak.

Di daerah Jawa Tengah, yang dimaksud krecek adalah sambal goreng tempe dengan kerupuk kulit, sedangkan di Jogja sambal krecek menggunakan bahan tambahan lain seperti kacang tolo dan tahu. Nggak cuma gudeg aja nih yang bisa dengan mudah dinikmati lewat kemasan praktis, sambal krecek juga lho. Sambal krecek ini juga bisa Omiyagoes jadikan oleh-oleh sekaligus dengan gudeg kalengnya.

 

3. Oseng Mercon

Siapa bilang makanan khas Jogja itu selalu manis? Ada oseng mercon nih Omiyagoes, salah satu makanan legendaris khas Jogja yang bercita rasa agak pedas. Bahan dasar masakan ini adalah daging tetelan yang ditumis dengan sejumput cabai, gula merah, dan kecap manis lalu dimasak dalam waktu yang cukup lama.

Nah, sekarang oseng mercon nggak harus dimakan langsung di tempat kalau Omiyagoes ke Jogja. Sudah ada oseng mercon yang dikemas dalam kaleng seperti gudeg tadi, jadi nggak cuma bisa dinikmati sendiri saja, Omiyagoes juga bisa pilih oseng mercon kemasan kaleng ini sebagai oleh-oleh.

 

4. Bolu Batik

Siapa bilang batik cuma ada di baju? Batik bisa menjadi sesuatu yang kekinian ketika warisan budaya Indonesia ini digabungkan dengan dunia pekulineran. Seperti Bolu Gulung Batik yang lapisan luarnya terdapat motif batik dari ciri khas kota Jogja. Bolu Gulung Batik juga dibuat dengan berbagai varian rasa, salah satunya rasa blueberry yang diisi dengan selai blueberry dan lapisan keju. Perpaduan rasa blueberry dan keju dalam Bolu Gulung Batik ini menjadikan bolu gulung ini memiliki cita rasa yang berbeda dan menjadi salah satu pilihan oleh-oleh yang wajib dibeli.

 

5. Bakpia Green Tea Omiyago

Ngomongin oleh-oleh khas Jogja, bakpia nggak boleh ketinggalan pastinya. Sebagai salah satu kue tradisional yang khas, isi bakpia paling umum memang menggunakan kacang hijau. Namun bakpia dari Jogja sekarang isinya juga bervariasi seperti keju, kacang merah, matcha, bahkan susu. Nah, cobain yang kekinian dan juga berbeda dari OMIYAGO, yaitu Bakpia Green Tea Omiyago yang dikemas dengan kemasan lebih eksklusif sehingga tetap tahan lebih lama meski tanpa bahan pengawet. 

Wah, banyak ya ternyata oleh-oleh makanan khas Jogja yang dibuat lebih kekinian? Jadi sekarang Omiyagoes bisa punya banyak pilihan lagi saat mau cari ide oleh-oleh, langsung aja yuk, cek di website OMIYAGO.

 

Share this Post: