Image-1510283770

Hey omiyagoes! Kali ini kita mau ngebahas kopi. Siapa sih yang tidak mengenal dan menyukai kopi?

Dari kalangan tua, dewasa, dan remaja banyak yang menyukai kopi. Bahkan sekarang ngopipun dijadikan sebagai gaya hidup, seperti pagi hari harus ngopi agar segar dan tidak mengantuk, ketika siang hari para pekerja memilih minum kopi agar fresh kembali pikiran mereka, dan para remajapun banyak yang memilih untuk hangout/nongkrong bersama teman-temannya di sebuah kedai kopi. Dan karena kopi ini sendiri sangat banyak penyukanya, sehingga di indonesia sudah banyak dijadikan lahan bisnis yang bagus, seperti mebuat kedai kopi, membuat produk kopi baru, dan lain-lain. Omiyago akan menjelaskan sebenarnya apa itu kopi.

Kopi adalah minuman hasil seduhan biji kopi yang telah disangrai dan dihaluskan menjadi bubuk. Kopi merupakan salah satu komoditas di dunia yang dibudidayakan lebih dari 50 negara. Dua varietas pohon kopi yang dikenal secara umum yaitu Kopi Robusta (Coffea canephora) dan Kopi Arabika (Coffea arabica).

Pengen tau apa saja jenis kopi asli indonesia? Cek dibawah ini ya omiyagoes !

1.     Kopi Toraja

 

Kopi yang berasal dari tana toraja ini adalah kopi paling terkenal di Indonesia. Kopi dengan cita rasa khas ini memiliki rasa yang tidak terlalu pahit dan tingkat keasaman yang lebih rendah. Kamu penyuka arabika ataupun robusta masih bisa mencicipi rasa khas kopi Toraja.

2.    Kopi Aceh

Kopi Aceh memang telah menjadi andalan Indonesia dalam hal produksi dan keunggulan mutu. Pasalnya sekitar 40 persen biji kopi Arabica tingkat premium dari total panen kopi di Indonesia merupakan hasil produksi dari daerah Aceh. Produksi Perkebunan Rakyat di Aceh pada tahun 2010 mencapai 50.774 ton. Produksi kopi di Indonesia setiap tahunnya rata-rata mencapai 600 ribu ton dan lebih dari 80 persen produksi biji kopi tersebut berasal dari seluruh perkebunan rakyat di Indonesia. Salah satu variannya yang terkenal adalah kopi aceh gayo

3.    Kopi Sumatera

 

Kopi Sumatera merupakan salah satu varietas kopi yang berasal dari Sumatera yang bertekstur paling halus dan bercita rasa paling berat dan kompleks di antara beragam kopi di dunia. Sebagian besar kopi Sumatera diproses secara kering (dry-processed), tetapi sebagian lagi melalui proses pencucian ringan (semi-washed). Kopi Sumatera sangat terkenal dengan Mandheling atau Lintong-nya yang tumbuh di pesisir selatan pulau Sumatera.

4.   Kopi Jawa Barat

 

Kopi dari Jawa Barat bisa menyaingi rasa kopi Toraja, Aceh, dan Sumatera. Kopi Jawa Barat memiliki rasa fruity yang lebih manis, cita rasa kopi ini sekarang sedang naik daun dan banyak dicari. Salah satu kopi dari Jawa Barat adalah Kopi Fabriek.

5.    Kopi Flores

 

Dengan rasa medium tidak terlalu pahit atau asam, Kopi Flores Bajawa adalah salah satu kopi asal Flores yang sudah dikenal banyak pecinta kopi. Kopi ini juga biasanya memiliki aroma fruity dan sedikit bau tembakau pada after taste-nya.

6.    Kopi Bali

 

Bali juga dikenal sebagai salah satu produsen kopi asli Indonesia yang memiliki cita rasa unik. Kopi Bali memiliki cita rasa buah-buahan yang cenderung asam dan segar. Beberapa orang menyukai kopi Bali karena rasanya yang lebih lembut dan tidak berat. Salah satunya adalah Kopi Kintamani.

7.    Kopi Papua

 

Kopi Papua Wamena dengan cita rasa ringan dan memiliki keharuman yang kuat banyak disukai oleh pecinta kopi. Kualitas Kopi Papua nggak kalah dengan kopi yang berasal dari perkebunan di Sumatera atau Jawa. Kamu yang suka sama rasa kopi ringan dan lembut pasti akan jatuh cinta dengan kopi Papua.

8.    Kopi Luwak

Kopi Luwak adalah seduhan kopi menggunakan biji kopi yang diambil dari sisa kotoran luwak/musang kelapa. Biji kopi ini diyakini memiliki rasa yang berbeda setelah dimakan dan melewati saluran pencernaan luwak. Kadar kafeinnya yang rendah juga menjadikan kopi luwak ini bisa dinikmati oleh siapa saja. Keunikan pengolahan Kopi Luwak menjadikan harganya melambung tinggi dan susah dicari.

Ternyata Indonesia kaya akan hasil alamnya ya, salah satunya ya kopi-kopi di atas. Jadi bersyukurlah kita jadi warga Indonesia. Tetap jaga kelestariannya dan selamat mencicipi kopi asli Indonesia. Temukan dengan mudah hanya di Omiyago.com!

Share this Post: