Image-1561349501

Pic by : reddoorz

Jalan-jalan ke kota Jakarta dan berkeliling ke berbagai sudut kotanya, ada begitu banyak tempat menarik mulai dari city tour sampai wisata belanjanya. Eits, meski Jakarta sekarang sudah jadi kota metropolitan kegiatan yang bisa kita lakukan nggak cuma main ke mall atau nongrong di kafe saja lho Omiyagoes, masih banyak tempat kece yang bisa dikunjungi salah satunya jalan-jalan ke tempat wisata sejarah. Selain jalan-jalan dan belajar, berwisata ke berbagai situs bersejarah juga akan membuat jiwa nasionalis Omiyagoes tergugah. Ingin tahu apa saja tempat wisata sejarah di Jakarta? Yuk langsung simak ulasan berikut.

1. Kota Tua

Foto dok : Shutterstock

Kawasan Kota Tua punya begitu banyak peninggalan sejarah dari zaman VOC. Selain bangunan-bangunan lama yang menyimpan penuh cerita, Omiyagoes juga bisa mampir ke Museum Fatahillah dan Museum Bank Mandiri sambil jalan-jalan dan menilik lagi sejarah masa silam. Di kawasan ini Omiyagoes juga bisa melihat penjara bawah tanah tempat dulu pahlawan seperti Pangeran Diponogoro dikurung pada masa penjajahan Belanda. Di sini Omiyagoes bisa merasakan atmosfer yang akan membawa kita ke Jakarta zaman dulu ketika masih bernama Batavia pada masa kolonial. Semakin mengikuti perkembangan zaman, sekarang Omiyagoes juga bisa menemukan berbagai kafe dan sentra seru di Kawasan Kota Tua untuk melepas dahaga setelah berjalan-jalan.

2. Monumen Nasional (Monas)

foto dok : Kaskus

Buat Omiyagoes yang sehari-harinya bekerja di tengah kota Jakarta pasti sudah nggak asing dengan Monas. Bisa jadi tiap hari saat akan ke kantor Omiyagoes juga sering melihat dari jauh puncak tugunya yang menjulang itu. Yup! Monas, salah satu objek wisata bersejarah yang pasti pernah Omiyagoes kunjungi saat sekolah dulu. Kira-kira sudah berapa tahun yang lalu ya? Nggak ada salahnya lho buat menyambangi lagi kawasan ini, apalagi sekarang sudah makin tertata rapih dan bisa jadi area untuk jogging maupun bersepeda. Monas memiliki tugu emas yang mirip seperti kobaran api ini menyimpan rekaman suara asli Presiden Soekarno saat membacakan Naskah Proklamasi Kemerdekaan RI. Dengan tinggi 132 meter, Omiyagoes juga bisa melihat sambil menikmati keindahan Ibu Kota dari ketinggian.

3. Museum Perumusan Naskah Proklamasi

foto dok : kompas.com

Ingin kembali ke masa-masa sebelum kemerdekaan dan mengetahui sejarah perumusan teks proklamasi? Plihan yang tepat buat mengunjungi Museum Perumusan Naskah Proklamasi nih, Omiyagoes. Gedung ini menempati bangunan tua bergaya arsitektur Art Deco a la Eropa. Saat berkunjung, di dalamnya Omiyagoes bisa menemukan beberapa ruang yang dulu digunakan sebagai tempat perumusan, pengesahan dan pengetikan teks proklamasi. Sudut-sudut di gedung yang dulunya merupakan rumah Laksamada Tadashi Maeda di era pendudukan Jepang ini juga sekarang bisa jadi tempat menarik untuk berswafoto lho. Sambil berkeliling Omiyagoes bisa merasakan langsung bagaimana suasana zaman dulu saat keadaan genting dan mendesak untuk memploklamirkan kemerdekaan. Wah selain dapat ilmu, bisa dapat foto-foto epic di gedung tua juga kan Omiyagoes?

4. Pelabuhan Sunda Kelapa

foto dok : pinterest

Pelabuhan Sunda Kelapa jadi tempat tersibuk pada masa kolonial Belanda, tempat di mana kapal-kapal dari luar pulau Jawa datang. Pelabuhan tertua ini dikelilingi juga dengan situs sejarah seperti Museum Fatahilah, Museum Wayang, Museum Bahari, dan beberapa museum lain. Makanya, kalau ke Pelabuhan Sunda Kelapa Omiyagoes bisa sekalian nih berkunjung ke beberapa museum tadi. Akan terasa bagaimana suasana pelabuhan dengan pemandangan kapal-kapal besar saat berkunjung ke sini. Nggak cuma bakal nostalgia, Omiyagoes yang hobi fotografi bisa menemukan berbagai angle foto menarik di sini. 

5. Museum Satria Mandala

Foto dok : trendmap

Kalau tadi Omiyagoes sudah mengunjungi banyak situs sejarah dari zaman Belanda hingga pra kemerdekaan, selanjutnya perlu juga nih mengenal sejarah perjuangan Tentara Nasional Indonesia (TNI) di Museum Satria Mandala. Museum yang diresmikan tahun 1972 oleh Presiden Soeharto ini dulunya merupakan rumah istri Presiden Soekarno, Ratna Sari Dewi Soekarno. Kalau berkunjung ke sini, Omiyagoes bisa menemukan berbagai peralatan perang yang pernah dipakai prajurit TNI dari zaman dulu hingga modern. Macam-macam peralatan perang yang ada di museum ini diantaranya seperti koleksi ranjau, torpedo, tank, meriam, bahkan helikopter dan pesawat terbang. Nggak cuma itu, berbagai benda sejarah yang berhubungan dengan TNI dalam melakukan perlawanan juga ada semua di sini.

Gimana? Jakarta ternyata nggak cuma punya mall dan kafe hits saja kan Omiyagoes? Kalau berencana mengunjungi wisata sejarahnya, Jakarta punya banyak tempat menarik buat dikunjungi akhir pekan nanti. Jadi Omiyagoes akan buat rencana mengunjungi tempat wisata sejarah di Jakarta yang mana dulu nih? Jangan lupa beli oleh-oleh khas Kota Jakarta juga ya, Omiyagoes. Nah, kalau mau jalan-jalannya lebih maksimal, beli oleh-oleh khas Kota Jakarta di OMIYAGO aja.

Share this Post: