Image-1497250624

Manfaat Buah Kurma

Selain untuk berbuka puasa, buah kurma juga dijadikan sebagai bingkisan lebaran untuk keluarga tercinta. Di samping rasanya yang manis dan lezat, buah khas Timur Tengah ini juga mempunyai kandungan nutrisi yang lengkap.

Saat bulan puasa sepeti sekarang, banyak sekali buah kurma yang dapat kita temui disekitar lingkungan kita. Ya, di Indonesia sendiri memang buah kurma sangat ramai diminati masyarakat salah bulan Ramadhan seperti ini. Selain untuk berbuka puasa, buah kurma juga dijadikan sebagai bingkisan lebaran untuk keluarga tercinta. Di samping rasanya yang manis dan lezat, buah khas Timur Tengah ini juga mempunyai kandungan nutrisi yang lengkap.

Apasajakah kandungan itu? Berikut #omiyago coba rangkum untuk kamu:

1. Buah ini kaya akan gula alami, yaitu glukosa, fruktosa, dan sukrosa. Jenis gula yang terdapat pada kurma merupakan hasil pengolahan secara alami dan tidak berbahaya bagi kesehatan. Kandungan gula ini adalah sumber energi yang cepat untuk mengembalikan energi yang terkuras setelah beraktivitas. Jadi buat kamu yang sudah berpuasa seharian sangat cocok untuk berbuka dengan buah kurma ini. Selain cocok untuk berbuka puasa, makan buah kurma juga bisa menjadi santap saur kamu supaya puasanya jadi lebih kuat lho! Yaitu dengan cara makanlah buah kurma sebagai penutup makan saur kamu.

2. Kurma merupakan sumber antioksidan yang sangat bagus. Dimana fungsi antioksidan sendiri melindungi tubuh dari radikal bebas yang dapat menyebabkan kanker. Secara tidak langsung, mengkonsumsi buah kurma juga membantu diri Anda terhindar dari resiko berbagai jenis kanker. Zat-zat fitokimia yang terdapat pada kurma antara lain polifenol, sterol, tanin, dan karoten.

3. Kurma merupakan buah yahng kaya akan kandungan kalium. Seperti yang kita tahu salah satu fungsi kalium adalah menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah karena dapat menstabilkan denyut jantung, mengaktifkan kontraksi otot-otot jantung, dan mengatur tekanan darah.

4. Meningkatkan daya ingat dan juga meningkat kinerja otak. Hal ini karena kandungan kalium yang tinggi pada kurma dapat melancarkan distribusi oksigen ke otak dan memperlancar keseimbangan cairan tubuh.

5. Kurma mengandung asam salisilat yang bermanfaat untuk kecantikan kulit. Dalam dunia kecantikan, asam salisilat juga digunakan untuk membersihkan kulit dari berbagai masalah seperti jerawat, komedo dan kelebihan minyak.

Itu tadi beberapa manfaat mengkonsumsi buah kurma, jadi sebenarnya kurma tidak hanya sebagai sajian khas saja pada saat bulan puasa saja lho! Namun kamu juga bisa mengkonsumsinya setiap hari untuk kesehatan tubuh.

 

Share this Post: