Image-1501211417

Makanan Yang Harus Dihindari Bagi Penderita Maag

Sakit maag adalah penyakit pada lambung yang diakibatkan oleh peradangan selaput lambung. Penyebab maag cukup beragam, namun biasanya berkisar dari infeksi bakteri, alkoholisme, luka traumatis, dan penggunaan obat pereda rasa sakit yang berlebihan.

Jika tidak diobati, maag dapat memicu timbulnya bisul di lambung dan bahkan kanker lambung. Untuk menghindari agar tidak semakin parah, kamu juga harus menjaga pola makan, usahan untuk tidak telat makan dan tidak makan sembarangan. Ada beberapa makanan yang harus dihindari untuk kamu penderita maag.

1. Makanan Pedas

 

Bagi masyarakat Indonesia, tidak terasa makan jika tidak pedas. Namun, buat kamu penderita sakit maag, usahakan untuk tidak mengkonsumsi makanan pedas. Karena rasa pedas akan memicu asam lambung yang dapat melukai lambung kamu. Selaput lambung yang rusak akibat maag akan memberontak jika terkena pedas.

2. Kafein

 

Minuman mengandung kafein juga harus dihindari oleh penderita maag, atau yang berisiko terkena maag. Karena kafein cenderung meningkatkan keasaman pada lambung, sehingga akan memperburuk keadaan.

3. Makanan Asam

 

Mungkin kita sudah nggak asing lagi dengan kata-kata ini “jangan makan yang asam ya kalua lagi kena maag”. Karena makanan dengan rasa asam akan membuat produksi asam lambungmu meningkat. Kamu yang menderita penyakit radang lambung akan merasakan efeknya bila memakan makanan asam. Jadi lebih baik dihindari dulu ya.

4. Sayur dan Buah Yang Mengandung Gas

 

Sayur dan buah memang sangat baik untuk dikonsumsi, namun ada beberapa sayur dan buah yang tidak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh penderita maag yaitu, sayur dan buah yang mengandung gas seperti sawi, kol/kubis, nangka, nanas, rambutan, durian, kedondong, pisang ambon.

Itu tadi beberapa makanan yang harus kamu hindari jika kamu menderita sakit maag. Tetap jaga kesehatan ya Omiyagoes~

Share this Post: