Image-1556877080

Foto dok : Travel Today

Semarang, kota dengan pesona memikat mulai dari tatanan kota peninggalan era Belanda bersama bangunan bersejarah hingga wisata alamnya. Kota Semarang juga menjadi salah satu destinasi liburan yang menarik lho, Omiyagoes. Kalau Omiyagoes berniat berlibur ke Kota Lumpia ini, berikut OMIYAGO rangkum beberapa tempat wisata populer di Semarang yang wajib buat Omiyagoes kunjungi. Yuk langsung disimak!

1. Kawasan Kota Lama Semarang

Foto dok : Seputar Semarang

Arsitektur peninggalan masa silam dari era Hindia Belanda yang ada di Kawasan Kota Lama Semarang ini jadi sebuah lokasi jalan-jalan menarik nih, Omiyagoes. Apalagi kalau keliling tempat ini dengan menyewa becak meskipun di siang hari dan cuaca sedang terik. Melewati bangunan lama bergaya Eropa di kawasan ini akan membawa Omiyagoes kembali ke masa lalu. Tak jauh dari Kawasan Kota Lama Semarang, Omiyagoes bisa menemukan Gereja Bleduk yang merupakan bangunan gereja tua berbentuk kubah yang unik.

Nah, beberapa tahun terakhir Kawasan Kota Lama jadi semakin rapih dan tertata lho. Bahkan di sini juga sudah ada Old City 3D Art Museum Semarang yang bisa Omiyagoes datangi untuk mendapatkan foto-foto yang instagenic! Nah, kalau lapar setelah jalan-jalan, di sekitaran Kota Lama Semarang Omiyagoes bisa langsung kulineran juga. Ada banyak tempat makan mulai dari angkringan sampai restoran seperti Tekodeko Koffiehuis, Loenpia Gang Lombok, Rumah Makan Singapore, Warung Soto Bangkong, hingga Kedai Beringin yang bisa jadi pilihan berkuliner ria.

Alamat : Jalan Letjen Suprapto No 22, Kota Semarang, Jawa Tengah

Tiket Masuk : Tanpa tiket masuk

Jam Buka : 24 Jam

2. Klenteng Sam Po Kong

Foto dok : oneforonethousand.wordpresss.com

Klenteng Sam Po Kong yang berlokasi di Jalan Simongan, Bongsari, Semarang Barat ini memang identik banget sama sejarah. Lokasi Klenteng ini dulunya pernah menjadi tempat persinggahan dan pendaratan pertama Laksamana Cheng Ho, seorang penjelajah terkenal dari Tiongkok. Tempat ini sekarang bisa jadi lokasi foto yang instagramable dengan nuansa khas warna merah bangunannya.

Di sini Omiyagoes juga bisa menyewa pakaian tradisional khas China di dekat loket utama. Sebaiknya Omiyagoes datang pada sore hari karena kalau siang cuaca Semarang sangat terik. Semburat sinar matahari sore yang keemasan di tempat ini membuat hasil foto Omiyagoes akan terlihat semakin bagus lho. Sekalian deh, usai mengunjungi Klenteng Sam Po Kong menjelang malam Omiyagoes bisa wisata kuliner di sekitar sini.

Alamat : Jl. Simongan No.129, Bongsari, Kota Semarang, Jawa Tengah

Harga Tiket : Rp 5.000

Jam Buka : 08.00 – 20.00 WIB

3. Pagoda Avalokitesvara

Foto dok : templezone.com

Pagoda Avalokitesvara adalah tempat populer dan instagenic lainnya yang wajib Omiyagoes kunjungi karena bangunannya bisa jadi latar foto Omiyagoes yang ciamik! Pagoda Avalokitesvara yang ada di komplek Vihara Buddhagaua Watugong ini terdiri dari 7 tingkat, makanya nggak heran kalau gedung ini terlihat menjulang dari jauh. Tiap tingkat terdapat empat buah patung Dewi Kwan Im yang menghadap ke empat penjuru mata angin.

Saat berkunjung ke Pagoda Avalokitesvara, Omiyagoes bisa sekalian nih mengunjungi bangunan lain yang ada di komplek Vihara Buddhagaua Watugong. Omiyagoes bisa melihat patung Buddha di bawah pohon Bodhi (Ficus Religiosa) tak jauh dari pagoda. Komplek Vihara Buddhagaya Watugong yang dibangun tahun 1955 ini memang bersejarah banget bahkan setelah keruntuhan Majapahit tempat ini adalah vihara pertama yang ada di Indonesia.

Alamat :

Jalan Perintis Kemerdekaan, Pudakpayung, Banyumanik, Kota Semarang, Jawa Tengah

Harga Tiket : Sumbangan seikhlasnya

Jam Buka : 07.00 – 21.00 WIB

4. Umbul Sidomukti

Foto dok : tendon Indonesia

Melihat panorama Semarang dari atas Umbul Sidomukti yang ada di kaki Gunung Unggaran bakalan cocok banget buat Omiyagoes yang sedang membutuhkan suasana yang tenang dan asri. Di sini berbagai macam aktivitas seru bisa Omiyagoes lakukan bareng keluarga maupun sahabat karena ada wahana outbound yang akan menguji adrenalin yaitu dengan menyebrangi lembah dengan jembatan tali menggantung dari dasar lembah.

Kalau hanya ingin bersantai-santai, Omiyagoes juga bisa berenang di kolam yang airnya berasal dari pegunungan. Pemandangan sekitar kolam sejuk ini bagus banget lho, karena Umbul Sidomukti memang letaknya di lereng bukit. Oh ya, kalau ingin berlibur ke sini dan menginap coba reservasi tempat dulu ya, apalagi saat hari libur karena selalu ramai oleh pengunjung. Sebaiknya jika memang ingin leluasa berlibur, pilih waktu saat low season ya Omiyagoes.

Alamat :

Desa Sidomukti Jimbaran, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah

Tiket Masuk : Rp 10.000 – Paket Outbond Rp 40.000

Jam Operasional : 08.00 – 17.00

5. Candi Gedong Songo

Foto dok : Pinterest Moch Chasan

Hawa dingin di pegunungan bisa Omiyagoes nikmati saat berkunjung ke tempat ini. Yup! Candi Gedong Songo yang terkenal sebagai objek wisata populer di Semarang ini terdiri dari lima bagian komplek candi. Kompleks bangunan Candi Gedong Songo merupakan candi peninggalan dari agama Hindu. Seperti namanya dalam bahasa Jawa, songo yang berarti sembilan, ada sembilan buah candi yang letaknya berada di lereng Gunung Unggaran ini.

Panorama bukit dan gunung membuat komplek Candi Gedong Songo ini sangat bagus untuk jadi latar foto. Apalagi di sini Omiyagoes bisa menyewa kuda untuk sampai ke komplek Candi Gedong Songo 2. Cukup dengan membayar sekitar Rp 25.000 – Rp 75.000 Omiyagoes bisa berkeliling kawasan Candi Gedong Songo 2. Kalau ke bagian komplek Candi Gedong Songo 3, Omiyagoes juga bisa menemukan kawasan pemandian air panasnya. Setelah berkeliling sambil menunggangi kuda dan berendam di pemandian air panas, jangan lewatkan juga kulineran di sekitar Candi Gedong Songo seperti mencoba sate kelinci dan minuman ronde hangat.

Alamat :

Krajan, Candi, Bandungan, Semarang, Jawa Tengah

Tiket Masuk : Rp 10.000

Jam Buka : 06.30 – 18.00

Nah gimana, menarik banget kan? Ada banyak wisata populer di Semarang mulai dari bangunan bergaya arsitektur jadul, belajar sejarah, wisata kuliner, sampai mengunjungi vihara pertama di Indonesia. Langsung aja rencanakan liburan Omiyagoes ke kota Semarang yuk dan jangan lupa kalau jalan-jalan bawa oleh-oleh khas Semarang juga ya. Tapi kalau tidak ingin repot bawa oleh-oleh dan kelebihan bagasi, buka aja web OMIYAGO dan temukan pilihan oleh-oleh khas Semarang.

Share this Post: