Image-

Lima Tempat Wisata Wajib di Pontianak

1. Tugu Khatulistiwa

Foto dok : Travel Today

Tugu Khatulistiwa jadi tempat pertama yang wajib untuk Omiyagoes kunjungi kalau ke Pontianak. Di mana istimewanya tempat ini merupakan monumen tanda bahwa Indonesia menjadi lintasan garis khatulistiwa. Apalagi hanya ada 12 negara di dunia yang dilintasi garis khatulistiwa. Kompleks bangunan Tugu Khatulistiwa ini sudah ada sejak tahun 1928 setelah rombongan ekspedisi internasional dari Belanda tiba di Pontianak untuk menetapkan titik khatulistiwa. Setelah era kemerdekaan, tugu ini disempurnakan pada tahun 1990 hingga dibuat dalam bentuk kubah dan duplikat tugu berukuran lima kali lebih besar dari aslinya.

2. Vihara Bodhidattva Karaniya Metta

Foto dok : Jejak Pontianak

Selanjutnya ada Vihara Bodhidattva Karaniya Metta yang merupakan salah satu situs budaya di Pontianak, wajib untuk jadi tujuan wisata Omiyagoes. Letaknya berada di Jalan Sultan Muhammad Kampung Darat Sekip, Pontianak Kota, tak jauh dari Kompleks Pertokoan Kapuas Indah. Dibangun pada era Dinasti Kang Hie tahun 1645 – 1772, dulunya tempat ini dikenal dengan sebutan Klenteng tiga atau Thian Hou Keng. Sembari melihat bagaimana aktivitas orang beribadah di dalamnya, Omiyagoes bisa juga menyaksikan atmosfer kesibukan di kawasan luar vihara di mana ada lalu lalang bus hingga kapal motor saat bongkar muat di tepian Sungai Kapuas yang lokasinya memang bersebelahan dengan vihara.

3. Keraton Kesultanan Kadariyah

Foto dok : rentalbuspariwisatapontianak

Bukan hanya Yogyakarta lho Omiyagoes yang punya istana Kesultanan, ada Keraton Kesultanan Kadariah yang merupakan istana Kesultanan Pontianak yang dibangun pada abad ke-17 dan masih terawat. Menjadi objek wisata sejarah yang mengagumkan, Sayyid Syarif Abdurrahman Alkadri merupakan sultan pertama yang tinggal di istana ini. Warna kuning mencolok mendominasi bangunan yang terbuat dari kayu. Pada bagian depan Keraton Kesultanan Kadariah Omiyagoes bisa menemukan 13 meriam kuno buatan Portugis dan Perancis. Terdapat barang antik seperti cermin dari Perancis, benda kuno, foto keluarga sultan hingga benda perhiasan yang turun-temurun digunakan.

4. Masjid Jami Pontianak

Foto dok : Indonesia Kaya

Masih dengan wisata sejarahnya, kalau ingin mengenal peradaban dan bagaimana penyebaran Islam di Borneo, Omiyagoes harus mengunjungi Masjid Jami Pontianak. Masjid tertua dan terbesar di Pontianak ini menjadi satu dari dua bangunan pertanda berdirinya kota Pontianak pada 1771 M, selain Keraton Kadariyah. Pendiri masjid ini, Syarif Abdurrahman merupakan sekaligus pendiri kota Pontianak. Masjid yang dibangun aslinya beratap rumbia dan konstruksinya dari kayu. Pada sisi kiri pintu masuk masjid, terdapat pasar ikan tradisional. Sementara di bagian belakangnya merupakan permukiman padat penduduk Kampung Beting.

5. Rumah Radakng

Foto dok : Borneo Channel

Rumah adat terbesar di Kalimantan Barat ini juga wajib jadi tempat yang Omiyagoes datangi saat ke Pontianak. Sebagai salah satu replika rumah adat suku Dayak, Rumah Radakng ini juga menjadi tempat anak muda sekitar melakukan aktivitas sanggar seni kebudayaan Dayak. Ciri khas dari rumah adat ini adalah memiliki kolong atau pondasi rumah yang tinggi untuk perlindungan binatang buas dan musuh. Bagian atap bangunannya memiliki bentuk arsitektur unik khas Kalimantan. Nggak cuma bakal melihat rumah tradisional khas Kalimantan, ornamen khas yang ada di pintu juga bisa Omiyagoes jadikan latar untuk berfoto lho.

Jadi makin penasaran untuk mengenal sejarah dan budaya kota Pontianak kan Omiyagoes? Ternyata selain kulinernya yang terkenal enak, Pontianak juga masih punya berbagai bangunan unik, bersejarah yang bisa didatangi. Seusai jalan-jalan di seputar kota, jangan lupa untuk beli oleh-olehnya juga Omiyagoes. Tapi kalau nggak mau repot, Omiyagoes bisa kok beli oleh-oleh khas Pontianak di OMIYAGO. Jadi saat pulang nggak akan ribet nenteng kelebihan bagasi di kabin pesawat. Yuk langsung aja cek ke website OMIYAGO.

Share this Post: