Image-1555578379

Foto by jadiberita.com

Menikmati suasana berbeda saat jalan-jalan di kota Cirebon sambil berkuliner ria dan memandang temaran cahaya lampu kota di malam hari. Tak hanya di bagian kotanya saja Omiyagoes juga bisa datang ke wilayah perbukitan di Cirebon untuk mencoba makanan khas. Seperti beberapa ide saat berburu wisata kuliner malam di Cirebon versi OMIYAGO berikut ini!

1. Bukit Gronggong

foto dok : wisatacirebon.org

Berada di daerah dataran tinggi, pemandangan dari atas Bukit Gronggong saat malam akan menyuguhkan gemerlapnya Kota Cirebon. Menjadi tempat yang romantis untuk menikmati suasana malam bersama pasangan sambil menikmati sajian di berbagai restoran sekitar Bukit Gronggong. Sejak matahari mulai terbenam, tempat ini juga memberikan tampilan senja yang mengagumkan.

Apalagi perbukitan yang indah di perbatasan antara Cirebon dan Kuningan ini bisa digapai dengan mudah memakai aplikasi peta di ponsel Omiyagoes menuju daerah Gronggong Ciperna, bagian selatan Cirebon. Selain itu kawasan ini dibuka 24 jam penuh dan berbagai fasilitas seperti parkir, rumah makan, musholla, dan kamar mandi terbilang memadai.

2. British American Tobacco (BAT) Cirebon

foto dok : Instagram ryandimy

Menikmati suasana malam di gedung tua bekas pabrik rokok sambil wisata kuliner bisa Omiyagoes lakukan di Cirebon. Ada British American Tobacco (BAT) Cirebon yang beberapa tahun belakangan telah menjadi pusat kuliner di Cirebon. Nah, kalau datang ke sini sore-sore menjelang malam tidak hanya jajanan khas Cirebon, banyak juga street food yang selalu jadi favorit orang-orang seperti mi ayam, bakso, sampai es duren dan es kopi terasa spesial berkat atmosfer Kota Cirebon yang beda.

Meski British American Tobacco ini merupakan bangunan tua, hingga sekarang tempat ini masih terawat dan jadi salah satu ikon kota Cirebon. Gedung BAT juga bisa jadi spot Omiyagoes buat foto-foto Instagenic. Langsung aja, yuk kalau nggak sabar meluncur ke Jalan Pasuketan Lemahwungkuk Cirebon untuk memanjakan perut Omiyagoes.   

3. Alun-Alun Kejaksan Kota Cirebon

Foto dok : kompasiana

Belum sah rasanya datang ke suatu kota kalau nggak mendatangi bagian alun-alunnya. Begitu juga saat ke kota Cirebon. Nah, saat Omiyagoes melihat suasana malam alun-alun kota, bisa sekalian nih berburu kuliner malam di sekitar sini. Ada Sate Kalong, Tahu Gejrot, sampai jajanan kaki lima murah meriah yang sayang kalau terlewatkan.

Selain bakal ada jajanan jalanan yang enak, ada juga lho Empal Gentong Krucuk, sebuah warung makan yang menjual empal gentong makanan khas Cirebon. Beberapa rumah makan yang menyajikan menu khas Cirebon lainnya juga ada di sini. Misalnya Nasi Jamblang Bu Nur  yang ada di Jalan Cangkring II, sekitar 3 KM dari Alun-Alun Kejaksan. Harus banget coba nih karena ada aroma khas dari daun jati yang jadi alas nasi jamblang. 

4. Wisata Kuliner Malam di Jalan Kartini Cirebon

Foto dok : TripAdvisor 

Nah, nggak jauh dari Alun-alun, kalau menuju ke arah kota di Jalan Kartini, Omiyagoes juga akan menemukan deretan pedagang kaki lima yang berjualan hingga tengah malam. Sebagai salah satu pusat keramaian di Cirebon, Jalan Kartini di kota Cirebon adalah tempat muda-mudi menghabiskan waktu malamnya.

Di sepanjang jalan ini Omiyagoes bisa menemukan mulai dari kedai kopi, warung susu, rumah makan yang hampir semuanya buka 24 jam. Kedai kopi di sini pun tampil dengan sisi yang instagenic dengan memajang berbagai sisi art-photography seperti lukisan dan berbagai benda seni lainnya. Kalau lagi beruntung, saat datang di malam tertentu, Omiyagoes bisa mendengar bunyi-bunyian merdu gamelan Tayuban.

5. Wisata Kulineran Malam Sate Kalong

Foto dok : kumparan.com

Khusus buka pada malam hari, Omiyagoes bisa menemukan Sate Kalong yang ada di berbagai tempat di Cirebon. Salah satunya rumah makan Sate Kalong yang ada di Jalan Kesambi Dalam No 102, Cirebon. Sate di sini dibuat menggunakan daging kikil kerbau, terbayang bagaimana rasa khas Sate Kalong dengan rasa manis dan tekstur daging kerbaunya. 

Dibumbui dengan kacang yang dihaluskan dengan tambahan sedikit sambal pedas, cita rasanya pun makin terasa nikmat. Apalagi dimakan selagi panas begitu selesai dipanggang dengan api arang yang beraroma. Rasanya nggak akan terlupakan berwisata kuliner malam di Kota Cirebon.

Walaupun hanya kota kecil, wisata kuliner malam di Cirebon menarik banget ya Omiyagoes. Cirebon bisa banget untuk dijadikan daftar destinasi liburan. Selain liburan, jangan lupa bawa oleh-oleh khas-nya juga Omiyagoes. Kalau nggak sempat, bisa lho pesan lewat OMIYAGO karena ada banyak pilihan makanan khas Cirebon yang bisa Omiyagoes jadikan oleh-oleh seperti Sirup Mangga Gedong, Sambal Goreng Jambal, hingga Kecimpring. Yuk langsung meluncur ke website OMIYAGO.

Share this Post: