Image-1567159062

Pic by youtube maxresdefault

Indonesia terkenal akan wisata baharinya dengan gugusan pulau dan garis pantai indah untuk ditelusuri. Belum lagi surga tersembunyinya, keindahan bawah laut yang bagi para penyelam seperti surga dengan keragaman habitat ikan dan terumbu karang di dalamnya. Pesona kecantikan alam ini yang menjadi daya tarik bagi para pelancong sejati, nggak terkecuali untuk Omiyagoes yang hobi diving kan? Mau mengeksplor kedalaman laut Indonesia yang menawan? Yuk simak 5 tempat wisata tersembunyi di Indonesia.

1. Pulau Menjangan – Bali

foto dok : tourbanyuwangi.com

Kalau ngomongin pulau Bali, mungkin kebanyakan orang akan bilang sebagai wisata yang mainstream. Tapi, masih banyak lho Omiyagoes, lokasi wisata di Bali yang masuk kategori surga tersembunyi dan belum begitu populer bagi wisatawan. Seperti pulau Menjangan yang ada di sisi Barat Bali untuk para pecinta snorkeling dan diving yang masuk menjadi 10 spot terbaik untuk snorkeling di dunia menurut News Discovery. Memang untuk menuju pulau Menjangan Omiyagoes mesti extra usaha dulu nih, namanya juga surga tersembunyi kan? Dari wilayah Kuta perjalanan ditempuh selama 3 jam ke tempat penyebrangan ke pulau Menjangan. Nah, dari situ kira-kira 20 menit ditempuh dengan naik kapal. Dengan perjalanan sejauh itu tentu saja Omiyagoes disarankan untuk menginap dengan waktu kunjungan terbaik ke pulau ini di bulan Appril hingga November.

2. Kepulauan Derawan – Kalimantan Timur

foto dok : the classic wanderer

Di bagian pulau Kalimantan, Omiyagoes juga bisa menemukan surga bahari dengan mengunjungi Kepulauan Derawan. Untuk Omiyagoes yang hobi banget diving, tempat ini nggak hanya akan memanjakan mata karena dalam lautnya yang indah! Satwa langka seperti whale shark dan ubur-ubur yang tidak menyengat juga bisa Omiyagoes temui. Bahkan ada juga penangkaran penyu tempat Omiyagoes bisa melihat bayi-bayi tukik. Asiknya lagi saat ke Kepulauan Derawan ini Omiyagoes bisa sekalian hopping island di pulau sekitar yang punya harta karun tersembunyi seperti Goa Haji Mangku yang di dalamnya airnya jernih dan bisa jadi tempat berenang.

3. Raja Ampat – Papua Barat

foto dok : National Geographic Indonesia

Masih dengan keindahan bawah lautnya yang sudah terkenal di kalangan turis mancanegara, Raja Ampat masih menjadi surga tersembunyi di Indonesia bagi para penyelam. Apalagi infrastruktur yang sekarang sudah makin baik, Omiyagoes nggak perlu ragu lagi buat menyambangi Raja Ampat. Magic Mountain yang berada di daerah Misool adalah destinasi yang wajib Omiyagoes kunjungi karena sering menempati posisi nomor satu spot diving yang menyajikan keindahan biota laut. Dengan 610 gugusan pulau di Raja Ampat, Omiyagoes bakal dapetin pengalaman squba diving yang nggak terlupakan seumur hidup karena setidaknya ada 76 titik menyelam seperti Arborek, Mansuar Island, Chicken Reef, Mike’s Point, dan Blue Magic.

4. Pantai Ora – Maluku

foto dok : tripvacanza

Disebut memiliki keindahan yang serupa Maldives, Pantai Ora di Maluku harus banget nih jadi destinasi bagi Omiyagoes pecinta snorkeling dan diving. Akses yang cukup sulit untuk menuju Pantai Ora membuat para travellers harus menyediakan budget yang lumayan untuk transportasi tapi tetap sepadan kok dengan keindahan yang akan didapat. Ada pemandangan yang nggak bisa Omiyagoes dapatkan di tempat lainnya, kita bisa melihat langsung berkas cahaya yang masuk ke air membuat pemandangan laut sejernih kristal. Omiyagoes juga bisa langsung menceburkan diri dan berenang bebas dengan atau tanpa fin dan alat snorkel dari depan cottage. Nggak cuma itu, kalau main ke sini masih ada kegiatan lain yang bisa Omiyagoes lakukan seperti berkunjung ke Taman Nasional Manusela yang terletak di belakang Ora Beach Resort.

5. Banda Neira – Maluku

foto dok : aqua expeditions 

Pulau lain di Maluku yang nggak kalah indahnya dari Pantai Ora adalah Banda Neira. Di sekitar pulau Banda Besar, Omiyagoes juga bisa snorkeling ke Pulau Hatta dan diving ke beberapa spot diving dekat Kepulauan Banda Neira yang indah banget! Nggak sekadar mencicipi wisata bahari dari ekosistem laut wilayah Timur Indonesia aja lho, di sini Omiyagoes bisa sekalian wisata sejarah karena ada berbagai tempat seperti Benteng Belgica yang dulu dibangun oleh bangsa Portugis saat menjajah Indonesia dan Banda Neira yang juga menjadi tempat pengasingan Bung Hatta dan Sutan Sjahrir, tokoh penting saat era kemerdekaan. Makanya ada salah pulau di Banda Neira yang diberi nama pulau Hatta dan pulau Sjahrir.

Wisata bahari Indonesia memang nggak kalah dengan pesona wisata di luar negeri. Jadi surga tersembunyi sekaligus tempat menarik untuk Omiyagoes yang hobi snorkeling dan diving. Oh iya jangan lupa kalau jalan-jalan bawa oleh-oleh! Tapi kalau nggak ingin repot karena bagasi sudah penuh dengan peralatan snorkeling dan diving jangan khawatir, Omiyagoes bisa lho pesan oleh-olehnya di OMIYAGO.

Share this Post: