Image-1541745091

caption foto : flicker

 

Kota Surabaya, salah satu destinasi wisata kuliner yang wajib Omiyagoes kunjungi. Tempat yang dijuluki sebagai “Kota Pahlawan” ini memiliki sejarah kuliner Nusantara dengan aneka ragam alkulturasi kuliner Belanda-Indonesia dan juga produksi minuman lokal Surabaya yang masih bisa ditemukan hingga sekarang. Bahkan beberapa kuliner tersebut menjadi oleh-oleh ikonik dari kota Surabaya.

Mengingat Kota Surabaya dengan cerita sejarahnya, pasti akan langsung membangkitkan rasa nasionalisme Omiyagoes. Apalagi bulan ini ada moment Hari Pahlawan yang akan diperingati setiap 10 November, bisa jadi saat yang tepat untuk Omiyagoes yang punya rencana ingin ke Surabaya atau mencari oleh-oleh khas “Arek Suroboyo”. Simak yuk beberapa rekomendasi oleh-oleh ikonik kota Surabaya rekomendasi OMIYAGO berikut ini.


(1) Spikoe Brownies Pandan Livana Surabaya

Spikoe menjadi kue yang berkembang selama masa kolonial Belanda di Indonesia dan kini menjadi kue pilihan saat perayaan hari-hari besar seperti Lebaran, Natal, maupun Imlek. Rasanya yang khas berkat campuran rempah-rempah di dalamnya, perpaduan cengkeh, kayu manis dan kapulaga, membuat kue Belanda-Indonesia ini memiliki tekstur yang legit namun padat. Di Belanda, irisan kue ini disajikan sebagai hidangan penutup dalam jamuan rijsttafel, jamuan ala Hindia-Belanda yang memadukan etiket dan tata cara perjamuan resmi Eropa pada zaman kolonial. Menu ini pun masih popular di restaurant Indonesia di Belanda.

Penasaran dengan rasa Spikoe dan ingin membelikannya sebagai oleh-oleh? Tidak usah jauh-jauh pergi ke Belanda atau Surabaya, Omiyagoes bisa menemukan berbagai pilihan Spikoe. Salah satu rasa favorit pilihan OMIYAGO, adalah Spikoe Brownies Pandan Livana Surabaya yang dibuat dengan perpaduan rasa moka, sehingga sangat khas untuk dijadikan oleh-oleh saat ke Surabaya.


(2) Lapis Legit Cokelat Livana Surabaya

Banyak lapisan dengan rasa manis, itulah kue Lapis Legit yang begitu terkenal dari Surabaya. Kue hasil alkulturasi pengaruh kuliner Belanda-Indonesia ini dimodifikasi orang lokal kita dengan menambahkan berbagai rempah-rempah. Lapis Legit biasanya memiliki 18 lapisan atau lebih. Satu lapisan legit dibuat dengan menuangkan sedikit adonan ke dalam loyang, kemudian loyang tersebut dimasukan ke dalam oven untuk dipanggang. Loyang dikeluarkan dan proses diulang kembali hingga adonan habis.

Nah, kalau ingin Lapis Legit yang terkenal enak, OMIYAGO merekomendasikan Lapis Legit Cokelat Livana Surabaya yang kaya akan rasa cokelat di dalamnya. Dengan rasa manis cokelatnya itu, tiap lapis gigitan kue ini dijamin akan langsung buat Omiyagoes kepingin nambah lagi.


(3) Kue Blinjo


 

Kue kering oleh-oleh khas Surabaya ini berbeda dari kue kering sejenisnya, karena terbuat dari belinjo atau melinjo yang biasanya juga merupakan bahan dasar untuk membuat keripik emping. Dalam Kue Blinjo ada adonan kacang dan tepung yang sudah dicampur dengan belinjo. Tekstur dan ada rasa khas pahit belinjo membuat kue ini punya cita rasa unik. Bentuknya dibuat menyerupai nastar, namun tidak memiliki isian. Jenisnya yang merupakan kue kering, membuatnya tidak cepat basi. Kue Blinjo ini pun sangat cocok sebagai oleh-oleh yang bisa Omiyagoes temukan di OMIYAGO.


(4) Sirup Siropen

 

Sirup Siropen merupakan salah satu produk lokal yang diproduksi di Surabaya sejak tahun 1923, karena itu sirup ini menjadi oleh-oleh yang khas banget Surabaya. Sirupnya memiliki tekstur lembut dengan aroma yang sangat kuat. Biasa menjadi campuran pada minuman coffee blend juga sebagai bahan dasar beragam kue dan campuran es krim yang bisa menghasilkan tekstur lembut dari adonannya. Untuk mempertahankan ciri khas rasa dan aroma sirup, pembuatannya menggunakan gula pilihan yang sama seperti resep awalnya. Sekarang Sirup Siropen memiliki varian rasa seperti frambozen dan cocopandan. Cocok disajikan untuk hari perayaan khusus, Sirup Siropen bisa Omiyagoes temukan di OMIYAGO.


(5) Bebek Bumbu Kuning Djangkep


 

Surabaya menjadi salah satu “surga” bagi pecinta nasi bebek. Tapi kalau Omiyagoes belum bisa datang ke Surabaya atau sekedar kangen ingin makan nasi bebek, Bebek Bumbu Kuning Djangkep bisa jadi pilihan bebek khas Surabaya yang rasanya lezat. Bebek Djangkep diolah dengan menggunakan rempah-rempah bumbu kuning. Lalu bebek dimasukkan pada kemasan kedap udara agar lebih awet dan bisa dibawa sebagai oleh-oleh. Omiyagoes hanya tinggal menggorengnya saja, bebek ini pun sangat enak dimakan bersama nasi hangat dan sambal yang sudah tersedia dalam kemasan.

 

(6) Sambal Bu Rudy


 

Saat jalan-jalan ke Kota Surabaya pastinya sambal Bu Rudy tidak boleh ketinggalan sebagai oleh-oleh titipan teman maupun keluarga karena sambal ini merupakan oleh-oleh ikonik Kota Surabaya. Bahkan Sambal Bu Rudy ini juga bisa ditemukan di luar negeri. Memulai usahanya di tahun 2000, pemilik bisnis Sambal Bu Rudy sebenarnya adalah orang Madiun yang merantau ke Surabaya.

Cita rasa pedas yang khas membuat siapa saja yang mencicipi sambal ini pasti ketagihan. Apalagi Sambal Bu Rudy pun sekarang punya beberapa pilihan seperti sambal bajak, sambal bawang, dan sambal udang. Sambal yang dibuat tanpa pengawet ini dapat bertahan lama hingga 10 hari, cocok banget nih Omiyagoes untuk menjadikannya sebagai oleh-oleh khas Surabaya.

Ternyata Surabaya punya pilihan oleh-oleh yang variatif ya Omiyagoes? Langsung saja Omiyagoes, yuk pesan dan beli berbagai oleh-oleh tadi untuk teman terdekat dan keluarga kamu. Selamat mencoba!

Share this Post: