Image-1550829030

Foto by weheartit

Duduk berlama-lama sambil menyeruput kopi, sekadar ngobrol maupun bertemu dengan kolega untuk meeting di akhir sore jadi sebuah lifestyle yang sekarang merupakan kebiasaan orang urban di Jakarta. Makanya, nggak heran kalau makin banyak coffee shop bertebaran. Seperti yang ada di seputaran Cikini, Jakarta dengan histori maupun keunggulan kopinya.

1. Bakoel Koffie

Foto dok thefoodscape.com

Coffee shop ini menempati bangunan rumah toko kolonial tua di kawasan perumahan lama Menteng di Jakarta. Lokasinya yang strategis di dekat kantor pos lama "Kantor Pos" dan pusat seni pertunjukan "Taman Ismail Marzuki" telah menjadikan Bakoel Koffie tempat ikonik untuk berkumpul, bertemu, bekerja, atau sekadar menjelajahi internet sambil menyeruput secangkir kopi.

Adanya Bakoel Koffie berawal dari tempat roasted kopi tertua di Batavia, sebutan Jakarta dulu yang didirikan tahun 1878 yang waktu itu masih berlokasi di Jakarta Barat. Nah, tahun 2001 generasi keempat pemiliknya menghidupkan kembali tradisi roasted kopi di keluarga, dengan membuka coffee shop di kawasan Cikini memakai nama Bakoel Koffie dengan misi melanjutkan roasted kopi a la Jawa untuk menciptakan secangkir kopi terbaik dan fresh!

Alamat Bakoel Koffie

Jl. Cikini Raya No. 25, Cikini, Menteng, Jakarta Pusat

Senin (08:00 - 22:30), Selasa - Minggu (08:00 - 24:00)

2. Giyanti Coffee Roastery

foto dok Majalah Otten

Agak melipir ke belakang Stasiun Cikini menuju ke arah Jalan Surabaya yang terkenal dengan toko-toko antik, Omiyagoes bisa menemukan Giyanti Coffee Roaster. Kopi racikan di sini terkenal mantap bagi penggemar kopi dengan karakter bold. Di sini begitu terkenal menu yang disebut Piccolo, kombinasi antara kopi dan susu namun lebih dominan rasa kopinya.

Nggak cuma kopi aja, pastry seperti Croissant, Brownies hingga Cake Pandan juga ada di sini sebagai teman untuk minum kopi. Nah, yang jadi andalan di sini Lamington Cake yang teksturnya lembut dan terasa manis. Wah, pas banget buat teman minum kopi Omiyagoes. Kalau mau datang, jangan lupa perhatikan hari dan jam bukanya.

Alamat Giyanti Coffee Roastery

Jl. Surabaya No. 20, Cikini, Jakarta

Jam Buka Selasa – Sabtu 09.30 – 17.30 WIB

3. Pigeonhole Coffee

foto dok pergikuliner

Desain interior-nya yang unik dan terkesan hangat membuat Omiyagoes betah berlama-lama duduk sambil menikmati kopi. Pigeonhole Coffee, jadi salah satu tenant di Shop Haus Menteng yang khusus menjual minuman kopi dan berbagai variannya. Posisi kafe ini berada di tengah-tengah tempat hang out yang asik banget.

Meski bentuk kafenya tergolong mungil dan simple hanya berupa bar tempat meramu kopi, namun di bagian luar kita dapat bebas duduk di mana saja, yang pastinya punya banyak spot instagenic juga super comfort. Di sini pilihan kopinya ada yang black dan white, juga non coffee seperti Ice Chocolate. Kalau pesan minuman atau makanan di sini Omiyagoes akan dikasih nomor antrian via digital, jadi kalau mesin-nya bergetar artinya pesanan sudah selesai.

Alamat Pigeonhole Coffee

ShopHaus Jalan Cik Diktiro Ditiro No. 36

Menteng, Jakarta Pusat

Jam Buka setiap hari Pukul 07.00 - 22.00 WIB

4. Tjikini

foto dok Pinterest

Di sini Omiyagoes bisa menemukan Kopi Single Origin yang terdiri dari Aceh Gayo, Toraja, dan Lintong. Tersedia juga Kopi House Blend Tjikini, Teh Tarik, Sekoteng serta Es Kopi Susu. Bagi penggemar masakan daerah khas Indonesia, bersantap di tempat ini bisa menjadi pilihan. Untuk makanan dan kudapan teman minum kopinya ada banyak menu yang khas Indonesia seperti Bubur Kacang Hijau, Bubur Ketan Hitam, Tape Bakar, Pastel, Pancake, Makaroni Panggang, Ketan Serundeng, Gado-gado, Soto Ayam, Rawon, serta Ikan Kembung Bumbu Tauco.

Alamat Kedai Tjikini

Jalan Cikini Raya No. 17

Buka setiap hari, mulai pukul 08:00 – 23:00 WIB 

5. Workroom Coffee

foto by IDNTimes

Letaknya bersebrangan dengan Menteng Huis nih Omiyagoes. Sekilas melihat saja dari luar kaca jendela ambience-nya terasa seperti co-working space, makanya cocok banget untuk tempat meeting dan kerja di depan laptop sambil pesan kopi dan makanannya.

Secangkir cappuccino dengan peach Danish yang jadi favorit menu di sini harus banget dicoba! Beberapa menu a la Indonesia tapi kekinian juga bisa Omiyagoes temui. Misalnya Chicken Satay Rice Bowl, Rice Bowl Chicken Sambal Matah, dan Beef with Maranggi Sauce.

Alamat Workroom Coffee

Jalan Cikini Raya No 9 Jakarta Pusat

Buka setiap hari 10.00 – 22.00 WIB

Gimana Omiyagoes? Jadi nggak bingung lagi kan kalau lagi lewat seputaran Cikini dan ingin ngopi di mana. Kalau belum sempat ke coffee shop, Omiyagoes tetap bisa menikmati nikmatnya secangkir kopi kok. OMIYAGO punya banyak pilihan single origin coffee dalam bentuk bean maupun bubuk dari berbagai daerah Nusantara seperti Flores Bajawa, Aceh Gayo, sampai Papua Baliem yang bisa jadi persediaan kopi Omiyagoes di rumah.

Share this Post: