Image-1573198375

Pic by Alodia Tour

Sejauh mata memandang terasa pemandangan sejuk yang penuh dengan kehijauan yang mendamaikan hati. Di situlah hutan, ekosistem dengan hamparan lahan yang ditumbuhi pepohonan ini kini nggak hanya sebagai tempat perlindungan habitat flora dan fauna saja tapi juga menjadi ekowisata untuk tempat berlibur! Omiyagoes pastinya juga mengenal dong berbagai jenis hutan yang ada di Indonesia mulai dari hutan pinus, mangrove, sampai hutan hujan tropis yang membuat Nusantara ini terkenal sebagai salah satu paru-paru dunia. Tertarik untuk rekreasi ke hutan? Ini dia 5 hutan di Indonesia yang bisa untuk tempat rekreasi Omiyagoes!

1. Taman Wisata Alam Mangrove PIK - Jakarta

Foto dok : Okezone.com

Nggak perlu jauh-jauh ke luar kota buat rekreasi wisata mencari kesejukan di tengah terik panasnya Jakarta. Omiyagoes bisa liburan singkat ke Hutan Mangrove PIK yang ada di Utara Jakarta. Bermain kano atau sepeda air dan keliling dengan perahu di seputar kawasan hutan bakau ini menjadi cara seru yang bisa Omiyagoes lakukan saat mendatangi Hutan Mangrove PIK. Selain itu, di sini juga sebagai tempat liburan yang edukatif untuk anak-anak maupun orang dewasa karena Omiyagoes bisa belajar langsung bagaimana proses penanaman mangrove. Bahkan Omiyagoes juga bisa punya papan nama sendiri di mangrove yang ditanam lho. Wah, seru banget ya, Omiyagoes. Jadi kapan nih mau berkunjung ke Hutan Mangrove PIK?

Alamat :

Jln. Katamaran Indah 1 Kapuk Muara, Kec. Penjaringan,

Kota Jakarta Utara

 

2. Hutan Pinus Gunung Pancar - Bogor

Foto dok : sinizam.com

Penat dengan hiruk pikuk Jakarta dan mau mencari udara sejuk? Omiyagoes bisa mendatangi hutan pinus di Gunung Pancar Bogor, Sentul. Selain melihat batang pohon yang menjulang tinggi, di tempat wisata yang lagi ngehits ini Omiyagoes juga bisa trekking dan kemping bersama keluarga lho. Karena aksesnya juga cukup mudah untuk ke sini, Hutan Pinus Gunung Pancar ini menjadi destinasi liburan favoritnya warga dari Jakarta, makanya nggak ada alasan buat Omiyagoes untuk menolak kalau diajak rekreasi ke sini.

Alamat :

Jln. Ke Karang Tengah, Karang Tengah, Kec. Babakan Madang

Bogor, Jawa Barat 

 

3. Hutan Pinus Grafika Cikole - Bandung

Foto dok : club.iyaa.com

Sejenak keluar dari rutinitas di Ibu Kota, Omiyagoes bisa melipir ke Bandung untuk menyempatkan liburan bersama keluarga ke Hutan Pinus Grafika Cikole yang mempunyai atmosfer ala pedesaan di Eropa. Di sini ada vila yang bisa Omiyagoes sewa, kebun strawberry yang bisa dikunjungi, selain itu ada area outbond yang juga cocok untuk gathering acara kantor dan komunitas. Berlokasi di jalur wisata Tangkuban Perahu, suhu pada siang hari yang sekitar 20°C akan terasa sejuk dan di malam hari jangan lupa persiapkan baju hangat Omiyagoes karena suhunya semakin dingin mencapai 5°C.

Alamat :

Jln. Raya Tangkuban Perahu km 8, Desa Cikole, Kecamatan Lembang,

Kabupaten Bandung Barat.

 

4. Hutan Pinus Pengger - Yogyakarta

Foto dok : Alodia Tour

Di antara sekian banyak hutan pinus yang ada di Yogyakarta, ada Hutan Pinus Pengger yang saat ini sedang naik daun. Sebagai area wisata, fasilitas yang ditawarkan cukup lengkap lho. Omiygaoes bisa menemukan pusat kuliner, musholla, dan berbagai spot untuk foto-foto yang Instagramable seperti tangga raksasa yang ikonik, rumah pohon, jembatan kayu, hingga rumah piramid ala Indian. Bermandikan cahaya gemerlap lampu kota menjadikan Hutan Pinus Pengger Yogyakarta di malam hari terasa lebih berwarna dan berbeda.

Alamat :

Jln. Dlingo-Patuk, Pantirejo, Terong, Dlingo, Bantul,

Daerah Istimewa Yogyakarta 

 

5. Mangrove Boardwalk Denpasar - Bali

Foto dok : Flicker.com

Siapa bilang berlibur ke Bali cuma bisa ke pantai? Sesekali boleh dong pindah haluan untuk mengunjungi hutan mangrove yang ada di kota Denpasar. Mangrove Boardwalk Denpasar atau yang biasa orang Bali sebut sebagai Taman Hutan Raya Ngurah Rai ini memiliki luas mencapai 1.373 Ha. Sudah kebayang kan gimana rasanya berjalan melewati rerimbunan mangrove sambil menikmati udara segar dan bebunyian suara habitat biota asli hutan. Tertarik buat pelesiran ke Mangrove Boardwalk Denpasar? Wisata Hutan Mangrove ini buka setiap hari mulai pukul 08.00 hingga pukul 18.00 WITA. Lokasinya dekat dengan bandara I Gusti Ngurah Rai, sekitar 10 menit berkendara dari bandara.

Alamat :

Jl. By Pass Ngurah Rai No.KM. 21, Pemogan, Kuta, Kota Denpasar, Bali

Gimana Omiyagoes, tertarik untuk berwisata ke hutan mangrove? Selain liburan ke pantai ternyata berlibur ke hutan mangrove juga bisa jadi pengalaman yang seru menghabiskan waktu bareng keluarga maupun sahabat kan? Oh iya selepas liburan jangan lupa beli oleh-olehnya juga ya. Nah kalau Omiyagoes capek setelah berkeliling di hutan mangrove, Omiyagoes cukup pesan oleh-olehnya di OMIYAGO.

 

 

Share this Post: