Image-1499307130

Ketika nama Jakarta disebut, apa yang terpikir dalam benak mu? Macet, panas, berdebu? Ya, Jakarta memang sangat terkenal dengan macetnya yang sampai sekarang masih dicoba selesaikan oleh pemerintahnya. Mulai dengan cara dibuatkan transportasi umum yang dapat mencakup banyak penumpang dengan kualitas yang lebih baik dengan tujuan membuat masyarakat menenagh keatas untuk mau naik transportasi umum, namun itu juga tidak membantu mengurangi kemacetan Jakarta.

Bicara soal Jakarta, janggan hanya mengingat macetnya saja ya. Kamu juga harus ingat apa saja landmark yang menggambarkan Jakarta itu sendiri. Apasajakah itu?

1.     Monumen Nasional

 

doodlefinder.org

Monumen Nasional atau yang sering disebut dengan monas atau tugu monas, merupakan icon utama dari kota Jakarta. Monumen peringatan setinggi 132 meter (433 kaki) yang didirikan untuk mengenang perlawanan dan perjuangan rakyat Indonesia untuk merebut kemerdekaan dari pemerintahan kolonial Hindia Belanda. Tugu ini dimahkotai lidah api yang dilapisi lembaran emas yang melambangkan semangat perjuangan yang menyala-nyala. Terletak tepat di tengah Lapangan Medan Merdeka, Jakarta Pusat.

2.    Kota Tua

 

adina-twins.blogspot.co.id

Buat kamu yang berdomisili di Jakarta pasti sudah tidak asing dengan daerah wisata kota Jakarta yang satu ini. Memiliki nama lain Batavia Lama atau Oud Batavia, serta dianggap sebagai pusat perdagangan untuk benua Asia karena lokasinya yang strategis dan sumber daya melimpah. Kota Tua dibangun di atas area seluas kurang lebih 1,3 kilometer. Di atasnya terdapat museum Fatahilah yang dulu merupakan Balai Kota Batavia VOC yang dibangun pada tahun 1707–1710 atas perintah Gubernur Jendral Johan Van Hoorn.

3.    Bundaran HI

 

copyright ©akmanihotel

Merupakan sebuah jalan di pusat Jakarta, yang letaknya berdekatan dengan Hotel Indonesia. Ditengahnya terdapat Monumen Selamat Datang, monumen ini berupa patung sepasang manusia yang sedang menggenggam bunga dan melambaikan tangan. Patung tersebut menghadap ke utara yang berarti mereka menyambut orang-orang yang datang dari arah Monumen Nasional.

4.   Senayan

 

busbandara.com

Disamping menjadi pusat perkantoran, Jakarta juga menjadi pusat pemerintahan. Salah satunya, Senayan. Selain terdapat universitas dan banyak pusat perbelanjaan, di Senayan juga terdapat pusat olah raga kenamaan Indonesia, Gelora Bung Karno serta gedung DPR/MPR RI.

Itu tadi beberapa contoh landmark Jakarta yang dapat kita jelaskan untuk #omiyagoes. Kira-kira landmark mana saja yang sudah kamu kunjungi? #omiyago yakin kalian sudah pernah kunjungi semua. Selain diatas itu, masih banyak lagi landmark Jakarta yang lain, yang dapat kamu share dikolom comment~

 

Source foto: whatsupcifor.org

Share this Post: