Image-1561697741

Pic by : angsarap.net

Menyebrangi pulau Jawa melewati selat Sunda, ada Kota Lampung yang bisa jadi tempat Omiyagoes mengeksplor berbagai kuliner yang khas sembari menikmati wisata alamnya. Selain terkenal dengan keripik pisang susu, Lampung ternyata punya banyak sajian mi yang menggoda selera untuk Omiyagoes coba. Berikut beberapa yang OMIYAGO rangkum untuk ide kulineran saat liburan ke Lampung.

1. Locupan

foto dok : pergidulu.com

Untuk orang Lampung asli, menyantap locupan ini mungkin bisa jadi pengobat rindu kampung halaman. Locupan dikenal sebagai kuliner lokal yang khas, makanya saat berkunjung ke Lampung Omiyagoes harus banget nih nyobain locupan. Eits, tapi tunggu dulu! Sebenarnya Locupan itu apa sih? Locupan adalah makanan sejenis mi yang mirip kwetiau, warnanya putih dan bentuknya bulat panjang. Locupan punya tekstur yang kenyal,  biasanya dicampur dengan bumbu kecap asin dan minyak kemudian ditabur ayam cincang, daun bawang dan tauge. Untuk penyajiannya kuah locupan bisa dinikmati terpisah atau bisa juga disiram langsung ke mangkuk. Ada beberapa kedai mi yang menjual locupan nih Omiyagoes, nah kalau mau salah satu rekomendasinya Omiyagoes bisa mencoba makan Locupan di kedai Mie Asang yang terletak di Jalan Kartini, Tanjung Karang.

2. Mi Inti

foto dok : picgram.com

Lampung masih punya sederet mi enak yang harus Omiyagoes coba. Selanjutnya ada mi inti yang tekstur minya kecil dan tipis. Nah sekarang di Lampung mi inti ini juga dibuat dengan berbagai varian. Salah satunya ada yang diolah dengan bayam sehingga warna minya agak hijau, ada juga yang warnanya agak oranye karena memakai pewarna alami dari wortel. Yang lebih uniknya lagi, kedua mie warna tadi pun bisa dicampur menjadi mi pelangi, wah jadi kuliner yang kekinian ya Omiyagoes? Penasaran kan, langsung aja datang ke lokasi Mie Inti di Jalan Ikan Bawal, Teluk Betung, Lampung.

3. Mi Khodon

foto dok : instaghub

Mi yang populer ini juga nggak boleh lepas dari daftar list Omiyagoes nih! Saking enaknya, mi khodon sering habis terjual padahal baru buka 2-3 jam saja saat sore hari. Spesialnya, mi ini dikenal dari kesederhanaannya, Omiyagoes bisa pilih mau mi atau bihun yang rebus, goreng atau cemek. Yang khasnya dari mi khodon adalah kaldu udangnya yang terasa banget, nggak heran soalnya Lampung juga kaya akan hasil lautnya berupa udang. Selain itu suwiran ayam dan irisan sayurannya berpadu dengan mi yang cukup tebal dan kenyal. Dijual dengan harga sekitar Rp 18.000 per porsi aja Omiyagoes sudah bisa menikmati sajian lezat khas Lampung ini. Tertarik? Langsung datang aja ke Jalan Ikan Bawal No. 23-23 Teluk Betung, Bandar Lampung. 

4. Mi Ayam Koga

foto dok : food lampung

Mi Ayam Koga juga jadi kuliner Lampung yang wajib Omiyagoes sambangi. Mi Ayam Koga ini sudah cukup lama eksis sejak tahun 1990-an dan yang pasti sudah banyak penggemar dan pelanggannya. Walaupun rumah makan di bilangan Jalan Teuku Umar No. 48 A ini terbilang sederhana, tapi saat jam makan siang atau akhir pekan pasti penuh dan selalu antre. Oh iya, habis makan Mi Ayam Koga, cobain juga es kacang merah dan es shanghainya ya Omiyagoes, dijamin nggak bakal nyesel deh.

5. Mi Ayam Ajan

foto dok : travelingyuk.com

Kedainya yang terletak di Jl. Mayor Salim Batubara ini juga bisa menjadi destinasi kuliner mi di Kota Lampung. Menu andalan yang difavoritkan oleh pembeli di sini adalah Mie Ayam Ajan, bentuknya unik dengan ukuran lebar dan tipis mirip kwetiau. Disajikan bersama sayuran dan makin nikmat ditambah dengan sambal spesialnya. Cincangan daging ayam serta paduan bumbu minyak serta rempah di dalamnya membuat rasa minya nggak bisa dilupain. Pangsitnya yang crunchy juga menjadi pelengkap menu ini. Oh iya selain sayuran sawi ada juga tauge yang menjadi ciri khas mi ayam di sini semakin nikmat.

Wah, jadi kepingin jalan-jalan ke Lampung dan nyicipin kuliner minya yang khas nih. Omiyagoes yang punya rencana ke Lampung pastinya seneng dong dapet ide kulineran dari OMIYAGO? Nah jangan lupa bawa juga oleh-oleh khas Lampung seperti keripik pisang susu, sambal, maupun kopinya. Tapi kalau ternyata nggak sempet bisa lho Omiyagoes temukan oleh-oleh Lampung di OMIYAGO. Yuk, langsung meluncur ke website!

Share this Post: