Image-1510548452

Hello omiyagoes! Kali ini kami akan membahas tentang makanan lagi, pastinya tidak bosan kan? Hehehe. Kali ini kita mau membahas makanan-makanan yang ada di kota Cirebon untuk pecinta kuliner. Bagi yang belum tau, Kota Cirebon adalah salah satu kota yang berada di Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Kota Cirebon terletak di wilayah strategis, yakni titik bertemunya jalur tiga kota besar di Indonesia yakni Jakarta, Bandung, dan Semarang.

Sebagai salah satu tujuan wisata di Jawa Barat, Kota Cirebon menawarkan banyak pesona mulai dari wisata sejarah, panorama alam, dan juga pastinya menyediakan bermacam kuliner khas Cirebon.

Nah untuk kuliner khas kota Cirebon antara lain sebagai berikut:

1. Nasi Jamblang

 

Travelingyuk.com

Nasi jamblang adalah jenis makanan yang sangat sederhana, namun pasti membuat anda ketagihan. Kuliner yang dulu disajikan dengan bungkusan daun jati, bisa disajikan dengan berbagai pilihan lauk seperti tempe goreng, ikan asin, aneka pepes, ayam goreng, tumis cumi hitam, tumis udang, aneka sate, semur telur, gulai lidah, limpa sapi, paru paru goreng dan banyak lagi.

Pengunjung datang lalu bebas untuk memilih lauknya sebagai pelengkap nasi dengan harga bervariasi mulai dari Rp 3.000 hingga Rp 17.500.

2. Empal Gentong

 

http://resepcaramemasak.info.com

Siapa yang tidak suka daging empal? Hehe, di kota Cirebon juga terdapat empal yang bernama empal gentong. Makanan ini disajikan dalam bentuk Semangkok empal gentong akan diisi dengan potongan daging, jeroan sapi, dan lontong yang kemudian disiram dengan kuah kaldu santan yang gurih .

Harganya juga bervariasi mulai dari Rp 18.000 hingga Rp 20.000

3. Mi Koclok

 

http://topvisit.net

Bagi yang menyukai mie, jangan kuatir, karena di kota Cirebon, juga terdapat mie yang enak, yaitu mie koclok. Mie kuah yang berwarna putih kental yang terdiri dari potongan telur rebus, ayam suwir, irisan taoge, kol, serta daun bawang, pas sekali disantap ketika ingin makanan yang hangat-hangat malam hari.

4. Tahu Gejrot

 

https://asiantoprecipes.weebly.com

Mungkin kalo makanan yang satu ini tidak hanya terdapat di kota Cirebon, namun sudah banyak terdapat di kota kota lain di Indonesia termasuk di kota anda sendiri, dan kami yakin anda pun sudah pernah mencicipi dan mengetahui rasa dari makanan ini. Paling enak menikmati seporsi camilan ini saat sedang kumpul bersama teman atau keluarga. potongan tahu goreng yang disiram dengan kuah manis yang terbuat dari air asam, gula jawa, dan kecap dengan rasa manis, asam, gurih, dan pedas berpadu dengan sempurna di mulut.

5. Nasi Lenko

 

Quora.com

Nasi lenko adalah makanan yang mirip dengan nasi pecel. Isinya berupa nasi yang di atasnya diberi irisan kecil timun, taoge, daun bawang, irisan tempe, dan tahu. Kemudian disiram dengan bumbu kacang yang lumayan pedas beserta taburan bawang goreng dan irisan daun kucai. Rasa kecap manis bercampur sambal dijamin lezat di lidah. Jangan lupa siapkan krupuk sebagai teman makan.

6. Docang

https://kuliner.babe.news/

Makanan ini mirip dengan ketoprak yang berbahan lontong, dicampur daun singkong, taoge, parutan kelapa, kerupuk, dan sambal docang yang kemudian disiramkan kuah panas yang diolah dari bumbu rempah pilihan, dan tempe bungkil atau oncom. Paduan bahan makanan dan kuah siap memberikan cita rasa, gurih, segar, sambal yang pedas, dan kehangatan di dalam tubuh Anda. Biasanya makanan ini dijual pada pagi hari di kota Cirebon.

Mungkin itu sebagian info kuliner kota Cirebon yang bisa kita sampaikan, namun apabila tidak bisa ke kota Cirebon, kalian bisa loh membeli makanan-makanan khas Cirebon di Omiyago.

Share this Post: