Image-1513910118

Ibukota dari provinsi Kalimantan Barat ini dilewati dengan garis khatulistiwa, oleh karena itu disebut daerah khatulistiwa. Selain itu, Pontianak juga dilalui oleh Sungai Landak dan Sungai Kapuas yang diabadikan pada lambang kota Pontianak. Nah, buat kamu yang berasal dari Pontianak dan akan pulang kampung saat liburan kali ini sudah siap untuk melepas rindu dengan berkuliner makanan khas Pontianak berikut?

1.     Bubur Pedas

 

services.sportourism.id

Bubur pedas terbuat dari beras yang ditumbuk halus dan dioseng lalu dimasak dengan daging atau tetelan beserta bumbu-bumbu seperti bawang merah, bawang putih, lada hitam, serai, daun lengkuas, pucuk daun pakis dan rempah-rempah lainnya. Setelah itu dicampurkan juga berbagai sayuran seperti kangkung, daun kesum, pipilan jagung, daun kunyit, kacang goreng serta taburan teri di atasnya. Bubur ini memiliki nutrisi yang tinggi dengan rasa yang lezat dan aroma yang khas.

2.    Lek Tau Suan

 

ksmtour.com

Lek Tau Suan berasal dari bahasa Tionghoa yang artinya Butiran Mutiara Kacang Hijau. Makanan ini terbut dari kacang hijau yang sudah dikupas kulitnya. Dimasak menggunakan campuran kuah kental bening yang terbuat dari tepung tapioka, daun pandan, dan gula pasir. Kenikmatannya menjadi bertambah karena disajikan dengan ca kwee goreng yang garing sehingga didapatkan perpaduan rasa manis, lembut, dan renyah.

3.    Pengkang

 

febrinaamel.wordpress.com

Pengkang merupakan olahan beras ketan yang diisi ebi lalu dibungkus dengan daun pisang membentuk kerucut kemudian dibakar. Pengkang ini sedap jika disantap bersama sambal kepah atau sambal kerang. Kepah adalah sejenis kerang yang hidup di hutan mangrove Kalimantan Barat. 

4.   Su Fun Tiao atau Ce hun tiao atau Sagu Gunting

 

infomakan.com

Dari namanya sudah bisa ditebak kalau kuliner ini terbuat dari sagu. Sagu dikentalkan hingga seperti lem lalu dicampur lagi dengan sagu hingga tidak lengket. Selanjutnya digunting-gunting hingga seperti potongan kertas. Sagu direbus, disajikan dengan kuah santan dan gula aren. Sekilas makanan ini mirip es cendol.

5.    Kue Bingke

 

tokopedia

Bingke terbuat dari campuran telur, santan, sedikit terigu, dan gula pasir. Untuk jenisnya, bingke dibagi lagi menjadi 2, yaitu bingke biasa dan bingke berendam. Bingke yang biasa teksturnya agak kering (dipanggang) sedangkan bingke berendam (dikukus) teksturnya lembek dan basah. Terdapat varian rasa diantaranya adalah rasa original, rasa ubi rambat, susu, keju susu, istimewa, kacang ijo, jagung, labu, coklat, durian. Kue tradisional ini juga populer di daerah Banjarmasin.

6.    Burung Punai

pinterest

Burung Punai (Treron curvirostra) adalah burung sejenis merpati yang berwarna hijau dengan paruh kemerahan. Jenis burung yang suka hidup berkelompok tersebut diolah menjadi menu masakan disini. Tekstur dagingnya lembut dengan rasa yang gurih. Burung liar ini masih dapat ditemukan disekitar Pontianak dan Mempawah. Mereka ditangkap dengan cara dijaring atau menggunakan perekat. Burung punai biasanya dibakar atau digoreng sampai coklat keemasan.

7.    Sotong Pangkong

 

ksmtour.com

Sotong Pangkong adalah sotong atau cumi yang telah dikeringkan dimasak dengan cara dipanggang. Usai dipanggang, inilah yang membuatnya khas, lalu dipangkong atau artinya dipukul-pukul dalam bahasa Melayu agar dagingnya terasa lebih empuk. Kemudian, disajikan bersama dengan kuah sambal kacang atau asam pedas manis. Dibeberapa tempat sotong tersebut digiling, agar lebih mudah mengkonsumsinya.

Sudah siap untuk berlibur sambal berkuliner? Happy holiday and happy culinary Omiyagoes~

Sumber: http://bit.ly/2CP1mFM

Share this Post: