Image-1562124192

Pic by : whattocooktoday.com

Kelezatan khazanah kuliner Medan terkenal dengan pencampuran berbagai kultur mulai dari Melayu, Timur Tengah dan Cina Peranakan yang membuat cita rasanya unik dan menarik. Medan, salah satu destinasi yang cocok banget buat pecinta makanan seperti Omiyagoes yang hobinya mengeksplor kuliner dari berbagai daerah di Indonesia. Di Ibu Kota Sumatera Utara ini, Omiyagoes bisa lho mencicipi makanannya mulai dari kuliner legendaris, oleh-oleh, sampai kuliner hits yang kekinian. Nah kali ini OMIYAGO rangkum beberapa rekomendasi kuliner legendaris di Kota Medan yang harus Omiyagoes coba.

1. Soto Sinar Pagi

foto dok : phinemo.com

Medan punya soto yang wajib banget Omiyagoes coba kalau lagi berkunjung ke kota Melayu Deli ini. Yup! Soto Sinar Pagi yang terkenal banget enaknya ini selalu laris didatangi para pelancong, bahkan mantan Presiden SBY juga pernah mencicipinya lho! Kuah kuning yang kental berpadu dengan bumbu rempahnya bikin makanan ini nggak bisa dilupain begitu saja. Harga Soto Sinar Pagi dibanderol sekitar Rp 28.000 per porsi dan yang jadi andalan di sini adalah soto parunya nih Omiyagoes. Lokasinya ada di Rumah Makan Sinar Pagi yang sudah buka sejak jam 07.00 pagi. Oh iya, karena tempat makan ini selalu ramai, Omiyagoes siap-siap antre ya, walaupun harus nunggu tapi sepadan kok dengan pengorbanannya. Langsung saja yuk, datang ke Jalan Sei Deli No. 2D, Medan Barat.

2. Lontong Kak Lin

foto dok : myfunfooddiary

Selanjutnya ada kuliner yang terpengaruh dari peranakan Tionghoa nih Omiyagoes. Lontong Medan yang termasyur kelezatannya nggak boleh lewat dari daftar wisata kuliner Omiyagoes saat ke Medan. Salah satu Lontong Medan yang sudah berjualan sejak beberapa dekade adalah Lontong Kak Lin di Jalan Cik Di Tiro No. 76 atau lebih tepatnya berada di depan SMA Negeri 1 Medan. Saking terkenalnya, gerai ini selalu ramai oleh pembeli baik dari pendatang maupun orang asli Medan. Lontong Medan ini dikenal dengan sajian kuah santan yang kental dengan rasa gurih yang pas dan agak pedas. Kalau Omiyagoes pecinta makanan pedas, langsung ikut antre aja mulai jam 06.30 pagi biar nggak kehabisan.

3. Sate Memeng

foto dok : travelingyuk

Jadi salah satu kuliner legendaris yang sudah ada sejak zaman kemerdekaan tahun 1945, Sate Memeng ini sudah tenar puluhan tahun dan masih laris hingga sekarang. Sate memeng menyajikan potongan daging sate yang besar-besar dan tebal, bumbunya juga meresap serta terasa agak pedas dari cabai dan merica yang cukup kuat. Nah kalau makan sate di sini jangan lupa pakai lontongnya juga ya Omiyagoes. Saking enaknya, dalam sehari Sate Memeng yang dirintis H. Muhammad Saimin (Memeng) bisa menjual lebih dari 70 kg daging sate lho Omiyagoes! Kalau penasaran seperti apa rasanya, datang saja ke Jalan Irian Barat No. 1 G atau lokasi persisnya ada di depan gedung Uniland Medan. 

4. Martabak Mesir Salim

foto dok : travelingyuk

Kali ini salah satu makanan hasil dari pengaruh Timur Tengah yaitu martabak. Omiyagoes harus cobain nih Martabak Mesir Salim yang ada di Buffet Ahmad Salim, Medan. Martabak ini juga termasuk kuliner legendaris karena sudah berjualan lebih dari 33 tahun, yaitu sejak tahun 1986. Dengan cita rasa yang khas, Martabak Mesir Salim bisa bertahan sampai sekarang dan masih jadi favorit orang-orang. Buka dari jam 14.00 hingga 24.00 dini hari, Omiyagoes yang lapar saat malam hari bisa langsung datang ke sini. Lokasinya ada di Jl. AR Hakim No. 156 Medan, Sumatera Utara.

5. Pokat Kocok Bu Lia Simpang Glugur

foto dok : makankemana.net

Setelah mencicipi beberapa makanan berat, Pokat Kocok Bu Lia bisa jadi penutup yang sempurna nih Omiyagoes. Bukan sekadar minuman biasa, pokat kocok yang berarti buah alpukat yang dikocok dengan es dan susu ini bisa melengkapi wisata kuliner Omiyagoes di Kota Medan. Termasuk jajanan legendaris, Pokal Kocok Bu Lia di Simpang Glugur ini sudah ada sejak tahun 1968 lho. Mulai buka jam 14.00, Omiyagoes harus rela antre dari siang hari karena pokat kocok ini cepat ludes! Meski begitu, harga yang ditawarkan murah meriah, Omiyagoes cukup mengocek kantong sebesar Rp 9.000, sudah bisa merasakan bagaimana nikmatnya Pokat Kocok Bu Lia ini.

Wah menarik banget ya kuliner legendaris Kota Medan yang sudah berpuluh-puluh tahun ada dan masih eksis hingga sekarang. Saat ada kesempatan jalan-jalan di Medan, mesti banget nyobain makanan-makanan di atas ya Omiyagoes. Selain berburu kuliner legendarisnya, jangan lupa beli oleh-oleh khas Medan juga, tapi kalau nggak sempet bisa kok beli oleh-oleh Medan di OMIYAGO. Langsung meluncur yuk!

Share this Post: