Image-1537505283

Penggemar kuliner Indonesia pasti tidak asing dengan nama sajian keripik dan kerupuk. Makanan yang bertekstur garing ini biasanya ditambahkan sebagai lauk. Keduanya sama-sama enak dan renyah ketika digigit, keripik maupun kerupuk juga sering jadi camilan iseng di waktu senggang ya kan Omiyagoes? Apalagi sekarang sudah muncul banyak variasi rasanya.

Meski keripik dan kerupuk begitu akrab di meja makan, tapi tahu kah Omiyagoes, kalau keduanya punya definisi berbeda dan di antara kita suka ada yang keliru atau tidak bisa membedakan mana keripik atau kerupuk. Keripik menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) diartikan sebagai makanan yang dibuat dari kentang, ubi kayu, dan sebagainya yang diiris tipis-tipis lalu digoreng. Dari segi ukuran, keripik memiliki ukuran lebih kecil dibandingkan kerupuk. Karena berasal dari buah dan umbi-umian, keripik biasanya cocok dijadikan cemilan.

Sementara kerupuk adalah makanan yang dibuat dari adonan tepung, dicampur dengan udang atau ikan yang telah dihaluskan, karena penggunaan bahan udang maupun ikan ini kerupuk cocok dijadikan teman makan bersama nasi. Berbeda dengan keripik, kerupuk dibuat dengan proses adonan campuran tepung dikukus, diiris tipis atau dibentuk dengan alat cetak dan kemudian dijemur agar mudah digoreng. Masih belum bisa membedakannya, Omiyagoes? Yuk daripada bingung, kita cari tahu apa bedanya kerupuk dengan keripik langsung dengan menyebut makanannya.

 

1. Opak Salted Egg Mbok Subur



Omiyagoes yang asli Jawa Barat pasti mengenal Opak. Jajanan asal Sunda ini dibuat dari tepung beras yang diberi bumbu, gula, garam dan penyedap rasa. Lalu adonan ini diambil sebagian dan dibentuk lembaran-lembaran tipis yang kemudian dikeringkan. Setelah kering, lembaran dipanggang di atas bara api sehingga melunak dan renyah. Opak sendiri masuk ke dalam kategori keripik, meski kadang bahan dasarnya dibuat dari tepung beras, tepung ketan, dan tepung singkong yang termasuk umbi-umbian tergantung variasinya. Hal yang paling penting juga, opak tidak cocok dimakan bersama nasi, sehingga tidak masuk kategori kerupuk. Untuk opak Salted Egg Mbok Subur ini bentuknya tidak seperti opak pada umumnya, dibuat dengan varian rasa yang kekinian.

 

2. Kerupuk Udang Roasted Cheese Mbok Subur 


 

Cemilan ini disebut kerupuk, karena memang terbuat dari adonan tepung yang ditambahkan udang, lalu diberi perasa berupa bubuk keju sebelum dilanjutkan dengan proses pembuatannya yang dipanggang. Udang menjadi salah satu bahan favorit untuk membuat kerupuk, biasanya jenis udang yang digunakan adalah udang-udang kecil atau udang rebon yang ditumbuk hingga halus sebelum ditambahkan dengan campuran adonan tepung tapioka dan diberi campuran bumbu rempah serta penambah rasa seperti roasted cheese yang gurih dari Mbok Subur ini. Karena gurih, kerupuk udang roasted cheese Mbok Subur sah-sah saja bila menjadi teman makan nasi atau mi.

 

3. Keripik Buah Apel Omiyago


 

Buah apel yang khas dari Kota Malang selain dapat dimakan langsung, memang biasa juga dijadikan keripik apel. Dalam proses pembuatannya, buah apel dikupas dan diiris yang kemudian disimpan di dalam mesin pendingin, sebelum diolah menggunakan vacum friying tanpa menggunakan minyak goreng. Dengan proses ini, irisan buah menjadi berbentuk keripik dan kandungan vitamin apel di dalamnya tetap ada saat mengkonsumsinya. Karena bentuknya yang kecil, tipis dan terbuat dari irisan buah, Omiyagoes pasti sepakat kalau jenis snack ringan ini disebut keripik.

 

4. Kerupuk Ikan Belidak


 

Kerupuk Ikan Belidak sangat terkenal di Kota Pontianak karena Ikan Belida sangat mudah ditemukan di sekitar sungai Kapuas. Hasil olahan ikan ini pun dijadikan salah satu pilihan oleh-oleh dari Pontianak. Karena terbuat dari campuran adonan dengan Ikan Belidak, sudah tidak diragukan lagi kalau makanan ini masuk kategori kerupuk. Ukurannya pun dibuat besar dengan tekstur yang mengembang dan cocok dimakan bersama nasi. Rasanya sangat gurih serta memiliki sensasi pedas. Rasa pedas disebabkan karena adanya taburan bji merica di seluruh permukaan kerupuk yang membuat siapa pun yang memakan kerupuk ini merasakan sesuatu yang berbeda dibandingkan memakan jenis kerupuk lainnya.

 

5. Keripik Salak Omiyago


 

Keripik salak dibuat dari olahan buah salak yang digoreng dengan cara khusus, biasanya menggunakan mesin penggorengan hampa (vacum friying). Proses pembuatannya yang unik ini untuk menghidari suhu panas yang berlebih dari hamparan suhu panas pada saat pemprosesan. Salah satu olahan produk buah ini sudah tentu masuk kategori keripik ya kan Omiyagoes, karena bahan utamanya hampir 100 persen dari buah dan tentu saja lebih cocok sebagai cemilan daripada teman makan nasi.

Gimana Omiyagoes? Apa masih bingung cara membedakan mana keripik dan mana kerupuk? Pengetahuan soal keripik dan kerupuk ini jadi salah satu hal yang menarik kan, apalagi Omiyagoes yang doyan ngemil pastinya harus tahu mana keripik dan kerupuk. Jangan sekedar tahu saja, yuk ikut menikmati kuliner asli Indonesia ini dan sekalian berikan camilan keripik dan kerupuk ini sebagai oleh-oleh untuk teman dan kerabat terdekat.

 

 

Share this Post: