Image-1496047658

Jajanan Khas Bandung Yang Masih Kekinian

Bicara soal Bandung memang nggak ada matinya. Mulai dari wisata alam hingga wisata kulinernya. Dari kuliner makanan berat hingga kuliner jajanannya, semuanya enak-enak dan juga unik-unik. Tak ayal jika Bandung disebut sebagai surganya jajanan enak di Indonesia.

Terlebih lagi, akhir-akhir ini jajanan Bandung semakin hits! Bahkan kepopulerannya sampai menyebar ke berbagai daerah di Indonesia. Penasaran jajanan Bandung apa saja yang lagi kekinian dan pastinya wajib untuk dicoba?

1. Kue Cubit

 

media.iyaa.com 

Merupakan jajanan klasik yang sampai sekarang kepopuleran menjadi semakin menanjak seiring dengan munculnya berbagai macam kreasi dari kue cubit. Kalau biasanya kue cubit hanya diberi toping keju dan meses coklat saja, saat ini adonan kue cubit sudah bermacam-macam rasa, seperti green tea, vanilla, dan red velvet dan disertai toping yang cukup populer dan tak kalah hits, seperti oreo, kitkat, dan nutella dan ovomaltine.

2. Rujak Cireng

  

Cireng alias aci digoreng, merupakan olahan khas Bandung yang terbuat dari bahan dasar tepung aci (tapioca). Cireng memang bukanlah jajanan baru di kota kembang, namun cireng saat ini telah mengalami berbagai macam revolusi. Dari cireng bumbu kacang, cireng isi hingga sekarang yang paling hits adalah cireng bumbu rujak.

Sesuai dengan namanya, cireng bumbu rujak adalah cireng yang disantap dengan bumbu rujak pedas manis. Cireng panas yang baru diangkat dari penggorengan, lalu dicocolkan ke bumbu rujak yang punya rasa manis pedas, pasti akan membuatmu ketagihan dan tak bisa berhenti mengunyahnya.

3. Seblak

  

seblakedun.blogspot.co.id

Seblak adalah kerupuk udang mentah yang direbus, lalu ditiriskan dan dimasak dengan bumbu rempah seperti cikur (kencur), bawang putih, garam, gula, dan cabe. Seblak kini menjadi jajanan favorit karena rasa pedasnya yang nendang di lidah bercampur dengan aroma khas dari kencur.

Saat ini seblak memiliki banyak sekali variasi dan toping. Selain menggunakan bahan utama kerupuk, seblak juga ditambahkan dengan mie, kwetiau, bakso, sosis, ceker ayam dan telur.

4. Basreng

 

www.tokomesin.com

Basreng merupakan singkatan dari baso goreng. Yups, keripik baso yang telah digoreng ini terbuat dari baso ikan yang telah dikeringkan lalu digoreng, dan diberu bumbu bubuk yang pedas. Nampaknya memang orang-orang Bandung selalu suka dengan jajanan yang bercita rasa pedas.

Saking populernya, basreng kini sudah tersebar dan dikenal di berbagai daerah di Indonesia. Beberapa merek keripik terkenal di Indonesia juga memproduksi varian basreng dengan berbagai macam rasa. Dan lebih enaknya lagi, basreng memang cocok dijadikan camilan kapan saja kamu mau.

5. Lidi-Lidian

 

lidilidian.blogspot.co.id

Jika dulu Lidi-lidian hanyalah sebuah makanan ringan yang hanya memiliki rasa pedan dan asin, kini jajanan khas Bandung kimi memiliki beragam varian rasa mulai dari keju, greentea, barbeque, pizza, dan masih banyak lagi.

Dari segi bentuknya pun sudah tidak hanya lurus dank urus saja, sekarang ada yang agak gemuk, keriting, dan macam-macam. Warnanyapu tidak hanya putih saja, sekarang bahkan ada yang menjual Lidi Rainbow. Yaitu dalam satu pack berisi Lidi-lidian dengan beragam warna seperti warna pelangi.

Siapa sangka jajanan-jajajan klasik khas Bandung yang dulunya cuma begitu-begitu saja, sekarang ini bisa jadi jajanan yang hits dan pastinya jadi makin beragam dan enak. Tak hanya betukya saja yang unik, rasanya juga bisa bikin ketagihan!

Buat kamu yang memiliki referensi jajanan-jajanan khas Bandung lainnya yang belum tertulis disini, kamu bisa comment dibawah ya.

Share this Post: