Image-1548410181

 foto by Pinterest

Memiliki aroma wangi yang khas, pandan sering menjadi bahan tambahan untuk olahan makanan. Hijau alami dari daun pandan juga bisa dipakai sebagai pewarna alami, makanya daun pandan sering dipakai nih untuk kue-kue tradisional khas Indonesia.

Sekarang ini olahan kue dan camilan pandan dibuat semakin variatif. Kreasi makanan dari daun pandan ini jadi favorit karena rasa dan aromanya yang bisa menggoda kita untuk mencobanya. Omiyagoes sudah tahu belum kalau ada pia, bika, bahkan dodol rasa pandan? Buat yang belum tahu, simak yuk beberapa oleh-oleh makanan dengan rasa pandan berikut ini.

1. Pia Pandan Spesial Telur Asin

Kuliner hasil alkulturasi dari daratan Tiongkok dengan budaya Yogyakarta ini biasanya memiliki isian kacang hijau dan gula yang dibungkus dengan tepung lalu dipanggang. Nah, sekarang pia juga dibuat dengan rasa pandan lho, tidak cuma pandan bahkan dengan campuran spesial telur asin.

Seperti Pia Pandan Spesial Telur Asin yang ada di OMIYAGO, terbuat dari campuran tepung terigu, keju dan tambahan gula. Spesialnya lagi di dalam pia ini terdapat adonan telur asin sehingga ada gabungan rasa manis sekaligus gurih.

2. Bika Ambon Pandan 

Ada Bika Ambon yang dari namanya saja unik dan bisa mengecoh kita nih, Omiyagoes. Meski ada kata Ambon pada namanya, namun bukan berarti kue Bika Ambon berasal dari ibukota Provinsi Maluku tersebut. Bika Ambon sangat populer di Medan dan menjadi fenomenal hingga banyak cerita tentang asal muasal nama Bika Ambon.

Kue bika yang terilhami dari kue khas Melayu ini sangat dikenal sebagai oleh-oleh khas Kota Medan. Nah seiring waktu, Bika Ambon tidak lagi hanya berwarna kuning, seperti Bika Ambon Pandan yang ada di OMIYAGO, sesuai rasanya warnanya pun hijau pandan.

3. Dodol Kentang Pandan

Siapa yang tidak tahu dodol? Makanan khas Indonesia ini lebih dikenal dengan nama daerah asalnya seperti Dodol Garut, Dodol Kudus atau yang dikenal dengan Jenang Kudus, serta dodol rasa buah-buahan seperti dodol apel, dodol stroberi, dodol pepaya yang sekarang ini mudah ditemukan.

Kalau mau rasa yang beda, Omiyagoes bisa mencoba Dodol Kentang Pandan yang ada di OMIYAGO. Dodol dibuat menggunakan tepung kentang dan pandan sebagai campurannya sehingga rasa dan aroma pandannya melekat di dalam.

4. Lapis Pandan Livana Surabaya

Selain pia yang jadi hasil alkulturasi kuliner Tiongkok dan Yogyakarta, ada kue lapis yang juga terpengaruh dari kue zaman Belanda “Spekkoek” yang berarti kue seribu lapis. Lapis Surabaya selalu muncul pada setiap perhelatan yang diadakan oleh masyarakat papan atas pada zamannya, bahkan hingga sekarang selalu dihidangkan saat Lebaran dan Imlek.

Teksturnya yang lembut dan rasanya yang legit menjadikan Lapis Surabaya ini sebagai salah satu pilihan oleh-oleh yang wajib dibeli. Apalagi sekarang sudah ada berbagai variasi rasa, seperti Lapis Pandan Livana Surabaya yang ada di OMIYAGO. Langsung terbayang bagaimana harum dan rasa pandan itu terasa di tiap lapisnya.

5. Roti Sobek Ayam Pandan Bloeder

Masih dengan makanan hasil alkulturasi nih, Omiyagoes! Ada Bloeder yang juga sudah eksis sejak zaman Belanda. Terbuat dari tepung dan telur serta memiliki tekstur yang sangat lembut. Bentuknya ada yang bulat seperti bolu kukus, ada juga yang bentuknya memanjang dengan tinggi sekitar 10-15 cm.

Roti bloeder zaman dulu tidak ada isinya Omiyagoes, tapi sekarang ada Roti Sobek Ayam Bloeder di OMIYAGO  yang rasanya pasti Omiyagoes suka. Apalagi kalau ada perpaduan antara cincangan daging ayam dengan rasa pandan, hmm pasti bikin penasaran kan?

Nah, semakin variatif aja ya kuliner yang dipadu dengan pandan? Bahkan makanan zaman dulu seperti roti bloeder dan lapis juga bisa diolah dengan pandan. Jadi tunggu apalagi Omiyagoes? Langsung cek yuk oleh-oleh rasa pandan tadi cuma di OMIYAGO 

Share this Post: