Image-1514972372

#omiyagoes suka berkebun? Kalau kamu sedang berkebun, apa yang suka kamu tanam, buah atau sayur? Bicara soal sayur dan buah, tahukah kamu kalau sayur dan buah merupakan superfood bagi tubuh kita, setuju kan? Secara sayur dan buah memiliki beragam manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh manusia. Di setiap sayur dan buah itu sendiri memiliki manfaat tersendiri yang bisa kamu bedakan melalui warnanya.

Sayur dan buah terdapat beragam jenis vitamin yang terkandung di dalamnya, di antaranya vitamin A, D, E, K, C, B. Vitamin A berperan menjaga kesehatan mata. Vitamin D untuk kesehatan gigi dan tulang. Vitamin E berguna bagi kesuburan dan kecantikan kulit. Vitamin K berperan dalam proses pembekuan darah. Dan vitamin C dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu, sayur dan buah juga sumber mineral dan serat yang dapat membantu proses pencernaan.

Mau tahu apa saja manfaat sayur dan buah jika dilihat dari warnanya?

Si Orange ceria

 

Sudah tahu belum kenapa buah bisa berwarna orange? Apa yang membuatnya begitu? Ini semua karena beta karoten! Zat ini baik untuk menghambat penuan sel. Biasanya terkandung dalam melon madu, pepaya, dan jeruk. Jadi buat kamu yang ingin memiliki kulit yang cerah, dana wet muda harus rajun-rajin mengkonsumsi buah-buahan ini ya.

Manfaat lainnya juga bisa kita dapatkan dari vitamin A yang terkandung dalam buah-buah ini. Nggak hanya menjaga kesehatan mata, vitamin ini juga menjaga kekebalan tubuh kita dari penyakit, tuh.

Sayuran berwarna orange juga memiliki manfaat yang sama. Wortel dan ubi jalar terdiri dari kalsium pektat yang mampu menurunkan kadar lemak dalam darah. Nggak susah, dong, makan buah dan sayur orange, soalnya, nih, sebagian besar rasanya manis dan segar.

Merah si pemberani

 

Buah berwarna merah itu gampang banget buat di dapetin, setuju? Contohnya, stroberi, tomat, jambu biji merah, dan semangka. Nah, warna merah pada buah-buahan ini mengandung zat antosianin, carotenoid, dan likopen.

Antosianin disini berguna untuk mencegah infeksi dan kanker kandung kemih, sedangkan likopen menghambat fungsi kemunduran fisik dan mental agar kita nggak gampang pikun, serta mencegah kanker.

Dan untuk sayuran yang berwarna merah seperti bayam merah dan paprika juga memiliki manfaat besar berkat kandungan flavonoid-nya dapat mencegah kanker dan vitamin C untuk menjaga kekebalan tubuh.

Segarnya si hijau

 

Sebagian besar warna sayuran memang hijau, seperti bayam, caisim, daun singkong, dan brokoli. Warna hijau ini mengandung zeaxanthin yang membantu mencegah kanker usus besar dan menjaga kesehatan mata. Mata pun terhindar dari degenerasi makula atau gangguan yang bikin kita susah melihat detail, biasanya itu terjadi akibat penuaan.          

Selain itu, sayuran hijau juga mengandung zat besi yang baik untuk mencegah anemia, sekaligus kaya klorofil dan magnesium yang akan menjaga kesehatan syaraf, otot, dan keseimbangan hormon kita.

Sedangkan buah-buahan hijau seperti anggur hijau, alpukat, dan melon banyak mengandung asam alegat yang mencegah kanker dan menjaga tekanan darah kita agar tetap normal.

Si Putih bersih dan bening

 

Sayuran dan buah berwarna putih seperti sirsak, duku, leci, kelengkeng, toge, bawang putih, kol, sawi putih, jamur putih, rebung, lobak, dan kedelai mengandung zat allicin dan indoles yang menurunkan risiko hipertensi, dan kolesterol.          

Kandungan serat yang terdapat pada sayur dan buah berwarna putih ini cukup tinggi lho, sehingga dapat membantu mencegah sembelit. Contoh lainnya yaitu kedelai mengandung isoflavon yang akan menjaga kesehatan tulang kita serta mencegah kanker dan penyakit jantung.          

Selain itu, bawang putih dan bawang bombay yang selama ini digunakan untuk bumbu masak juga bisa menurunkan kadar gula dalam darah lho!

Si kuning cerah

 

Pinterest dagmarskitchen.se

Buah kuning ini mengandung vitamin C dan karotenoid tinggi yang fungsinya mencegah gangguan di saluran pencernaan. Nah, buat kamu yang suka memakan nanas langsung, kamu bisa mengonsumsinya melalui jus atau kue. Jadi lebih enak kan? Hehe~

Dan buah-buahan kuning lainnya seperti belimbing, persik, dan pisang memiliki kalium yang akan menjaga cairan tubuh dan mengatur tekanan darah mu.

Selain buah, sayuran berwarna kuning juga nggak kalah bermanfaat, karena mengandung karotenoid yang mencegah kita terserang penyakit katarak, jantung koroner dan stroke. Banyak pilihannya seperti, paprika kuning, jagung muda, dan labu.

Itulah tadi manfaat sayur dan buah sesuai dengan warnanya, ternyata banyak ya funsinya? Yuk, mulai hari ini kita hidup sehat dengan mengkonsumsi sayur dan buah!

Source: http://bit.ly/2EH7gdO

Share this Post: