Image-1556036049

Foto by alongdustyroads.com

Kota Jogja, selalu bisa membuat siapa saja kangen untuk datang lagi merasakan menariknya plesiran sambil menikmati keragaman kulinernya. Mulai dari street food di kawasan Malioboro hingga beberapa kafe hits yang banyak didatangi para pelancong untuk berburu kelezatan kuliner Kota Gudeg ini. Omiyagoes sedang berencana liburan ke Jogja dalam waktu dekat? Simak dulu yuk 6 rekomendasi wisata kuliner hits di Jogja yang wajib Omiyagoes kunjungi.

1. Gudeg Pawon

Foto dok : jajan jogja

Kalau berkunjung ke Jogja tentu saja kuliner yang pertama kali dicari adalah Gudeg. Ada Gudeg Pawon yang termasuk salah satu gudeg legendaris dan wajib Omiyagoes datangi. Gudeg ini sudah berjualan sejak tahun 1958 yang awalnya berjualan di Pasar Sentul Yogyakarta, namun sejak tahun 2000 pemiliknya memilih untuk menjual gudegnya di rumah dan hanya buka di malam hari selama 3 jam saja. Tapi jangan salah Omiyagoes, sebelum pukul 21.30 sudah banyak lho pengunjung yang antre.

Keunikan dari gudeg satu ini ada dalam pengolahan makanannya, dimasak menggunakan tungku kayu bakar yang membuat rasa olahan gudegnya terasa berbeda. Keunikan lainnya adalah konsep embience-nya sendiri, si pemilik Gudeg Pawon menggunakan pawon atau dapur rumahnya sebagai tempat makan. Pengunjung akan masuk ke dapur dan mengambil gudeg yang disediakan dan bisa dimakan di tempat maupun dibungkus.

Alamat :

Jalan Janturan No. 36 Warungboto, Umbulharjo, DIY

Jam Buka : 21.30 – 00.00

Harga : Mulai dari Rp 25.000

2. Bale Raos

Foto dok : Bale Raos

Berada di sisi Selatan Keraton Yogyakarta, Bale Raos cocok banget untuk Omiyagoes yang penasaran dengan menu masakan kerajaan. Suasana yang kental dengan budaya Jawa begitu terasa saat memasuki tempat ini. Sambil menikmati menu makanan dari resep asli khas Keraton Yogyakarta, Omiyagoes juga bisa melihat keindahan ukiran-ukiran tradisional dan menikmati alunan musik tembang Jawa yang diputar.

Omiyagoes juga akan bernostalgia ketika berada di Bale Raos karena tempat ini mempunyai tiga gazebo besar sebagai ruang makannya. Jangan lupa pesan beberapa menu terkenalnya seperti Gudeg Manggar, Besktik Djawa, dan kudapan Tapak Kucing yang merupakan olahan pisang goreng gulung. Tak hanya akan menikmati menu favoritnya Sultan, saat datang ke Bale Raos sekalian juga nih Omiyagoes bisa berwisata sejarah karena Bale Raos ini dulu pernah difungsikan sebagai tempat berlatih memanah dan tempat tinggal para prajurti Keraton Yogyakarta. Wah sudah makan enak dapat ilmu juga kan?

Alamat :

Jalan Mangangan Kulon No.1 Desa Panembahan, Kraton, DIY

Jam Buka : 10.00 – 22.00

Harga : Mulai dari Rp 35.000

3. Lele Mangut Mbah Marto

Foto dok : jogjatransport.co.id

Masakan khas nan unik berupa lele asap dengan kuah santan pedas yang disajikan langsung dari dapur ini begitu terkenal di Jogja. Berbeda dengan mangut lainnya yang berkuah kuning kemerahan, mangut racikan Mbah Marto ini berwarna merah. Aroma lele asap dengan resep legendaris ini pun nikmatnya tak tergantikan apalagi jika dinikmati bersama gudeg dan oseng daun pepaya yang juga terkenal sedap karena tidak terasa pahit. Sambal goreng krecek di sini juga sangat menggoda, disajikan bersama kacang tolo, kulit melinjo dan kuah santan yang cokelat kental. Rasanya Omiyagoes pasti mau nambah terus deh.

Untuk menikmati enaknya Lele Mangut Mbah Marto ini perlu usaha ekstra nih Omiyagoes, karena lokasinya agak terpencil di sebuah gang. Agar mudah menemukan lokasinya yang sudah berjualan sejak tahun 1960-an ini, Omiyagoes bisa menuju ke arah belakang Kampus Institut Seni Indonesia (ISI). Tepatnya tak jauh dari Kantor Pos Sewon lalu mengikuti jalan aspal Dusun Taraban.

Alamat:

Jalan Parangkritis KM 6.5, Dusun Sewon, Panggungharjo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Jam Buka : 09.00 – 16.00

Harga Rp 25.000 per porsi

4. Sate Klatak Pak Bar

Foto dok : Instagram @williamsudhana

Sate Klatak menjadi salah satu sajian khas Jogja yang terkenal karena menggunakan tusuk sate dari besi jeruji. Ada banyak warung makan Sate Klatak namun satu yang terkenal dan harus Omiyagoes datangi, yaitu Sate Klatak Pak Bari. Di sini rasa daging satenya istimewa karena empuk dan tanpa bau prengus.

Saat makan di sini, Omiyagoes bisa memilih duduk lesehan di tikar-tikar yang telah disediakan. Kalau sedang tidak ramai, tak perlu menunggu lama, seporsi sate klatak termasuk nasi, kuah gulai serta segelas minuman bahkan sudah terhidang di meja. Dalam seporsi Sate Klatak terdiri dari 2 tusuk sate yang masing-masing tusuknya berisi 6 potong daging kambing. Nah, cara menikmatinya daging sate dicelupkan pada kuah gurih berwarna kuning yang disediakan. Nggak cuma sate klatak aja nih yang bisa Omiyagoes cobain kalau mampir ke sini, sekalian pesan juga gule kambing yang enak banget dimakan selagi hangat saat malam hari.

Alamat :

Jl. Kedaton, Pleret, Bantul, DIY

Jam Buka : 18.30 – 01.00

Harga : Rp 20.000 per porsi.

5. Bakmi Jawa Mbah Mo

Foto dok : travelingyuk.com

Bakmi memang jadi kuliner khas Jogja yang nggak boleh terlewatkan untuk wisata kuliner. Kalau lagi ada di daerah Bantul, Omiyagoes harus banget nih mampir ke Bakmi Jawa Mbah Mo. Di sini spesial banget pilihan mi godognya, bakmi goreng yang diolah lengkap dengan telur bebek dan suwiran ayam kampung yang dimasak di atas tungku arang. Dengan metode masak yang tradisional ini, rasanya pun nggak ada yang ngalahin, karena pemiliknya meracik bumbu dengan resep rahasia.

Kolaborasi antara kuah kaldu dan telur bebek yang gurih ini bisa Omiyagoes rasakan karena bakmi di sini tidak menggunakan kecap dan membuat kuah mi jadi berwarna pucat. Seporsi Bakmi Jawa Mbah Mo biasanya dilengkapi dengan kol, taburan bawang goreng, hingga daun seledri. Berbeda dengan cita rasa manis yang kental bagi orang Jawa, Bakmi Jawa Mbah Mo justru didominasi dengan rasa asin dan gurih. Menu ini cocok banget ditemani dengan secangkir kopi jahe. Untuk lokasinya memang agak terpencil, namun sepadan dengan rasa bakmi yang enak. Dari pusat kota Yogyakarta Omiyagoes bisa menuju ke Jalan Parangtritis kemudian menuju Desa Wisata Manding hingga sampai di Dusun Code.

Alamat :

Jalan Parangtritis, Code, Trireggo, Kecamatan Bantul, DIY

Jam Buka : 17.00 – 23.00

Harga : Rp 25.000 per porsi

6. Tempo Gelato

Foto dok : Youtube NetTV

Nah kalau tadi Omiyagoes sudah mencicipi makanan beratnya, sebagai penutup kulineran di Kota Gudeg ada satu kuliner hits sebagai pencuci mulut. Mampirlah ke Tempo Gelato, salah satu gelato yang sedang jadi favoritnya traveler yang sedang liburan di Jogja. Resep gelatonya merupakan resep tradisional keluarga, dibuat tanpa pengawet, tanpa pewarna buatan dan berasal dari buah murni dan bahan alami.

Di sini tersedia  es krim gelato dengan banyak varian rasa mulai dari buah-buahan, rasa karamel, coconut choco hingga rasa rempah-rempah seperti cinnamon, mint, ginger, dan masih banyak varian lainnya. Saking terkenalnya, akhirnya Tempo Gelato punya dua cabang yaitu di Prawirotaman dan di Jalan Kaliurang.

Alamat :

Jalan Prawirotaman No.43, Brontokusuman, Mergangsan, DIY

Jam Buka : 10.00 – 23.00

Harga : Mulai Rp 25.000 – Rp 115.000

Gimana? Makin semangat buat liburan ke Jogja kan Omiyagoes? Jadi nggak sabar nih buat mencicipi berbagai kuliner Jogja terkenal yang tadi direkomendasikan OMIYAGO. Jangan lupa untuk membawa oleh-oleh usai liburan di Jogja ya. Kalau tidak sempat untuk mencari oleh-oleh bisa langsung ke web OMIYAGO aja dan temukan berbagai macam oleh-oleh khas Jogja untuk diberikan ke teman dan keluarga terdekat. 

Share this Post: