Image-1562735230

Pic by : Instagram

Manado! Sebuah kota yang terkenal dengan masakan bercita rasa pedasnya seperti ayam woku dan rica-rica. Selain kuliner pedasnya, Manado juga punya camilan dan makanan yang bercita rasa gurih dan manis lho, Omiyagoes. Nah Omiyagoes yang punya rencana liburan ke Manado, jangan lupa untuk membeli beberapa oleh-oleh yang populer dari kota ini. Supaya nggak bingung, yuk langsung aja simak 6 rekomendasi oleh-oleh khas Manado paling populer versi OMIYAGO!

1. Halua Kenari

Ada aroma dan rasa kacang kenari di tiap gigitan saat Omiyagoes mencoba halua kenari, camilan khas Manado. Nggak heran karena kue tradisional ini memang dibuat dengan bahan utama kacang kenari yang dilapisi gula merah. Paduan antara kenari dan gula merah tadi menghasilkan tekstur yang agak lengket serta rasa manis dan gurih. Halua kenari cuma bisa Omiyagoes temui di Manado dan sekitar daerah Sulawesi lho, makanya wajib banget nih buat dijadikan oleh-oleh kalau berkunjung ke kota ini.

2. Kue Bagea

Perpaduan gurih dan manis dengan tekstur renyah juga jadi sensasi yang bisa Omiyagoes dapat ketika menikmati kue bagea. Oleh-oleh khas Sulawesi Utara ini dibuat dari bahan dasar tepung sagu, bentuknya bulat dan warnanya cokelat agak pucat. Adonan sagu ini juga dicampur gula merah, kayu manis dan pala lho, Omiyagoes. Nggak lupa ada tambahan kacang kenari yang ikut memberi dominasi rasa gurihnya. Kue bagea ini cocok banget buat teman minum kopi sore-sore, jadi kalau ke Manado mesti banget nih beli kue bagea buat stock camilan di rumah.

3. Klappertaart

foto dok : flickr

Kalau makanan yang satu ini Omiyagoes pasti suka banget! Salah satu ikon Kota Manado ini merupakan kudapan yang terpengaruh dari Belanda. Klappertaart adalah kue perpaduan adonan kelapa, tepung terigu, susu, mentega, telur, dan vanili yang dipanggang dalam oven. Adonan yang lembut dan terasa manis dari Klappetaart juga diberi taburan kismis dan keju cheddar yang membuatnya makin menggoda. Klappertaart ini makin enak kalau didinginkan dulu di dalam kulkas lho.

4. Sambal Roa

Hasil laut dari perairan pesisir Sulawesi Utara begitu melimpah, salah satunya ikan roa atau ikan julung-julung yang oleh masyarakat sekitar akhirnya dijadikan olahan sambal. Sambal roa berbeda dari sambal lainnya nih, Omiyagoes! Semua itu berkat proses pengolahan ikan roa yang diasap terlebih dahulu sehingga punya aroma yang khas. Ikan roa yang sudah diasap lebih dari 18 jam kemudian dihancurkan hingga halus dan dicampur dengan bumbu seperti cabai, bawang dan bahan lainnya. Pedas dan cita rasa ikan roa asap langsung terasa kelezatannya apalagi kalau dinikmati dengan nasi hangat.    

5. Sambal Cakalang

Selain sambal roa, Manado juga punya sambal cakalang yang jadi oleh-oleh andalannya. Cita rasa ikan yang berasal dari perairan Sulawesi ini terasa gurih dan manis dibanding ikan lain sejenisnya. Nah untuk membuat sambal cakalang, ikan cakalang biasanya diolah dengan cara diasap selama 2-4 jam, aroma dari proses pengasapan inilah yang membuat rasa sambal ini semakin lezat. Ikan cakalang yang sering juga disebut sebagai ikan tongkol putih ini jadi makanan favorit orang Sulawesi lho, jadi jangan lupa masukin sambal cakalang ke dalam list oleh-oleh Omiyagoes ya!

6. Dodol Amurang

foto dok : galeri wisata

Nggak cuma Garut, Manado ternyata punya dodol juga nih, Omiyagoes! Camilan tradisional khas daerah Amurang ini punya tekstur kenyal dan terasa legit. Dodol amurang atau yang dikenal dengan dodol kenari ini diolah dari campuran gula aren, beras ketan yang dihaluskan, minyak kelapa dan tambahan kayu manis yang rasanya berbeda dari dodol lainnya. Di Minahasa dulu dodol yang dibungkus daun woku atau daun lonta ini jadi makanan saat ada perayaan pascapanen lho. Gimana, cocok kan buat jadi buah tangan ke teman-teman dan keluarga Omiyagoes?

Wah, ternyata Manado nggak cuma punya oleh-oleh Klappertaart aja ya? Masih ada camilan halua kenari, kue bagea, sambal roa, sambal cakalang dan dodol amurang. Omiyagoes tentu nggak mau kalua ada yang ketinggalan saat beli oleh-oleh tadi dong? Kalau nggak mau repot bawa oleh-oleh atau khawatir nggak sempet beli, Omiyagoes bisa kok menemukannya di OMIYAGO. Yuk langsung meluncur aja ke web dan pesan oleh-oleh khas Manado kesukaanmu.

Share this Post: