Image-1545374515

Foto by Pinterest

Euforia suasana liburan jelang akhir tahun makin terasa. Omiyagoes yang merayakan suka cita Natal pasti sudah bersiap-siap untuk membuat moment ini jadi lebih berkesan bareng keluarga dan orang terkasih.

Merayakan suasana Natal pastinya makin lengkap dengan aneka makanan yang menjadi tradisi keluarga Omiyagoes. Apalagi beberapa daerah di Indonesia memiliki makanan khas lokal yang masih dilestarikan dan hanya disajikan saat perayaan Natal. Dari banyaknya makanan perayaan khas Natal, OMIYAGO memberikan pilihan beberapa kuliner Nusantara yang berbeda seperti berikut ini…

 

1. Burasa Khas Bugis Makassar 


sumber foto : getyourguide 

Burasa dikenal juga dengan nama lapat, lontong bersantan atau buras. Bentuknya hampir mirip dengan lontong, hanya saja agak pipih dan dimasak dengan cara tersendiri yaitu menggunakan santan hingga nasinya lembek dan dibungkus dengan daun pisang. Makanan wajib bagi masyarakat Sulawesi ini dihidangkan saat hari besar termasuk Natal. Burasa tersaji bersama coto Makassar ataupun opor ayam. Selain itu burasa juga bisa dimakan bersama sambal kacang, telur rebus dan sambal.

 

2. Ayam Rica-Rica Khas Manado

sumber foto : pinterest 

Makanan khas Manado ini banyak yang menyukai karena rasanya enak dan padat bumbu. Di daerah asalnya, ayam rica-rica kerap menjadi lauk andalan untuk segala perayaan, termasuk Natal. Disantap bersama nasi jaha yang kaya akan rempah-rempah, dengan pendampingnya adalah sayur istimewa salah satunya sayur daun pangi yang khas, rasa ayam rica-rica makin mantap di lidah.


3. Ikan Kuah Kuning Khas Ambon


sumber foto : rasa sayange


Ikan kuah kuning menjadi menu khas yang dimasak beserta rempah rempah. Spesialnya kalau di Ambon biasanya disajikan pedas dan disantap dengan papeda, sagu yang merupakan makanan pokok pengganti nasi. Ikan pilihan yang dimasak biasanya ikan tuna atau ikan tongkol dengan bumbu kunyit dan kapur, pastinya langsung terbayang bagaimana segar dan nikmatnya ikan kuah kuning saat disantap.

 

4. Kue Lampet dari Tapanuli


 sumber foto : episodeduablogspot


Lampet yang berasal dari daerah Tapanuli, Sumatera Utara sudah menjadi bagian dari budaya Batak saat upacara-upacara perayaan seperti pernikahan termasuk Natal. Kue tradisional yang terbuat dari tepung beras dengan campuran kelapa parut dan gula merah ini biasanya dibungkus daun pisang dengan bentuk menyerupai piramida.

 

5. Kue Bagea dari Indonesia Bagian Timur  


 foto : OMIYAGO

Kalau di wilayah Indonesia Timur seperti Papua, Maluku, Manado dan Ternate Omiyagoes bisa menemukan bagea yang khas saat Natal. Kue bagea merupakan kue kering yang bahan utamanya sagu dengan bahan tambahan kenari, gula, kayu manis dan berbagai rempah-rempah. Rasa bagea yang gurih dan tidak terlalu manis serta didominasi potongan kenari membuat siapa pun tidak akan berhenti mengunyahnya. Aroma yang keluar saat membuka bagea yang dibungkus dengan daun enan atau daun lontar semakin memberi aroma khas cemilan tersebut. Untuk kue yang satu ini, Omiyagoes tidak perlu jauh-jauh ke daerah asalnya lho, karena bisa didapatkan di OMIYAGO.

 

6. Paket Natal Spesial Omiyago

 foto : OMIYAGO

Natal pastinya tidak akan lengkap tanpa kue-kue kering spesial di meja tamu Omiyagoes. Termasuk kue yang saat perayaan besar pasti selalu ada dan merupakan peninggalan dari masa Kolonial Belanda seperti kaasstengels yang biasanya wajib ada.

Nah, khusus di Natal tahun ini OMIYAGO mengeluarkan kue limited edition dengan berbagai  Karakter Natal yang dikemas dengan nuansa “festive” yang bisa Omiyagoes kirimkan untuk kerabat maupun teman terdekat. Selain bentuknya yang menarik, Omiyagoes juga bisa menemukan varian kue seperti valencia orange, cookies bercita rasa jeruk. Lalu ada putri salju dan sagu keju yang jadi favoritnya orang-orang. Serta yang klasik dan jadi favorit seperti kaasstengels, nastar dan kacang daun jeruk.

Menyambut perayaan Natal tahun ini menjadi lebih meriah dan berbeda dengan rekomendasi makanan Nusantara di atas kan Omiyagoes? OMIYAGO juga punya rekomendasi makanan Natal lainnya lho yang bisa langsung di klik ke website OMIYAGO.

Share this Post: