Image-1550220289

Foto by Pinterest

Jakarta, kota tercinta dengan pemandangan gedung-gedung tinggi menjulang dan fasilitas moda transportasi yang kini makin tertata. Buat Omiyagoes yang lahir dan tinggal di Jakarta pastinya punya makanan favorit khas kota tercinta ini dong? Omiyagoes yang berasal dari daerah lain juga bisa nih memberikannya sebagai oleh-oleh kalau mudik, seperti beberapa makanan khas Betawi berikut.

1. Dodol Betawi

foto : ANTARA Foto

Tiap daerah di Indonesia punya dodol sebagai oleh-oleh khas, tapi dodol Betawi beda nih Omiyagoes! Dodolnya berwarna hitam kecokelatan yang bahan utamanya dibuat dari ketan putih dan ketan hitam. Dodol Betawi juga ditambahkan gula merah, gula pasir dan santan yang dimasak di tungku dengan kayu bakar selama 8 jam.

Biasanya dodol Betawi dibuat khusus untuk hajatan, bulan Ramadhan, Idul Fitri maupun Idul Adha. Karena pembuatannya yang rumit hanya sedikit yang ahli membuat dodol Betawi, biasanya dibuat oleh komunitas warga Betawi di Condet, Bogor dan Bekasi. Tapi dodol Betawi tetap bisa Omiyagoes temukan atau memesan khusus di toko oleh-oleh walaupun bukan saat menjelang Hari Raya.

2. Kembang Goyang

foto : OMIYAGO

Menarik dan buat penasaran, itulah kembang goyang! Namanya yang unik ini didapat karena bentuknya menyerupai kelopak bunga atau kembang dan proses membuatnya yang digoyang-goyang di minyak panas  hingga adonan terlepas dari cetakan. Kue suguhan khas orang Betawi kalau lagi Idul Fitri dan acara-acara hajatan ini rasanya renyah dan gurih. Nggak heran, karena dibuat dari telur ayam, gula pasir, tepung beras dan tepung sagu yang sudah diayak, santan, wijen putih, dan minyak goreng.

3. Biji Ketapang

foto : bimoli.com

Bentuknya yang kecil-kecil juga rasanya yang gurih dan manis membuat biji ketapang cocok banget dijadikan camilan. Nama biji ketapang digunakan karena kue ini bentuknya mirip biji buah ketapang, pohon yang banyak tumbuh di Jakarta.

Cara buatnya gampang banget Omiyagoes! Bahan seperti tepung terigu dicampur dengan kelapa muda parut, margarin, telur dan gula. Hasil campuran yang dijadikan adonan ini kemudian dibentuk lonjong dan dipotong kecil-kecil, kemudian digoreng hingga kecokelatan. Memang sih, teksturnya agak sedikit keras karena menggunakan margarin. Tapi rasa begitu khas dan bentuknya mengingatkan akan biji pohon ketapang.

4. Bir Pletok

foto : OMIYAGO

Meskipun namanya mengandung kata bir, bir pletok tidak mengandung alkohol lho Omiyagoes! Justru minuman ini justru punya banyak khasiat, salah satunya untuk memperlancar peredaran darah. Kata pletok sendiri berasal dari bir pletok yang dicampur dengan es batu dimasukan kedalam bambu kemudian di kocok sehingga berbunyi “pletok-pletok”.

Sekarang bir pletok disajikan dalam kemasan botol Omiyagoes, makanya cocok banget untuk dijadikan makanan khas Betawi yang bisa dijadikan oleh-oleh. Nah, di OMIYAGO ada beberapa pilihan brand bir pletok nih Omiyagoes. Ada Bir Pletok Old Betawi dan Bir Pletok AB Susu, maupun yang mixed rasanya.

5. Kue Akar Kelapa

foto : youtube

Kue kering khas Betawi ini biasanya disajikan bersama renginang dan kacang goreng saat acara spesial seperti Lebaran. Nama akar kelapa diambil dari bentuknya yang mirip dengan akar kelapa. Selain itu juga disebut sebagai kue serabut kelapa pinang. Rasanya khas gurih bercampur manis. Dibuat dari campuran tepung ketan, gula, telur, dan menambahkan taburan wijen dengan rasa renyah  rasanya makin istimewa. Cocok banget nih, makanan yang rasanya khas Jakarta ini dijadikan oleh-oleh.

6. Telur Gabus

foto : OMIYAGO

Bagian tengah kuenya agak kembung dan ada bentuk runcing di kedua ujungnya. Dulunya, telur gabus tersedia tanpa rasa namun sekarang sudah tersedia berbagai rasa. Beberapa di antaranya adalah telur gabus keju dengan keju di dalamnya. Makanya nggak salah dong kalau oleh-oleh khas Jakarta yang satu ini hingga kini masih banyak peminatnya. Bahkan OMIYAGO punya lho camilan telur gabus yang bisa Omiyagoes pesan sebagai salah satu pilihan oleh-oleh makanan khas Jakarta. Kue telur gabus OMIYAGO tersedia dalam varian rasa keju, wijen dan mix.

Sekarang nggak bingung lagi dong cari oleh-oleh makanan apa yang khas Jakarta? Omiyagoes bahkan bisa menemukan beberapa di OMIYAGO. Dikemas eksklusif dengan pengiriman yang terjamin sampai ke tangan Omiyagoes, yuk langsung aja cek di OMIYAGO.

Share this Post: