Image-1543575764

Lidah orang Indonesia tidak bisa lepas dari rasa pedas dan makanan terasa hambar tanpa sambal, setuju dong Omiyagoes? Sambal juga bisa buat makan makin berselera. Rasa pedas dari sambal menciptakan sensasi yang buat ketagihan.

Setiap daerah di Indonesia memiliki jenis sambal khas yang berbeda. Bisa dilihat dari perbedaan warna dan rasanya, ditambah lagi dengan bahan dan rempah uniknya. Seperti rekomendasi pilihan OMIYAGO untuk sambal khas Nusantara yang terkenal dengan bahan dan rempah khas Indonesia berikut ini..

 

1. Sambal Petis – Jawa Timur


 

Dari wilayah Jawa Timur Omiyagoes tentu sudah mengenal bumbu petis yang dibuat dari bahan petis udang. Petis itu sendiri berasal dari rebusan kuah udang maupun kupang yang menjadi kental dan pekat seperti saus. Kemudian petis ditambahkan karamel gula batok sehingga rasanya manis dan warnanya menjadi cokelat cenderung hitam. Nah, selain digunakan sebagai bahan penyedap makanan bumbu dasar, petis ini ternyata enak dijadikan bahan tambahan pada sambal lho Omiyagoes. Seperti Sambal Petis rekomendasi OMIYAGO yang memadukan rasa petis yang asin manis dengan cita rasa pedas dari cabai merah, membuatnya terasa berbeda dari jenis sambal lainnya.

 

2. Sambal Jambal – Jawa Barat


 

Sambal berpadu ikan jambal sudah bukan hal yang asing lagi ada di meja makan orang Indonesia. Namun ada yang beda nih kalau Omiyagoes mencoba Sambal Jambal Tjap Tukang Masak yang ada di OMIYAGO. Sambal ini menggunakan potongan ikan jambal yang cukup besar dan cabai yang masih utuh, tidak salah jika Sambal Jambal Tjap Tukang Masak mengklaim sebagai sambal premium. Sambal ini bisa bertahan hingga 6 bulan, cocok untuk Omiyagoes yang ingin membawanya saat traveling atau berpergian jauh dan lama di luar negeri.

 

3. Sambal Cikur – Jawa Barat

Sambal Cikur merupakan salah satu sambal khas Jawa Barat yang menggunakan bahan cikur atau kencur, salah satu rempah yang disukai masyarakat Sunda, Banten Selatan. Sambal ini terbuat dari cabai rawit, bawang merah, bawang putih, cikur atau kencur, gula, dan garam. Sehingga memiliki rasa pedas yang unik berpadu rempah kencur dan cocok sebagai pelengkap menu makan apa saja. Sambal Cikur juga bisa jadikan sebagai hadiah untuk orang terdekat Omiyagoes, karena sudah dikemas dengan kemasan yang praktis dan aman dan bisa di dapat di OMIYAGO.

 

4. Sambal Andaliman – Sumatera Utara


 

Di Indonesia, rempah Andaliman dikenal masyarakat Batak dan Medan dengan sebutan “merica batak”.  Andaliman memiliki aroma jeruk yang lembut namun “mengigit” dan menimbulkan sensasi pedas di lidah meskipun tidak sepedas cabai ataupun lada. Bentuknya yang mirip dengan merica namun berwarna hijau menjadi ciri khas dari Andaliman. Selain sering digunakan dalam masakan Batak, rempah Andaliman dikenal dalam masakan Asia Timur dan Asia Selatan sebagai Szechuan Peper. Nah bumbu yang banyak ditemukan di daerah danau Toba ini, dijadikan bahan sambal oleh masyarakat sekitar. Perpaduan rasa getir dan pedas cabai yang berbeda dari jenis sambal lainnya, menjadikan Sambal Andaliman memiliki rasa pedas yang khas dan menjadi salah satu pilihan oleh-oleh khas Medan yang wajib dibeli Omiyagoes.

 

5. Sambal Embe - Bali


 

Kalau soal sambal, di Bali itu terkenal banget yang namanya sambal matah. Tapi ada beberapa jenis sambal lainnya yang juga enak lho Omiyagoes, salah satunya Sambal Embe. Sambal ini dibuat dari cabai yang dipotong-potong tipis, digoreng, kemudian dicampur dengan bumbu lainnya kemudian ditumbuk kasar dan diberi perasan jeruk limo. Untuk menambah ke unik kan rasa pedas nya, ditambahkan cabai, bawang, garam, minyak goreng, terasi, jeruk limo dan bumbu rempah khas Pulau Dewata. Pedas dan nikmatnya Sambal Embe menjadikannya salah satu pilihan wajib dibawa pulang ketika berkunjung ke pulau Bali.

 

6. Sambal Roa – Sulawesi Utara


Salah satu sambal dari wilayah Timur Indonesia, Omiyagoes jangan sampai ketinggalan untuk mencoba Sambal Roa yang khas Manado. Sambal ini dibuat dari Ikan Roa yang banyak ditemukan di perairan laut utara pulau Sulawesi sampai kepulauan Maluku. Masyarakat Manado menggolah Ikan Roa menjadi salah satu jenis sambal yang menggunakan bahan dasar Ikan Roa yang sudah melalui proses pengasapan serta rempah-rempah pilihan. Seperti salah satu produk Sambal Roa dari Saro Foods yang ada di OMIYAGO.

Selain Rasanya yang khas, sambal ini menggunakan bagian terbaik dari ikan Roa pilihan dan memakai minyak goreng kelapa yang membuat Sambal Roa ini bertekstur lebih kering dari sambal roa lainnya. Walaupun berbentuk seperti abon, bau serta aroma yang khas dari pengasapan Ikan Roa menjadi salah satu pilihan sambal khas Menado yang bisa dicoba Omiyagoes. Dengan kemasan yang praktis, sambal yang tidak menggunakan bahan pengawet ini, bisa bertahan selama 6 bulan.

Wah, ternyata sambal Nusantara unik banget ya Omiyagoes. Tak salah jika pilihan sambal di atas menjadi jagoan sambal di daerahnya. Jadi ingin coba kan Omiyagoes? Langsung saja yuk pesan di OMIYAGO.

Share this Post: