Image-1568366859

Pic by : What a Cook Today

Memiliki sebutan borneo, Kalimantan merupakan satu dari sedemikian banyak pulau di Indonesia yang kaya akan tradisi kuliner. Mulai dari kuliner yang dulunya hanya bisa dinikmati raja hingga makanan hasil adaptasi kuliner Melayu yang melahirkan cita rasa kuliner unik. Makanya, kali ini OMIYAGO ingin mengulik lebih jauh kuliner di Kalimantan Timur yang sedang dipersiapkan jadi ibu kota Indonesia nih! Yuk kenalan dulu dengan 5 kuliner khas dari Borneo berikut ini.   

1. Nasi Bekepor

Foto dok: simomot.com

Hidangan nasi khas dari Kalimantan Timur yang satu ini nggak bisa ditemuin di tempat lain nih Omiyagoes! Yup, nasi bekepor merupakan nasi putih berempah dicampur ikan asin dan disajikan dengan sayur gangan asam kukar yang mirip seperti sayur asem. Namun uniknya, sayur gangan asam kukar ini diolah dengan tambahan ikan dan ubi manis khas Kalimantan Timur. Jadi memang kalau ke Kalimantan Timur harus sempetin untuk mencoba nasi bekepor! Apalagi menurut sejarah, dulunya nasi bekepor ini merupakan makanan raja pada masa Kutai Kertanegara lho

2. Ayam Cincane

Foto dok: Merah Putih

Hidangan ayam berbumbu yang khas Kalimantan Timur ini dijamin nggak kalah enak sama ayam kesukaan Omiyagoes lainnya! Apalagi kalau bukan Ayam Cincane yang hanya disajikan saat acara khusus seperti kelahiran dan pernikahan. Ayam Cincane dibuat dengan bahan utama ayam kampung dalam racikan bumbu rempah jahe, lengkuas, dan kemiri. Selain campuran rempahnya yang beda dari ayam berbumbu lainnya, metode memasaknya yang menggunakan bara api maupun digoreng ini juga khas.

3. Sate Payau

Foto dok: Tirto.id

Kuliner Kalimantan Timur yang satu ini juga unik banget dan wajib dicoba khususnya untuk Omiyagoes yang belum pernah menyambangi Borneo! Ada Sate Payau yang langka dan hanya ditemukan pada acara adat maupun festival karena terbuat dari daging rusa. Langkanya Sate Payau ini terjadi karena memang sulit mencari daging rusa dan sekarang perburuan rusa sudah dilarang. Makanya Omiyagoes termasuk beruntung kalau berkesempatan datang pada acara adat di Kalimantan Timur yang menyajikan Sate Payau ini. Dagingnya terkenal sangat enak dan memiliki tekstur lembut.

4. Sayur Asam Kutai

Foto dok: uzone.id

Nggak cuma Betawi yang punya sayur asem lho Omiyagoes! Di Kalimantan Timur ada sayur asam kutai yang rasanya agak unik nih karena menggunakan kepala ikan gabus sebagai bahan dasar kaldunya. Selain itu pelengkap di dalam sayur asam kutai ada potongan talas, kangkung dan jantung pisang batu. Jadi terbayang gimana perpaduan cita rasanya khas dong Omiyagoes? Perasan air jeruk nipis, berikut asam sunti ikut menambahkan kesegaran kuahnya. Wah, jadi makin penasaran buat nyobain kan!

5. Bubur Pedas

Foto dok: Republika

Ada kuliner bubur pedas yang mulanya adalah makanan orang Melayu dari suku Sambas dan diadaptasi sebagai makanan rakyat. Meski namanya bubur pedas, namun nggak cuma ada rasa pedas aja lho, Omiyagoes. Bahkan rasanya terbilang unik karena di dalamnya ada campuran sayuran dan rempah-rempah khas seperti jintan, ketumbar, lada hitam, lengkuas, dan cabai. Selain rempahnya, yang makin membuat Bubur pedas istimewa dan lain dari jenis bubur lainnya adalah tambahan kacang tanah dan ikan teri yang memberi rasa gurih. Biasanya bubur pedas juga ditambahkan dengan perasan jeruk limau sehingga rasanya juga menjadi beraroma harum dan bakalan menggugah selera makan Omiyagoes nih!  

Unik-unik banget ya ternyata kuliner khas Kalimantan Timur. Kalau Omiyagoes mau nyobain yang mana nih? Selain kulinernya yang memiliki cita rasa unik, oleh-oleh khas Kalimantan Timur juga menarik untuk dicoba lho. Omiyagoes nggak perlu jauh-jauh pergi ke Kalimantan Timur dulu karena di OMIYAGO berbagai oleh-oleh nusantara termasuk dari Kalimantan Timur juga ada. Yuk langsung aja mampir ke website!

 

Share this Post: