Image-1532492893

Sebentar lagi kita akan merayakan 17 Agustus nih Omiyagoes. Sebagai orang yang punya rasa nasionalisme tinggi pasti kamu terpanggil untuk menunjukkan kecintaan terhadap apapun yang berhubungan dengan tanah air. Ada banyak cara menunjukan nasionalisme kamu, seperti yang dilakukan salah satu anak bangsa dari Kota Malang ini dengan menciptakan oleh-oleh khas cokelat tempe.

Kalau ke Malang, Omiyagoes pasti tahu berbagai jenis oleh-oleh keripik buah-buahan khas Malang, termasuk keripik tempenya. Tapi belakangan kota ini juga terkenal lho oleh-oleh uniknya yaitu cokelat tempe. Dari semula hanya didominasi keripik, siapa sangka ide kreatif muncul dengan menggabungkan tempe khas Malang dengan cokelat.

Berawal dari keinginan untuk membawa makanan khas Kota Apel menjadi naik kelas, Yoga Surya Pratama, warga asli Malang membuat tempe Malang makin populer selain oleh-oleh keripik buah apel yang telah jadi primadona. Penggabungan cokelat dan tempe ini jadi salah satu kreativitas anak bangsa yang patut dibanggakan ya Omiyagoes. Makanan lokal asli Indonesia seperti tempe ini jadi bisa dinikmati dengan cara yang lebih asik, yaitu sebagai cemilan enak dalam bentuk cokelat tempe.

Ide menggabungkan cokelat tempe dimulai tahun 2011. Sebuah ketidaksengajaan yang akhirnya memunculkan ide brilian. Awalnya Yoga sedang mencari racikan yang pas untuk cokelat rasa pedas tapi yang didapat rasanya malah aneh. Setelah banyak mencoba-coba akhirnya justru ketemu resep yang pas untuk cokelat tempe.

 

Yoga Surya Pratama, owner Cokelat De Konco yang menciptakan oleh-oleh Cokelat Tempe khas Malang 

Lewat racikan Yoga untuk Cokelat De Konco, rasa cokelat yang manis itu menjadi berpadu dengan renyahnya tempe goreng sebagai isian cokelat di dalamnya. Ada sensasi krenyes-krenyes saat menggigit batang cokelatnya. Bercerita tentang proses pembuatannya, menurut pria lulusan SMK ini rahasia kelezatan cokelat tempe terletak pada proses vakum. Tempe digoreng dengan metode tertentu kemudian divakum agar tak ada minyak yang tertinggal. Sehingga cokelat tempe De Konco mampu bertahan tujuh bulan dalam suhu ruangan.

Kreasi cokelat oleh-oleh ini ternyata sudah 7 tahun, dari situ juga telah hadir berbagai variasi mulai dari rasa original, green tea, stroberi, rasa pedas, hingga apel. Menurut Yoga, untuk bisa terus bertahan diantara brand lain yang membuat cokelat serupa, Cokelat De Konco terus meningkatkan kualitas dan mengembangkan packaging agar menarik. Salah satunya, baru-baru ini Yoga juga membuat kemasan besek untuk cokelatnya yang mengesankan sisi tradisional Indonesia.

Sekarang pemesanan Cokelat De Konco dari belanja oleh-oleh online bisa sampai ke 15 kota setiap harinya lho Omiyagoes. “Saat ini merek kami, Cokelat De Konco punya 4 gerai di Malang. Secara regional kita juga bekerja sama dengan 30 toko oleh-oleh di Malang,” sebut Yoga kepada Omiyago melalui sambungan telepon. 

Tidak mengherankan Omiyagoes, kalau cokelat tempe yang telah mengantongi izin produksi dan sertifikat halal dari MUI ini setiap bulan membuat ribuan batang cokelat tempe laris terjual dengan rata-rata 200 kilogram cokelat diproduksi setiap bulannya. Akhirnya cokelat tempe ini jadi oleh-oleh khas dari Malang yang menarik Omiyagoes. Bahkan kamu bisa membelinya secara online di web omiyago.com untuk jadi buah tangan maupun sebagai hadiah ke sahabat atau pacar.

 

 

Cerita dibalik kehadiran cokelat tempe di atas memberi inspirasi ya Omiyagoes? bahwa bahan-bahan lokal bisa dikemas jadi lebih menarik. Sebagai generasi yang cinta produk dalam negeri, dengan membeli berarti ikut mengapresiasi pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) di daerah. Kita juga mengajak Omiyagoes untuk lebih cinta Indonesia nih, dengan bentuk campaign online tentang “Indonesia” yang tayang di pertengahan Juli untuk semua Social media OMIYAGO. 

Yuk ikutan, Kampanye OMIYAGO selama sebulan ini tentang “Indonesia” di Instagram yakni membuat story telling berfoto dengan makanan Nusantara. Postingan paling menarik yang dilihat dari segi foto dan cerita untuk 1 pemenang akan mendapatkan hadiah 1 paket produk Omiyago dan voucher Rp 100.000. Sementara 4 pemenang lainnya akan mendapatkan masing-masing voucher sebesar Rp 100.000. Kampanye ini akan berlangsung hingga 19 Agustus 2018 dan pemenang akan diumumkan pada 21 Agustus 2018 mendatang.

Share this Post: