Image-1552558448

Foto by Flicker Michael Matti

Menikmati suara gemericik air dari ketinggian di kawasan pegunungan menjadi suatu rekreasi yang menyejukan hati dan pikiran. Berjalan sebentar agak ke dalam kawasan hutan, merasakan udara segar dari pepohonan ikut mengembalikan mood. Udah tahu belum Omiyagoes kalau Bali juga punya banyak air terjun yang indah dan beberapa wajib lho buat dikunjungi? Apa saja, yuk langsung temukan dimana saja lokasinya!

(1) Air Terjun Nungnung – Badung

Foto dok : triptrus

Berada di lembah setinggi 50 meter, Air Terjun Nungnung yang ada di Kabupaten Badung ini cukup dekat dari kawasan Kuta. Hawa sejuk dan  yang segar bisa Omiyagoes nikmati saat berkunjung kesini. Perhatikan waktu kalau ingin berkunjung, karena saat hari besar seperti kuningan tempat ini akan ramai warga lokal yang melakukan ibadah sembahyang. Meski begitu, saat hari besar tempat ini tidak ditutup untuk wisatawan dan biasanya akan ramai dengan adanya tradisi khas Bali yaitu atraksi makotek, bermain dengan banyak bambu.

(2) Air Terjun Banyumala – Buleleng

Foto dok : urbanestinn.co.id

Di wilayah Buleleng ada beberapa air terjun yang terkenal indah, salah satunya Air Terjun Banyumala. Diantara deretan bukit-bukit yang mengelilingi ada aliran air terjun yang indah dari atas berjatuhan. Muaranya juga melebar dan mengucur air deras, dengan kejernihan airnya batu dan tanaman disekitarnya pun menjadi landscape yang menawan untuk latar foto yang instagenic! 

(3) Air Terjun Sekumpul – Buleleng

Foto dok : istimewa


Masih di kawasan Buleleng, Omiyagoes bisa sekalian nih mengunjungi Air Terjun Sekumpul yang katanya merupakan air terjun paling indah di Buleleng. Kalau kesini Omiyagoes tidak hanya akan menemukan satu atau dua air terjun saja, tapi sekumpulan air terjun yang berjumlah tujuh. Omiyagoes disarankan untuk menginap di sekitar Bali Utara kalau ingin ke Air Terjun, karena jaraknya sekitar 76 km dari kota Denpasar atau harus menempuh 2,5 jam dari wilayah Kuta. 

(4) Air Tejun Blahmantung – Tabanan

Foto dok : Plasa Informasi

Panorama sawah yang indah bisa Omiyagoes nikmati sepanjang perjalanan menu Air Terjun Blahmantung. Berlokasi di antara perkebunan kopi, Air Terjun Blahmantung memiliki ketinggian 50 meter dan jauh dari keramaian kota, sehingga sempurna untuk Omiyagoes yang ingin berendam menikmati segarnya air dan udara yang sejuk. Kalau berencana liburan kesini, sebaiknya menginap di lokasi sekitar Tabanan, karena dari kota Denpasar Air Terjun Blahmantung 75 km atau harus menempuh sekitar 2 jam perjalanan.

(5) Air Terjun Peguyangan – Nusa Penida

Foto dok : Kintamani.id

Kalau saat ke Bali berencana menyebrang ke Nusa Penida, sekalian Omiyagoes datangi juga Air Terjun Peguyangan. Nah, Air Terjun Peguyangan ini lokasinya agak ke jurang yang menghadap ke laut, jadi memang berbeda dengan air terjun yang biasanya perlu masuk ke dalam hutan. Meski tidak ada hutan, namun Omiyagoes akan disuguhi pemandangan samudera luas. Siapkan stamina Omiyagoes, karena untuk menggapai Air Terjun ini perlu naik 870 anak tangga.

(6) Air Terjun Kanto Lampo – Gianyar

Foto dok : balicheapesttours

Nuansa bebatuan dan air terjunnya yang berasal dari dalam tanah memberikan suasana teduh dan menyenangkan. Air Terjun Kanto Lampo juga merupakan tempat mencari air suci dari desa bagi warga lokal untuk kepentingan upacara Dewa Yadnya ataupun Pitra Yadnya. Disekitar tempat ini juga ada sejumlah pelinggih atau tempat suci yang dikeramatkan, jadi jangan lupa untuk jaga kesopanan Omiyagoes saat berkunjung. 

Jadi, akan berencana ke air terjun yang mana nih Omiyagoes? Jangan lupa kalau liburan jangan hanya buat rancangan perjalanan atau budget-nya saja, tapi persiapkan juga oleh-oleh yang akan kamu bawa pulang selepas liburan dari Bali. Nah, Omiyagoes tidak perlu repot memikirkan bagasi untuk membawa oleh-oleh khas Bali, karena semuanya ada di OMIYAGO. Yuk langsung cek website OMIYAGO untuk pilihan oleh-oleh seperti Pia Legong, Pie Susu, sampai kopi khas Bali.

Share this Post: