Image-1493780586

Chinese New Year atau yang sering dikenal dengan Tahun Baru Imlek merupakan perayaan terpenting orang Tionghoa. Perayaan tahun baru imlek dimulai di hari pertama bulan pertama di penanggalan Tionghoa dan berakhir dengan Cap Go Meh di tanggal kelima belas (pada saat bulan purnama). Malam tahun baru imlek dikenal sebagai Chúxī yang berarti "malam pergantian tahun".

Bicara tentang tahun baru, pasti yang tertanam dalam benak kita adalah suasana bagi-bagi “angpao”. Angpao sebenarnya adalah sebutan dari bahasa Hokkian dan Teochew, sedangkan bahasa Mandarin adalah “Hong Bao” yang jika di terjemahkan ke dalam bahasa Indonesia adalah “Amplop Merah” atau “Kantong Merah”.

 

Memberikan Angpao dan menerima Angpao merupakan tradisi dan kebudayaan masyarakat Tionghoa yang  terbentuk dan dilakukan dalam jangka waktu yang sangat lama sekali. “Ang” atau Merah merupakan warna kesenangan masyarakat Tionghoa yang memiliki arti kebahagian, kesenangan, keberuntungan, hoki dan semangat. Kebudayaan Ang Pao berasal dari konsep untuk saling membalas kebaikan diantara sesama dan juga menunjukkan keharmonisan antar anggota keluarga, teman, saudari dan kolega kerja. Harapan dari pemberian Angpao  adalah agar si penerima Angpao bisa mendapatkan keberuntungan dan nasib baik sepanjang Tahun Baru ini.

Dalam pembagian Angpao, terdapat kebiasaan untuk melakukan penggolongan hubungan si pemberi Angpao dengan si penerima Angpao. Dalam pembagiannya, biasanya jumlah uang yang dimasukkan di dalam Angpao terdapat banyak, sedang dan sedikit. Jika hubungan keluarganya atau keakrabannya erat, maka jumlah uang didalamnya juga besar sedangkan yang hubungannya hanya biasa-biasanya saja maka jumlah uang yang diberikannya juga sedikit.

Angpao biasa diberikan saat kita berkunjung ketempat saudara untuk mengucapkan Tahun Baru Imlek sambil menikmati makan makanan khas Tahun Baru Imlek. Nah, biasanya kalau kita berkunjung ketempat saudara pasti membawa makanan sebagai hadiah, Omiyago punya referensi buat kamu makanan apa kira-kira yang cocok untuk dibawa ketika berkunjung ke tempat saudara atau orang terdekat kamu ketika Imlek datang.

Share this Post: