Image-1557901691

Foto by whattocookday.com

Tak tak tak dung, suara bedug magrib tiba, waktunya untuk berbuka puasa nih Omiyagoes. Takjil manis dan menyegarkan yang jadi tradisi Ramadan sudah bisa dinikmati untuk melepas dahaga dan lapar. Rasanya kalau nggak ketemu takjil saat berbuka belum afdal ya Omiyagoes? Nah di Indonesia ada beragam takjil nih Omiyagoes, mulai dari kolak, manisan hingga gorengan. Nah ini dia list aneka takjil yang selalu ada saat Ramadan, mau tau ada apa aja? Yuk langsung simak.

1. Kurma

Foto dok: Blibli.com

Saat bulan puasa, kurma jadi takjil yang nggak boleh ketinggalan untuk disiapkan karena memang merupakan sunah yang dianjurkan. Buah yang kecil dan manis asal Timur Tengah ini sangat identik dengan bulan Ramadan dan bisa mengembalikan energi Omiyagoes setelah seharian berpuasa. Mengonsumsi kurma terlebih dahulu saat berbuka puasa juga bisa mencegah Omiyagoes untuk makan berlebihan nantinya, sehingga perut tidak akan kekenyangan.

 

2. Gorengan

Foto dok: Majalah Kartini

Mulai dari martabak tahu, risol, bakwan, tahu isi, sampai lumpia isi sayuran, menu gorengan ini pasti ada di daftar takjil. Bahkan banyak dijual di jalan-jalan menjelang waktu berbuka puasa. Nggak ada yang bisa menolak gorengan saat berbuka puasa karena memang menggoda banget apalagi kalau ditambahkan dengan cocolan sambal kacang. Tapi inget ya Omiyagoes, boleh saja makan gorengan saat buka puasa, tapi jangan berlebihan karena banyak kandungan lemaknya, jadi perlu dibatasi sesuai kebutuhan kalori harian kamu ya Omiyagoes.   

3. Kolak Pisang

Foto dok: rotasi.id

Omiyagoes pasti menanti-natikan kolak saat bulan puasa tiba. Kolak pisang yang nggak pernah absen di meja sebagai menu takjil ini rasanya manis dengan perpaduan gurih dari santan dan ada potongan buah pisang yang lembut. Ditambah wangi dari daun pandan dan beberapa resep kolak pisang biasanya juga menambah kolang kaling maupun ubi membuat rasanya semakin nikmat, sangat menggugah selera.

4. Biji Salak

Foto dok: Jawapos.com

Selain kurma dan kolak, ada lagi nih takjil khas Ramadan yang hampir selalu ada saat buka puasa. Yup! Biji salak, yang dari namanya saja unik dan buat penasaran. Biji salak dibuat dari ubi yang dikukus lalu ditambah tepung kanji dan dibentuk adonan bulat seperti biji salak. Dengan tambahan saus gula dan santan membuat rasanya menjadi tambah unik, manis bercampur gurih. Yang paling menarik dari biji salak ini ada di tekstur biji salaknya yang kenyal saat dikunyah. Jadi, nggak heran kalau biji salak selalu ada saat bulan Ramadan untuk dijadikan takjil.

5. Kolang Kaling

Foto dok: Grid.id

Siapa yang nggak suka manisan kolang kaling dengan sirup merah untuk dijadikan menu takjil buka puasa? Kolang kaling bukan sekadar takjil biasa lho Omiyagoes, di balik itu sebenarnya kolang kaling memiliki banyak kandungan air sehingga membantu tubuh agar tidak dehidrasi setelah berpuasa seharian. Makanan khas Betawi ini jika dikonsumsi juga akan mengisi kembali nutrisi yang hilang. Makanya nggak salah dong kalau kolang kaling selalu ada saat bulan Ramadan.

6. Bubur Sumsum

Foto dok: resep makanan

Nama bubur sumsum diambil dari penampilannya yang seperti sumsum tulang. Bubur berwarna putih yang terbuat dari tepung beras ketan dengan kuah manis ini sangat khas dan juga hampir selalu menjadi takjil untuk buka puasa. Bubur sumsum memang nggak hanya ada saat bulan puasa Omiyagoes, tapi karena kekhasan makanan ini mulai dari tekstur yang lembut dan terasa gurih berpadu kuah manis dari gula merah membuat rasanya tak terlupakan, cocok banget untuk membatalkan puasa. Apalagi Bubur Sumsum nggak cuma enak, tapi punya nutrisi seperti karbohidrat dari tepung ketan sebagai pengganti nasi dan santannya yang mengandung lemak tak jenuh bisa meningkatkan energi setelah seharian berpuasa, juga berbagai manfaat lainnya.

Jadi mana nih takjil yang jadi favoritnya Omiyagoes kalau lagi bulan puasa? Di antara aneka takjil yang selalu ada saat Ramadan di atas tadi pasti ada dong yang paling disuka? Jangan lupa menjaga asupan energi sesuai kebutuhan harian agar saat lebaran nanti berat badan tetap stabil dan tidak berlebihan. Selain takjil tadi, biar nggak bosan Omiyagoes juga bisa lho berbuka dengan camilan dan makanan atau minuman manis seperti sirup untuk buka puasa. Yuk langsung kunjungi website OMIYAGO!

Share this Post: