Image-1518683557

Hi Omiyagoes, tahun baru Imlek sebentar lagi, yeaayy! Tahun baru Imlek biasanya dimulai pada hari pertama bulan pertama pada penanggalan Tionghoa dan akan berakhir pada tanggal ke-15 yang biasanya bertepatan dengan malam bulan purnama, atau yang disebut dengan Cap Go Meh.

Sudah pada tahu mau liburan kemana? Tah perlu jauh-jauh pergi ke Cina, Hong Kong atau Taiwan untuk merayakan Tahun Baru Imlek, karena Omiyagoes dapat ikut menikmati perhelatan tahun baru khas Tionghoa di Tanah Air.

Salah satu kota di Indonesia yang sedang sibuk mempersiapkan diri untuk menyambut tahun baru Imlek adalah kota Singkawang. Salah satu kota yang terletak di Kalimantan Barat ini merupakan bagian wialayah dari Kesultanan Sambas yang mayoritas masyarakatnya adalah suku Dayak dan Tionghoa sebagai pendatang. Namun, jangan takut untuk berkujung kesini, karena didaerah ini sangatlah aman untuk kamu para traveler. Nikmati keindahan pemandangan sekitar mulai dari pantai, sungai dan pegunungan.

Pawai Tatung

 

www.indonesiakaya.com

Pawai Tatung merupakan pawai perpaduan antara budaya Tionghoa dan juga Dayak. Pawai yang selalu dinanti-nanti masyarakat setempat khusunya masyarakat Tionghoa

 ini menjadi pawai yang disuguhkan dengan berbagai atraksi menarik. Tatung sendiri berasal dari sesuatu bahasa Hakka yang memiliki makna orang yang dirasuki roh Dewa leluhur atau kekuatan supranatural.

Tapi jangan takut ya, karena para roh halus yang akan hadir dan merasuki tubuh para tatung (sebutan bagi orang yang memenuhi syarat untuk dirasuki roh halus) adalah roh-roh baik. Kedatangan mereka kembali ke dunia fana menyiratkan suatu pesan bahwa alam semesta akan selalu membantu upaya manusia dalam menangkal bisikan roh jahat yang sering menyesatkan.

Para tatung akan menunjukkan perilaku aneh saat roh halus memasuki tubuh mereka, misalnya menginjak mata pisau dengan bertelanjang kaki, menancapkan kawat-kawat baja ke pipi kiri dan tembus hingga pipi kanan, atau menggigit ayam hidup dan meminum darahnya.

Seram ya, tapi itulah budaya kita. Selalu memiliki segi yang menarik sekaligus keunikan masing-masing.

9 Naga di Pawai Lampion

 

Di tahun 2018 ini Singkawang juga hadir dengan kemeriahan dengan adanya pawai lampion. Pawai lampion ini akan diadakan pada tanggal 28 Februari 2018 dan 9 naga tersebut akan dipasangkan lampu LED yang memiliki warna yang berbeda-beda, sehingga menambah semaraknya perayaan Cap Go Meh 2018 di Singkawang.

Terdengar menarik ya perayaan Imlek dan Cap Go Meh di Singkawang? Tak perlu fikir lama-lama, langsung saja kamu pesan tiket dan hotel untuk berlibur kesana. Dijamin pasti seru, kamu bisa mengenal kebudayaan setempat dan yang pasti bisa perbaharui timeline Instagram mu dengan foto-foto terbaru mu! dan Gong Xi Fa Cai Omiyagoes!

Sumber: http://bit.ly/2GfwJe5

Share this Post: