Image-1589792017

9 Masjid dengan Arsitektur Unik di Indonesia

Pic by : Pinterest

Indonesia memiliki sejarah panjang penyebaran agama Islam di Nusantara, lewat pedagang Arab dan keberadaan Wali Songo di tanah Jawa. Sebagai negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia, bangunan masjid yang megah nan indah untuk tempat ibadah pun ada di mana-mana, bahkan ada yang memiliki arsitektur unik lho Omiyagoes. Hampir ada di tiap kota di Indonesia, masjid-masjid dengan arsitektur unik ini menyiratkan bahwa masjid bukan sekadar tempat ibadah tapi juga sebagai pusat peradaban. Dalam suasana bulan Ramadan mendekati Idul Fitri, sambil nunggu bedug magrib yuk kita wisata religi melihat-lihat berbagai masjid dengan desain unik dan indah yang ada di Indonesia berikut!

1. Masjid Istiqlal – Jakarta

foto dok : medcom.co.id

Omiyagoes yang tinggal di ibu kota Jakarta pasti sudah sering mampir untuk salat di Masjid Istiqlal kan? Masjid terbesar di Asia Tenggara ini terbilang unik lho karena bentuknya berbeda dari arsitektur Islam lainnya, bentuk dari Masjid Istiqlal tidak menggunakan bentuk lengkungan-lengkungan namun semuanya hampir berbentuk segi empat. Pertimbangan dari arsiteknya, Frederich Silaban yang notabene beragama Kristen Protestan adalah karena masjid ini berada di kawasan yang beriklim tropis. Sehingga masjid Istiqlal sengaja dirancang agar sirkulasi udaranya baik, ruang masjid yang langit-langitnya tinggi ini pun terasa sejuk meski kondisi di luar sedang panas terik matahari. Selain itu, ruangan salat yang ada di lantai utama sekelilingnya diapit pelataran terbuka di kiri dan kanan bangunan utama bersama tiang-tiang yang lebar agar mendapat sirkulasi udara dan penerangan alami yang didapat juga alami.

2. Masjid Al-Irsyad – Bandung

foto dok : inibaru.co.id

Desain masjidnya yang berbentuk kubus menjadi keunikan paling menonjol dibanding bentuk bangunan masjid yang biasanya memiliki kubah. Namun kalau datang dan melihat sendiri ke Masjid Al-Irsyad, Omiyagoes akan menemukan beberapa keunikan lainnya. Masjid yang memiliki luas 1.871 meter persegi ini didominasi warna abu-abu dan kalau Omiyagoes bisa melihat dari jauh, celah-celah di temboknya yang berfungsi sebagai ventilasi membentuk pola kaligrafi unik dua kalimat syahadat. Nah, pemandangan indah kaligrafi ini akan makin terlihat jelas dan seperti matahari saat malam hari lampu-lampu di langit dalam masjid dinyalahkan. Keunikan lainnya, masjid ini juga memiliki 99 buah lampu di bagian langit-langitnya berbentuk kotak panjang. Omiagoes pasti tahu dong makna 99 buah lampu yang berarti nama-nama Allah atau Asmaul Husna. Di depan mihrab masjid juga terdapat satu bola besar hita bertuliskan nama Allah, di mana bola ini terlihat seolah ada di atas air. Bangunan masjid juga sebenarnya terinspirasi konsep tawaf mengelilingi Ka’bah.

3. Masjid Agung Al-Jabbar – Bandung

foto dok : muslimobsession.org

Masjid yang namanya terinspirasi dari salah satu Asmaul Husnah ini dibangun di atas danau buatan Embung Gedebage, sehingga masyarakat sering menyebutnya Masjid Terapung Gedebage. Masjid Agung Al-Jabbar ini memang dibangun dengan konsep terapung di atas Embung Gedebage yang memiliki luas 7,2 hektar. Embung tersebut bisa menampung air hingga 270.000 meter kubik yang juga akan berfungsi sebagai pengendali banjir, sumber air, dan konservasi. Keunikan lainnya, di bagian depan masjid nantinya akan ada plaza yang dikelilingi empat menara bergaya modern minimalis. Keempat menara dibuat seolah-olah muncul dari dasar danau. Ada pula menara utama yang memiliki tinggi 99 meter dan bentangan atap baja yang mencerminkan 99 nama Asmaul Husna. Masjid ini kabarnya akan dilengkapi beragam fasilitas untuk kegiatan dakwah Islam seperti museum. Nantinya saat berkunjung ke Masjid Agung Al-Jabbar Omiyagoes bisa menyambangi museum sejarah Nabi Muhammad SAW yang berada di lantai bawah.  Masjid yang diperkirakan akan rampung pada akhir tahun 2020 ini kabarnya dapat menampung hingga 60 ribu jamaah. Wow besar banget ya Omiyagoes?  

4. Masjid An-Nurumi – Yogyakarta

foto dok : skygrapher

Masjid yang berada di kota Sleman, Yogyakarta ini terbilang unik karena memiliki bentuk kubah warna-warni yang menyerupai ikon kota Moskow. Saking miripnya dengan bangunan yang ada di Rusia, nama masjid ini pun akhirnya dikenal dengan nama masjid Kremli, meskipun pada kenyataannya Kremli merupakan sebuah benteng kuno di Rusia. Dengan keunikan kubahnya yang mirip permen dan mencampurkan arsitektur bangungan di Rusia, warga dari luar kota yang lewat pun sering mampir dan baru mengetahui kalau kubah yang terlihat unik dari jauh ini adalah sebuah masjid. Meski dari jauh terlihat menarik, sebenarnya ukuran Masjid An-Nurumi tidak terlalu besar. Namun masjid ini mampu memberikan keteduhan bagi warga yang lewat maupun jemaah yang ingin menunaikan salat sebelum melanjutkan perjalanan ke tempat selanjutnya. Penasaran? Kalau Omiyagoes liburan di sekitar Jogja sesekali sempatkan untuk mampir dan salat di masjid ini.

5. Masjid Agung Jawa Tengah – Semarang

foto dok : wego

Masjid berarsitektur unik lainnya yang bisa Omiyagoes jumpai adalah Masjid Agung Jawa Tengah. Masjid yang menjadi kebanggan masyarakat Semarang ini merupakan salah satu masjid termegah di Indonesia. Karena dapat menampung hingga 10 ribu jamaan dan sering dipergunakan untuk acara besar. Keunikan masjid ini adalah bangunan sekitar masjidnya yang memiliki payung seperti yang ada di Masjid Nabawi, Mekah. Diresmikan tahun 2006 oleh mantan Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono, masjid ini juga memiliki alkulturasi budaya dalam desain arsitekturnya yaitu perpaduan antara Arab, Jawa, dan Barat. Bagian atap limasan masjid begitu kental dengan gaya arsitektur Jawa, sementara kubah payungnya mengambil inspirasi desain dari Arab, dan kalau Omiyagoes perhatikan pilar pada plaza utama Masjid Agung Semarang yang dilengkapi ukiran kaligrafi terlihat menyerupai bangunan Colosseum yang ada di Roma. Kemegahan maupun keindahan Masjid Agung Jawa Tengah membuat tempat ini sering juga dijadikan objek wisata religi dan terpadu dengan pendidikan serta pusat syiar agama Islam di Jawa Tengah. 

6. Masjid Kapal – Semarang 

foto dok : holamigo.co.id

Terletak di perbatasan kota Semarang, Omiyagoes bisa menemukan Masjid Kapal sebagai salah satu masjid unik yang ada di Indonesia. Dari kejauhan saja Omiyagoes sudah bisa melihat bentuk unik kapal dari masjid yang berada di Jalan Kyai Padak, Kelurahan Podorejo, Kecamatan Ngaliyan, Kota Semarang ini. Masyarakat yang datang biasanya bukan sekadar ingin ibadah salat tapi juga penasaran dan akhirnya Masjid Kapal menjadi tempat wisata religi bagi penduduk sekitar dan tak jarang datang juga dari luar kota. Bangunan masjidnya didominasi warna kuning dan empat buah lantai dengan fungsi berbeda-beda. Bangunan pertama dipakai sebagai ruang pertemuan, ruang kedua dan ketiga merupakan tempat beribadah. Sementara lantai keempat yang merupakan atap, sering dikunjungi untuk melihat pemandangan alam dari ketinggian.

7. Masjid M. Cheng Ho – Surabaya

foto dok : Facebook

Bangunan Masjid Cheng Ho sebenarnya banyak tersebar di kota-kota besar Indonesia. Namun yang paling terkenal adalah Masjid Cheng Ho di Surabaya yang merupakan masjid pertama, dibangun tahun 2002. Selanjutnya beberapa bangunan Masjid Cheng Ho juga dibangun di Palembang, Kutai Kertanegara, Purbalingga, Jambi, Gowa dan Banjarmasin, Banyuwang, dan yang terbaru di Samarinda tahun 2017 silam. Arsitektur bangunan Masjid Cheng Ho di Surabaya diilhami dari Masjid Niu Jie yang ada di Beijing, sedangkan pintu utama masjid didesain dengan nuansa Timur Tengah, dan temboknya bernuansa Jawa. Wah! Benar-benar menjadi alkulturasi budaya dalam bentuk arsitektur masjid yang unik dan indah ya Omiyagoes. Kalau Omiyagoes berkunjung langsung ke Masjid Cheng Ho Surabaya, keindahan dan keunikannya nampak jelas dari keberadaan ornamen seni kaligrafi dan aksara China yang menghiasi langit-langit masjid. Tiap sudut bangunan masjid juga memiliki makna filosofi seperti atap masjid berbentuk persegi delapan yang menyerupai sarang laba-laba. Sarang laba-laba ini merupakan hewan yang menyelamatkan Nabi Muhammad dari kejaran kaum Quraish. Di sudut dinding utara , masjid ini nampak relief sang laksamana dengan miniatur kapalnya yang memiliki arti kalau Cheng Ho ialah sosok pelaut muslim dari China

8. Masjid Raya Sumatera Barat – Padang

foto dok : pegipegi.com

Arsiteksur masjid yang unik karena dibuat tanpa kubah juga ada di Padang, Sumatera Barat lho Omiyagoes. Bahkan bentuknya cenderung mengambil inspirasi desain dari Rumah Gadang. Masjid ini ternyata representasi dari falsafah basandi syarak-syarak basandi kitabullah yang berarti adat dengan dasar dan ditopang oleh syariat Islam berdasarkan Al-Quran dan Hadist. Makanya atap Masjid Raya Sumatera Barat punya bentuk segi empat dengan tiap sudut menjulang ke langit mirip Rumah Gadang. Berada di jantung kota Padang, masjid ini juga tahan hingga gempa bermagnitudo 10 lho Omiyagoes. Masjid besar yang bisa menampung 20 ribu jamaah ini juga terdapat corak ukiran khas Minangkabau pada bagian dinding-dindingnya. Selain itu masjid yang didesain oleh arsitek Rizal Muslimin ini punya banyak pintu, hingga disebut juga sebagai masjid seribu pintu angin.

9. Masjid 99 Kuba – Sulawesi Selatan

foto dok : masjidnusantara.org

Masjid 99 Kuba merupakan masjid ikonik yang ada di Sulawesi Selatan. Unik bangunannya bisa langsung Omiyagoes amati dari kejauhan dengan kubah dan menara masjid yang bentuknya sangat indah. Masjid besar yang bisa menampung 10 ribu jamaah ini dibangun dengan biaya yang fantastis juga lho Omiyagoes, totalnya sekitar Rp 176 Miliar. Konsep pelataran suci yang ada pada Masjid 99 Kuba pun dibuat sama seperti yang ada di Masjidil Haram, Makah dan dapat menampung sekian banyak jamaah. Masjid 99 Kubah yang berada di salah satu kota besar di Indonesia yaitu Makasar ini memang dibuat unik dan megah agar bisa masuk menjadi salah satu masjid unik di dunia. Kemegahan masjid dan desain uniknya ternyata didesain oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil lho Omiyagoes yang memang seorang arsitek. Masjid yang dibangun di atas lahan reklamasi Pantai Losari ini menjadi latar pemandangan indah saat Omiyagoes melihatnya dari Anjungan Pantai Losari.

Wah! Megah, indah dan luar biasa unik ya beberapa masjid yang ada di Indonesia tadi. Jadi ingin datang mengunjunginya dan menyempatkan untuk bisa melakukan ibadah salat di sana. Kalau Omiyagoes sudah pernah mampir ke masjid unik yang mana nih? Selanjutnya sempatkan yuk buat mengunjungi 9 masjid unik yang ada di Indonesia ini. Oh ya menjelang Idul Fitri jangan lupa untuk mempererat silaturahmi dengan mengirimikan parcel atau bingkisan berupa oleh-oleh maupun camilan khas Indonesia. Omiyagoes bisa cek di website OMIYAGO berbagai pilihannya. Omiyagoes bisa juga lho menemukan produk OMIYAGO di beberapa marketplace seperti Tokopedia maupun Shopee untuk dapat gratis ongkir dan kemudahan lainnya saat belanja oleh-oleh dan makanan Indonesia secara online!

 

Share this Post: